Google+ Followers

Monday, June 13, 2016

Inspirasi Gaya Busana Ria Miranda

"Mas..mas...diik...coba bantu Mama memilih busana lebaran kali ini" ajak saya kepada dua jagoan cilik duo bersaudara Rafi dan Raditya sambil membuka halaman Blibli Promosi Lebaran untuk melihat-lihat model baju muslim terbaru. Saya memutuskan berhijab sejak pindah rumah di surga kecil yang kami tinggali saat ini, sekitar enam tahun lalu. Selayaknya muslimah yang belajar taat kepada perintah Allah maka busana-busana lengan pendek saya sejak lama pensiun dan dihibahkan kepada orang lain. Busana-busana lengan panjang, menutup bagian leher hingga mata kaki adalah pilihan saya untuk menutup aurat dengan sempurna.


Berbusana muslimah sesuai syariat telah menjadi kewajiban jika seorang wanita muslim memilih jalan menjadi insan yang taat. Bagaimanakah kriteria busana muslimah sesuai syariat?

Aurat wanita menurut syariat agama Islam adalah kepala hingga mata kaki. Sebagian ulama berpendapat bahwa bagian kaki hendaknya ditutup dengan sempurna sehingga saat ini pun marak kaos kaki modis dalam berbagai motif. Menutup aurat saja tak cukup, tapi pastikan bahan busana tidak bersifat transparan dan tidak membentuk lekuk tubuh. Dipikir-pikir lagi arti kata "menutup" tentunya menutup dengan sempurna, tidak memperlihatkan bagian-bagian tubuh karena bahannya transparan dan bisa diintip-intip.

Syukurlah desainer-desainer baju muslim modern di Indonesia memahami kaidah-kaidah busana muslimah sesuai syariat. Andai mode fashion tengah marak dengan model transparan tetapi busana muslim tak harus mengacu pada mode dunia. Sepanjang pengamatan saya belum ada desain mode busana muslimah yang panjang dari kepala hingga dada tetapi terbuat dari bahan tembus pandang misalnya. Salah satunya adalah Ria Miranda.

Busana ala Ria Miranda ini dikenal simple dan elegan. Ciri khas Ria Miranda tampak pada pilihan warna pastel dan keemasan. Ria Miranda memilih warna ini karena dianggap merepresentasikan muslimah yang lembut, tenang dan sederhana sesuai anggapan Ria Miranda. Brand Ria Miranda selama ini memang lekat dengan busana muslim ready to wear, simple dengan clean cut. Mengenakan busana rancangan Ria Miranda menimbulkan kesan muslimah yang anggun, bersahaja, rendah hati dan memiliki inner beauty. 

Yuk simak pilihan kedua jagoan lelaki saya kali ini:
 Ria Miranda Limia Dress Muslim - Print Jellyfish Mint Green

Busana Ria Miranda Limia Dress Muslim - Print Jellyfish Mint Green ini pilihan si mas Rafi. Alasannya motifnya sederhana, anggun dan tampak berkelas. Nggak berlebihan dikenakan saat menunaikan sholat ied di masjid atau lapangan sekaligus bersilaturahim ke rumah sanak dan kerabat. Bahannya dari kaftan yang nyaman. Modelnya simple elegan dengan detail drawstring di bagian pinggang menciptakan siluet langsing. Membantu si Mama yang berukuran XL terlihat lebih ramping ..uhuk.

Sementara si adik Radit lebih suka yang ini
Ria Miranda Oscar Dress Muslim - Soft Brown

Menurut si Radit sih warna soft brown ini klik banget dengan warna kulit Mama yang sawo manis, eh sawo matang. Desainnya chic, tidak banyak detail atau rimpel cocok banget dengan si Mama yang kalem (bukan kayak lembu kan dik?). Bahan satin mengkilap menimbulkan kesan elegan dan mewah. Bisa dikenakan untuk acara jamuan lebaran.

Eh ya lalu busana mana yang akan menjadi pilihan? tentu tergantung Acc dari si Papa, kalaupun nggak Acc karena tahun ini sedang banyak keperluan untuk si mas masuk pondok pesantren saya juga santai aja. Sebenarnya buat saya pribadi lebaran tak selalu harus mengenakan baju baru. Tidak setiap tahun saya membeli baju. Kebetulan tahun ini saatnya mengganti gamis yang warnanya sudah kusam dimakan usia. Psst let me tell you a secret: selama ini koleksi gamis saya hanya ada empat biji!. Dari empat gamis itu dua gamis bisa saya kenakan untuk acara-acara resmi dan yang dua lainnya khusus untuk acara non formal karena bahannya dari denim dan kaos. Nggak perlu malu kalau ngga ada baju baru. Biasanya saya cukup mengganti model dan warna kerudung untuk dipadu padan maka penampilan gres pun tercipta dalam sekejap mata. Misalnya saya kelak memiliki koleksi Oscar Dress Muslim Soft Brownnya Ria Miranda hijabnya bisa loh diganti dengan warna coklat tua, penampilan jadi beda. Atau tambahkan pashmina sebagai pelengkap asesoris diselempangkan menutup bagian depan busana, jadi mirip artis India!

Busana muslim buat saya juga tak perlu yang berharga mahal dan dibeli dari butik ternama. Asal menutup aurat dengan sempurna, nyaman dikenakan, modelnya pas dengan selera dan bisa dipakai untuk berbagai acara adalah syarat utama bagi saya memilih busana. Sayang banget kalau membeli baju mahal tetapi cuma dikenakan sekali saja, sepintas lalu atau hanya bisa dipakai di acara-acara resmi. Pinginnya sih model yang nggak neko-neko dan tetap nyaman dikenakan untuk pengajian ibu-ibu yang biasa saya ikuti setiap sore di masjid dekat rumah. Inspirasi gaya busana rancangan Ria Miranda tampaknya paling cocok dengan selera saya.

Sudah intip koleksi terbaru Ria Miranda spesial untuk Blibli.com belum? koleksinya komplit banget loh. Mulai dari atasan, bawahan, gamis terusan bahkan juga scarf. Jadi misalnya kawan muslimah sudah punya rok bawahan tinggal cari padu padan blousenya untuk mix match. Bahannya beragam ada yang dijahit dari bahan kaftan, sunwash, satin, knitting sampai full cotton. Motifnya kainnya tinggal pilih, mau yang polos atau print jelly fish? Warna-warna pilihan Ria Miranda cenderung ke warna pastel, kalem, soft, teduh di mata seperti putih, tosca, pink sesuai spirit yang diusungnya : bahwa muslimah adalah sosok lembut tapi powerful.  


Nah, bagaimana dengan busana muslimah pilihanmu wahai sahabat-sahabatku?



5 comments: