catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Waspada Penipuan Surat Panggilan Interview dari Petrokimia dan Perusahaan Besar Lainnya

Updated : Ternyata hingga Maret 2016 komplotan penipu ini masih beraksi, terbukti dari beberapa komentar di bawah.
Ini contoh surat panggilan mereka, waspadalah:

https://drive.google.com/file/d/0B1TfTGji2OA4Y0UwWEZXcV8ySjQ/view

Dunia mungkin menjelang kiamat, orang mencari nafkah sudah tak lagi peduli mana yang halal dan mana yang haram. Mencuri, merampok, korupsi, manipulasi, menipu sudah menjadi hal yang wajar di bumi tercinta ini.
Soal tipu menipu, sungguh saya tidak pernah menyangka tertimpa musibah tertipu dua kali. Pertama tertipu investasi bodong (percaya aja karena yang nawarin teman suami) kedua tertipu transfer uang untuk biaya akomodasi dan transportasi keperluan interview sang suami. #Waduh ko terus-terusan "suami". rrrrr....sebenarnya yang tertipu suami tapi pakai duit yang saya kumpulin susah payah hasil keringat sendiri...

Tapi tertipu yang keduakalinya ini sumpah sakitttnya gak ilang-ilang. Susah banget mau ngelupain. Maklum pas kami sedang ditimpa musibah. Suami jobless ke-sekian kalinya (catet ya tanpa pesangon). Duit simpanan yang saya kumpulin dari hasil nulis untuk konten website tertentu kadang butuh waktu ngetik sampai tengah malam tergerus karena suami saya belum bisa menafkahin. Apalagi kami masih punya hutang 12 juta sama kakak suami untuk biaya operasi suami tempo hari. Kebetulan bulan lalu saya terima komisi nulis cukup lumayan, sejuta-an lah. Maksud hati buat nyicil utang yang 12 juta itu. Tapi gara-gara si penipu uang hilang, utang pun tak kunjung terbayar.

Biar gak ada yang tertipu lagi, waspadalah terhadap info lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan besar yang ada di internet, di kirim via BC BBM, diforward melalui sms entah dari nomor siapa. Komplotan penipu itu biasa menggunakan nama Petrokimia, Unilever, perusahaan besar lain yang seolah sedang membuka lowongan kerja dan menerima aplikasi hanya by email. 

Suatu hari teman saya ngasih info lowongan kerja di petrokimia, alamat emailnya pakai hrd.petrokimia@engineer.com. Kalau pas pikiran jernih pasti saya nyari info dulu itu @engineer.com email gratisan atau milik petrokimia (seperti saya pernah terima sms dari kakak bahwa ada lowongan kerja di unilever dan aplikasinya harus dikirim via unilever@gmail.com atau unilever@Yahoo.com kalau email jelas gratisan gini saya langsung gak percaya, cuman waktu itu saya mikir kalau sms ginian buat nipu nih nanti gimana cara nipunya ya ?).

Hiks ternyata pertanyaan "gimana cara nipunya" terjawab dengan cara suami saya yang tertipu. Berhubung sedang butuh kerja karena baru di PHK tanpa pesangon, suami apply aja lowongan tersebut. Kebetulan background ilmunya sedang dibutuhkan menurut info tadi. Selang sekitar 2 minggu dia terima sms suruh baca email karena ada panggilan dari Petrokimia Gresik. Nah itu saya ikut baca emailnya. Penipunya ulung banget. surat panggilannya terkesan profesional, dalam bentuk pdf. ada stempel Petro. dan ada ketentuan biaya akomodasi dan transportasi SEMENTARA ditanggung peserta interview dan harus menghubungi biro tour dan travel yang ditunjuk.

Surat tersebut berisi seperti di paling bawah tulisan ini (lengkap dengan kop dan stempel Petrokimia dan tulisan semacam watermark bertulis e-recruitment).
Suntuk, bingung karena terPHK sementara biaya hidup makin tinggi, nggak punya cukup simpanan uang jadi sebab utama kok ya nurut saja mengikuti instruksi tersebut. Mulai sms hingga nelpon dan terima telpon dari PICnya. Soal transfer "masih alhamdulillah" suami saya nggak mentransfer penuh uang 1,7 juta yang diminta tetapi ia transfer 900 ribu dulu dan minta dikirim bukti email tiket berangkat. Nyatanya itu penipuan. Saya sadarnya pas malam hari tiba-tiba saja punya pikiran bahwa itu penipuan. Qodarallahu uangnya sudah terlanjur ditransfer ba'da maghrib. Baru esok pagi saya cari info apakah pernah ada yang mengalami hal serupa. Ternyata benar adanya. Saya masih bisa hubungi telpon si penipu sambil nangis minta uang saya dikembalikan karena sisa uang kami hanya cukup untuk hidup satu-dua bulan. Si Penipu masih berkilah bahwa ini benar, saya sampai nanya kok tega nipu orang susah kalau banyak orang kaya yang ndak mau sedekah. Saya sempat nanya bapak manusia apa bukan, ingat ada hidup setelah kematian apa ngga takut takut sama adzab Tuhan?. Saya sms-in "mudah-mudah ditimpa musibah dan bencana beruntun karena saya ndak ikhlas sampai kapan pun juga. Dan doa orang yang dizalimi itu manjur"

Tapi ya dasar penipu, dibilang BUKAN manusia juga nyatanya masih bisa bicara dan punya akal yang sayangnya kok dipakai cari nafkah dengan cara tak halal.

Saya hubungi teman saya yang ngasih info lowongan. Dia kaget. Lebih kaget lagi karena bank tempat si penipu terima transfer adalah BRI, tempat teman saya bekerja. Si penipu menggunakan no rekening BRI cabang Kediri a.n. Hardi Bahruddin 3487-01-001820-50-1. Berkat bantuan teman saya, saya bisa ngerti alamat KTP yang dipakai buka rekening adalah Banjar Kerobokan No.8 Kelurahan Mekarsari, Tabanan Baturiti Bali.

Entah itu KTP palsu atau dapat mencuri, entah yang punya KTP termasuk dalam komplotannya. Semoga komplotan penipu tersebut diberikan hidayah untuk kembali ke jalan yang benar setelah mendapat musibah dan kecelakaan beruntun. (aaamiiin ya robbal alamiiin).

Mudah-mudahan kami juga masih mampu berjuang demi melanjutkan hidup yang terasa makin berat saja. Kalau dipikir berat ya memang cobaan kali ini nggak ringan tetapi bukankah Allah telah berjanji bahwa akan datang kemudahan setelah kesulitan seperti dalam surat AL Insyirah?. 

Kadang mikir gokil, apa enaknya jadi orang beriman ? eh malu juga pas ketemu ayat ini:
QS. Al-Ankabut : 2-3

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Bagi teman yang membaca postingan ini :
Waspadalah...waspadalah...hindari tindakan gegabah. Carilah informasi sedetail-detailnya tentang apa saja.

dan bagi para pembaca yang berprofesi sebagai penipu, maling, koruptor dan kriminal lainnya, yakinlah bahwa adzab Tuhan itu ada meski mungkin tak diterima di dunia pembalasan di akherat itu nyata. Berhentilah berbuat kejahatan, bertobat sebelum kematian menjemput anda.

No.               : 038/HRD/PETROKIMIA/XII/2014
Hal              : Panggilan Seleksi Rekruitmen Karyawan
Lamp         :  IV
                 Kepada
               Yth. Peserta Tes Seleksi Calon Karyawan
               PT. Petrokimia Gresik
               Di,-
                       Tempat.

Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara/(i) yang kami
terima, dengan ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi
persyaratan yang ditetapkan, sehingga Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon
karyawan

Tes seleksi Rekruitmen Karyawan PT. Petrokimia Gresik akan dilaksanakan pada:

                                Hari/tanggal     : JUM’AT 12 DESEMBER 2014
                             Jam                       : perhatikan pada table.
                             Tempat               : Gedung PPEI, Jl. Letjen S. Parman No. 112 Grogol, Jakarta
                           
Untuk dapat mengikuti seleksi ini Saudara diwajibkan membawa :
·Surat Panggilan Tes yang sudah di kirim via E-mail ke masing-masing peserta
·(Surat Mohon di Print).
·KTP / SIM (Kartu Indentitas Diri) asli.
·AlatTulis (Pensil 2B, ballpoint, dan penghapus).

·Saudara diharap hadir di tempat test 30 menit sebelum waktu yang ditentukan

(apabila tidak hadir dianggap mengundurkan diri).
                Demikian kami sampaikan, untuk menjadi perhatian saudara diucapkan terimah kasih.
                                                                                                                           Hormat kami
,                                                                                             Department of Human Resources Development
                                                                                                                             

                                                                                                                                 NIP. 19610623 198903 2 001                

Tembusan :
1.     Direktur Utama PT Petrokimia Indonesia
 2.     Direktur Department oHuman Resources Development   PT Petrokimia Indonesia
  
                                            
   

Berikut ini adalah daftar peserta yang berhak mengikuti tes Interview
PT Petrokimia (Persero)
NO
NOMOR PESERTA
NAMA PESERTA
RUANG & WAKTU
             TES
1.               
JKT/2014/PKG / 01381
yoga.arsyenda@yahoo.com


BPS I

Pukul 09:00 WIB
Sampai Selesai
2.               
JKT/2014/ PKG / 01389
rakanazifanatic@gmail.com
3.               
JKT/2014/ PKG /II/ 01382
putra.fajar_96@yahoo.co.id
4.               
JKT/2014/ PKG / 01388
nfiyan24@gmail.com
5.               
JKT/2014/ PKG / 01383
allicezain@gmail.com
6.               
JKT/2014/ PKG / 01387
7.               
JKT/2014/ PKG / 01384
8.               
JKT/2014/ PKG /01386
: oktira.roka.aji@gmail.com
9.               
JKT/2014/ PKG /01385
ab.azis83@gmail.com
10.           
JKT/2014/ PKG /01380
noid.puma@gmail.com
11.           
JKT/2014 PKG / 01350
bangunambar@yahoo.co.id


BPS II

Pukul 13:15 WIB
Sampai Selesai
12.           
JKT/2014/ PKG /01355
barthimeous@gmail.com
13.           
JKT/2014/ PKG/ 01356
rosit.abdul@gmail.com
14.           
JKT/2014/ PKG/ 01354
wibowo476@gmail.com
15.           
JKT/2014/ PKG / 01357
ndoro.21@gmail.com
16.           
JKT/2014/ PKG / 01353
anofalia@yahoo.com
17.           
JKT/2014/ PKG / 01358
dany.widiarto@yahoo.co.id
18.           
JKT/2014/ PKG / 01352
diesie_musa@yahoo.co.id
19.           
JKT/2014/ PKG / 01359
Hannyjudistira@icloud.com
20.           
JKT/2014/ PKG / 01351
niluhayu2009@gmail.com

KETENTUAN PESERTA 

Tes di wajibkan untuk melakukan SMS konfirmasi kehadiran ke
Nomor 0852 4034 3845 dengan format : PETRO-NAMAPESERTA-ASAL-HADIR /TIDAK

Peserta di wajibkan melakukan Reservasi Pemesanan (Ticket &Hotel) di TRAVEL yang
Sudah di siapkan oleh Perusahaan, serta Mobilisasi (Penjemputan peserta di Bandara
Menuju ketempat pelaksanaan kegiatan) Peserta di harapkan melaporkan ke:

*SMAILING TOUR & TRAVEL online

Penaggung Jawab  :  Ir. Agung Nugroho

Contact Person       :  0856 9675 5007
    
KETENTUAN KETENTUAN BAGI CALON KARYAWAN

1. Tidak pernah di hukum penjara atau kurungan berdasakan keputusan pengadilan yang telah
     mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
2. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan
     hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), atau diberhentikan secara tidak dengan hormat
     sebagai pegawai swasta.
3. Tidak Berkedudukan sebagai Calon PNS/TNI/POLRI.
4. Bersedia untuk tidak berpindah ke Instansi lain maupun unit kerja selain yang telah di
     tetapkan di perusahaan terhitung sejak tanggal pengangkatan sebagai karyawan tetap.
5. Tidak menjadi Pengurus dan atau anggota Partai Politik (ParPol).
6. Bersedia mengikuti Tes Seleksi dan mentaati semua peraturan yang berlaku dengan Hak dan
     Kewajiban.
7. Peserta Bisa didampingi Orang Tua(keluarga).1-2 Orang saja.
8.Peserta yang melanggar ketentuan yang sudah di tetapkan langsung di nyatakan gugur
9.peserta akan di tes selama 2 hari (jakarta & gresik).

AKOMODASI DAN TRANSPORTASI

Biaya Akomodasi dan Transportasi di tanggung oleh PESERTA (untuk sementara), dengan ketentuan
biaya pembelian ticket kedatangan/PP dan biaya inap (Hotel&Kostum) selama Tes Seleksi/Interview
akan digantikan oleh PERUSAHAAN setelah tahapan seleksi selesai, Selanjutnya bukti ticket Airport Tax,
Boarding Pass dan bukti Pembayaran Perjalanan lainnya harus di serahkan ke Panitia Tes Seleksi.


Societ. per Azioni
Capital Stock O441,410,900 fully paid
Tax identification number and Milan CompaniesÕ
Register No. 00825790157
Petrokimiaa EP is a subsidiary of Eni
                                                                            



                                                                      © 2014 PT.Petrokimia Gresik



Share:

69 comments:

  1. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. .. musibah dan kejahatan. Semoga yg jahat segera dihukum dan kebenaran segera ditegakkan. Semoga yg hilang segera diberi gantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin atas doanya mbak Ade. cyber crime semakin marak, saya menulis sebagai sharing agar tak ada yang bernasib sama. Yakin Allah bakal ngasih ganjaran pada pelaku kejahatan tetapi memperingatkan pada mereka yang berpotensi tertipu tetaplah wajib buat saya :)

      Delete
  2. hmmm...rapi banget ya? memang zaman sekarang tuh orang jahat pandai memanfaatkan kesempatan. dulu abi dan adik saya pernah hampir tertipu. saat itu adik baru nikah dan gak punya kerja. eh ada orang yang nawari kerja di blue gas yang alamatnya di sidoarjo. untung mama gesit, langsung kroscek lokasi dan ...gak ada lowongan macam demikian. untung gak transfer uang dulu.
    kalau kehilangan motor sih udah 2 kali, hehe. yaaa kudu ikhlas, semua kan dr Allah dan gak ada yang abadi. Yang penting kudu tetap semangat berusaha dan cari uang halal.
    semangat, mbak! jangan terus sedih dan terpuruk. InsyaAllah ada kemudahan setelah musibah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semua terjadi atas kehendak Allah dik Argalitha. Kalau soal musibah dah kenyang saya, mulai dari tertipu investasi yang nilainya lumayan, bangkrut saat wiraswasta. Tapi sesuai keyakinan kita Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan :) . Alhamdulillah Saya nulis ini tidak sedang dalam keadaan sedih justru lagi semangat memberi peringatan pada "calon korban" dan pelaku kejahatan :)

      Delete
  3. alhamdulillah ya alloh. berkat baca info dari mbak dwi. saya terselamatkan. baru saja saya dapet surat panggilan sama persis dgn yg suami mbak dapat. dari hrd.petrokimia. saya sempet ragu krn tgl seleksi 25 besok pas natal. akhirnya saya coba searching di google ngetik "surat panggilan seleksi pt petrokimia" yg muncul malah banyak link penipuan travel mengatas namakan lowongan kerja. diantaranya blog mbak dwi ini yg saya baca. semoga mbak dwi selalu diberi kemurahan rejeki. amin makasih bangeettt infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah jika tulisan curhat saya ini bermanfaat mas Insan. Aamiin atas doanya, terimakasih kembali telah berkenan mampir dan mendoakan saya :)

      Delete
  4. Alhamdulillah... Hampir aja saya kena tipu mbaaa....

    Thanks untuk sharingnya yaaa.... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali mbak Irda, silahkan informasi mengenai penipuan ini disebarluaskan agar tidak ada korban-korban baru seperti (suami) saya :)

      Delete
  5. teman ku baru terima email ini,
    dan dia domisili di gresik dan kebetulan juga dia pernah kirim email ke petro,
    pas kita baca surat panggilannya ngerasa aneh, terlebih dibawah ada tulisan smailing tour , jadi kita googling dulu..
    sungguh jahat orang ini ya

    ReplyDelete
  6. ya, biasanya ada yang gak beres tentang info2 saya juga googling, berhubung saat itu pikiran suami juga lagi suntuk karena jobless jadinya seperti ga bisa mikir tenang apalagi info lowongannya dari teman ....mudah2-an pelakunya bisa sadar ..kalao ga sadar ya pingsan trus kebablasan...baru deh menyesal dia krn udah ga bisa balik ke dunia untuk memperbaiki diri ......

    ReplyDelete
  7. Terima kasih mbak dwi. saya baru saja juga mendapat sms dan email yang sama persis seperti itu.
    Saya selalu mencari kebenaran sebelum percaya dgn panggilan kerja seperti itu.
    Alhamdulillah setelah cari tau di google dan saya baca artikel ini, sungguh lega hati saya karena belum tertipu sama sekali.

    Sekali lagi terima kasih, semoga allah memberikan pengganti yg lebih banyak dari apa telah anda berikan ke mereka. Amin

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah mas Randi jika tulisan curhat saya bermanfaat dan menjadi salah satu faktor menghindarkan mas Randi dari penipuan. Aamiin atas doanya mas :) terimakasih atas kepeduliannya. Sedihnya komplotan penipu itu tak kunjung jera. Pasti dengan nama PIC dan nomor rekening bank berbeda ya ?

    ReplyDelete
  9. Innalillahi wa inna ilaihirojiuun. semoga suaminya segera mendapatkan pekerjaan yang baik dan berkah ya, mbak.

    ReplyDelete
  10. aamiin makasih mbak Ela :) alhamdulillah suami saya baru mulai kerja setengah bulan tetapi mungkin statusnya tetap pegawai kontrakan seperti yang lalu-lalu...mudah2-an saja tidak ada PHK - PHK an lagi ...

    ReplyDelete
  11. Matur nuwun mba Dwi..berkat baca postingan ini saya ga jd kena tipu,baru aja sya jg dpt email & sms isinya persis bngt ky gtu mba. Sukses buat mba Dwi sekeluarga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mas Heri, hmmm komplotan penipunya masih usaha di bidang haram terus ya...Alhamdulillah Mas Heri diselamatkan Allah :) aamiin buat doanya.

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Waah,syukur bgt.saya brusan disuruh transfer 3,2jt.untuk searching jd tau klo itu penipuan.,

    ReplyDelete
  14. Waah,syukur bgt.saya brusan disuruh transfer 3,2jt.untuk searching jd tau klo itu penipuan.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah jika info ini bisa membantu mbak...sudah setahun lebih tapi penipuan begini masih terus dilakukan

      Delete
  15. Alhamdulillah,mba..adik saya juga dapet email yg sama dari hrd petrokimia, hari ini. Suratnya sama persis dengan mba. Tapi kali ini pake dwidaya tour. Karena aneh, akhirnya adik saya mengkonfirmasi ke petrokimia-nya langsung yg di gresik. Katanya, hal itu mohon diabaikan saja.
    Saya pun makin penasaran, akhirnya saya menghubungi CS dari pihak dwidaya tour, pas saya tanya siapa CP dari pihak dwidaya tour. Ketika saya sebutkan, ternyata namanya tidak ada di dalam dwidaya tour. Sudah dipastikan ini penipuan.
    Semoga aja, ini pelakunya sengsara dunia akhirat,mbak...kesian kalo yang kena tipu, spt halnya mbak..
    Thanks so much..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah selamat ya Mbak ....entah apa yang ada dalam pikiran komplotan itu, tulisan ini berumur sudah lebih dari setahun lalu tapi penipunya belum tobat juga, enggak takut sengsara di akherat mungkin ya

      Delete
  16. Wah sy br dapet bc nih terakhir daftar tgl 24 mar 16. Semoga tdk ada yg tertipu. Tadinya percaya & mo iseng lamar. Tp ko dpt bc lg sama persis tp perusahaannya beda. Curiga deh. Sy buka engineer.com ko ga bs. Lalu brows & ketemu blog ini. Mau copas bc kesini tp terlalu panjang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah komplotan penipunya masih terus aktif melakukan penipuan ya, klo mau copas silahkan copas link blog saya agar semakin banyak yang tahu kalau panggilan interview semacam ini cuma penipuan belaka

      Delete
  17. maksih udah sharing info mbak, saya juga terselamatkan berkat info ini. Tadinya udah seneng banget dapet panggilan, trus pas dilihat2 lampiran panggilannya kq nulisnya jelek amat, sekelas perusahaan besar seperti PG masak panggilannya kaya gini, udah kaya anak SMA bikin surat resmi. Trus searching lah saya tentang penipuan petrokimia, nemu deh info ini. Jadi lega.. hahaha... maksih mbak.

    ReplyDelete
  18. maksih untuk info nya mbak, saya juga barusan medapatkan email n sms persisi sama d atas, tapi sekarang menggunakan dwidaya tour & travel, untung saya mencari info lebih lanjut n membaca potingan ini,Alhamdulillah saya ga jadi tertipu,, trimakasih mabk,,, sukses buat mbak dwi sekeluarga, amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah masih terselamatkan, aamiin atas doanya, terimakasih kembali mas :)

      Delete
  19. nah... saya pun baru aja dapat email....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati Mas, biasanya pengiriman email dan sms dilakukan mendekati "tanggal interview" dengan tujuan agar yang mendapat panggilan interview buru2 transfer uangnya

      Delete
  20. ini barusan, apakah seperti ini mas / mbak sekalian? mohon informasinya...
    https://drive.google.com/open?id=0B1TfTGji2OA4Y0UwWEZXcV8ySjQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul seperti itu mas Andi, percaya deh ini cuma penipuan bisa dicek di web resmi petrokimia, proses rekruitmen sudah berakhir beberapa bulan lalu.

      Delete
  21. Hanya mau memberi info. Saya juga dapat email dari pkg@petrokimia-gresik.com, tapi ternyata itu hanya NAMA EMAIL. Kalau dicek, ALAMAT EMAIL-nya adalah hrd.petrokimia@engineer.com. Ini screenshot emailnya => http://imgur.com/ilUPunl Semoga bisa membantu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha maksudnya membantu apa mbak Putri? ya memang hrd.petrokimia@engineer.com. itu alamat email untuk tipu2, kan bisa dibaca di tulisan saya itu. Kalau resmi dari Petrokimia Gresik yang asli bukan hrd.petrokimia@engineer.com. alamat emailnya mbak :)

      Delete
    2. Oh jadi tadi saya sempet liat ada yang masih mengira kalau email yang dia dapat itu berasal dari pkg@petrokimia-gresik.com. Memang kalau sekilas dilihat kesannya dari pkg@petrokimia-gresik.com, tapi kalau semisal emailnya dibuka, bakal kelihatan kalau pkg@petrokimia-gresik.com hanyalah NAMA EMAIL, bukan ALAMAT EMAIL. Dan ALAMAT EMAIL yang dipakai ya hrd.petrokimia@engineer.com, seperti alamat palsu yang mbak Dwi cantumkan. Jadi si penipu ini sengaja nulis pkg@petrokimia-gresik.com di kolom NAMA EMAIL agar orang lengah duluan, dikiranya dia dapat email dari email resmi sebab kalau pertama ngecek email, yang tercantum di page depan email adalah NAMA EMAIL, bukan ALAMAT EMAIL).

      Bisa dilihat di screenshot saya, yang di dalam kotak oranye itu ALAMAT EMAIL sedangkan disebelahnya NAMA EMAIL.

      Begitu mbak :')

      Delete
    3. Ooo begitu :)...soalnya saya nggak bisa buka link screenshot di komen mbak Putri itu, diblokir operator internet saya katanya restricted area berdasarkan Peraturan Kominfo Nomor 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif.

      Delete
  22. Alhamdulillah..makasih postingannya mba..itu sama banget sama email masuk ke email suami saya..untungnya baru di buka sesudah tgl tes nya kadaluarsa..

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah Untung saya baca tulisan mbak Dwi, kemaren tgl 19 April saya dpat email dari pkg@petrokimia-gresik.com... Saya disuruh transfer 2,5juta. Saya curiga rekrutmen kok pke bayar dlu, jdi saya baca" dlu dan ktemu sama tulisan mbak Dwi. Trimakasih mbak, saya bisa dpt info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah :) senang jika tulisan curhat ini bermanfaat, terimakasih kembali mbak :)

      Delete
  24. Alhamdulillah mbk atas informasinya sya percaya jika email itu palsu,saya barusan dapet email seperti mbk dwi share..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah :) senang jika membantu ...semoga penipuan ini tak terus berlanjut yah

      Delete
  25. terima kasih mb sudah share di sini...barusan aja suami saya dapat email sm persis spt yg dijabarkan ,cuman sy dan suami timbul keraguan jd qt pastiin lg searching melalui google nemu tulisan ini hampir aj ketipu palingan bsk sm orgnya ditelp krn ud terlanjur konfirmasi, Alhamdulillah ataz informasinya kami yakin ini penipuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah jika bisa membantu :) o pasti dia akan mengejar terus calon mangsanya mbak, itu salah satu trik...karena suami saya sudah pernah jadi korban maka saya bisa bilang begitu.

      Delete
  26. sama banget saya jg baru dapet email bodong dari yang ngakunya PG trus travelnya mengatas namakan Dwidaya tour. Makasih mbak infonya. Udah curiga sih emang ga percaya. Soalnya sebelumnya udah pernah jg dapet email bodong lowongan PT. Chevron yg kasusnya sama

    ReplyDelete
  27. saya juga melamar di PT.Chevron dan PT.PERTAMINA persero. dapat email begituan juga. awalnya saya semangat utk interview tapi karena gk ada duit makanya gk jadi ikut.Betapa bangga saya tunjukin ke keluarga gk taunya bodong semua..skrg tinggal malunya ini..hahaha

    ReplyDelete
  28. Astagfirullah.. saya juga sempat beberapa wajtu lalu dari PT. gudang garam, untungnya teman saya juga melamar disana, setelah saya cocokkan tempat waktu dan ruangan tesnya, sama, tp tidak ada nama salah satu dari kami tes bersamaan. kami mulai curiga, langsung saya telpon CS Gudang Garam, ternyata sudah banyak yang melakukan konfirmasi seperti itu. Untung saya tidak jadi trf. Sekedar saran untuk semuanya, Perusahaan Besar tidak akan pernah memberatkan calon karyawannya, tidak mungkin perusahaan besar meminta diuangkan tiket dll terlebih dahulu. Be aware semuanya. Skrg saya lagi apply Petro Kimia Gresik yang penipuan ini, ingin saya memberi pelajaran kepada mereka pelaku penipuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga para penipu yang dzalim ini segera mendapatkan pelajaran yang setimpal dan membawa mereka menjadi manusia lebih baik dab bertaubat nasuha atau siksa besar yang mendera mereka. aamiin

      Delete
  29. Yaah barusan saya juga dapat undangan yg sama persis mbak, emang udah kerjaan mereka kyak gitu berarti mbak. Dari 2014 sampe 2016 undangan nya sama semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas...sudah bertahun-tahun ya. Mungkin mereka sedang mengumpulkan bekal untuk siksa dan azab di akherat :)

      Delete
  30. Makasih mb infonya, curiga saya terjawab berkat postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas...semoga postingan ini tergolong curhat yang bermanfaat :)

      Delete
  31. saya juga barusan dapet email itu, tapi alhamdulilah banyak informasi dari ggoogle soal penipuan berkedok lowongan kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mas...dua tahun berlalu dari posting ini dibuat ternyata masih ada penipuan serupa ya

      Delete
  32. td malam dapat email tes ke jakarta biaya akomodasinya lumayan harus d transfer pagi ini tesnya tgl 8 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya yang seperti ini dilaporkan ke polisi, mumpung nomor Hp pencurinya masih aktif

      Delete
  33. Terimakasih infonya mbak,,, hari ini selasa 18-10-2016 saya mendapatkan persis seperti yang dijelaskan pada blog ini. saya langsung konfirmasi HADIR, pas mulai curiga saat saya buka web travelnya smailingtour*co*id kok tidak menemukan sesuatupun berkaitan dengan dengan PETROKIMIA, ahirnya saya google "smailing tour petrokimia gresik" ketemulah artikel mbak ini. terimakasih banyak mbak hampir saja saya kena penipuan ini.
    ini bukti filenya,, saya juga mau tulis artikel ini diblogs.
    https://drive.google.com/file/d/0B7A__pNstyUOay0yS05XWnkwdEk/view?usp=sharing

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah hampir saja hari ini keponakan saya tertipu tes tanggal 20 oktober 2016 persis seperti yang diatas terima kasih atas infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali sudah mampir...semoga keponakannya segera bisa dapat pekerjaan :)

      Delete
  35. Sudah ku duga.ini penipuan. Soalnya saya gak pernh menerima penguman sedetail ini. Kebanyak pengumuan itu kita cari sendri dr sumber yang sah.bukan diberitahu sama kita.trimaksih mb. Semoga yg lain bisa membaca artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali sudah mampir...semoga curhat saya ini tergolong yang bermanfaat...

      Delete
  36. barusan saya juga hampir percaya.. setelah googling dan liat di web resmi petro kimia. jd yakin kalau ini penipuan. Allah msh menyayangi sya dengan menunjukan itu semua.

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah untung saya membaca artikel dari mbak, hampir saya juga tertipu atas panggilan kerja serupa. Terima kasih mba atas sharingnya :)

    ReplyDelete
  38. saya masih mendapatkan email dengan modus yang sama pada 2017!!! hati2!!!

    ReplyDelete
  39. terima kasih atas informasinya yang sangat berharga, tadi saya juga dapat undangan interview dari petrokimia dan saya curiga karena terkesan menonjolkan smailnjing tour and travel karena seharusnya tidak usah membawa nama aneh tersebutn soalnya kan seperti promosi tour and travel amatiran. sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.