catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Semangat Back to School with Home Credit Indonesia.

Libur sekolah usai sudah. Saatnya berjuang kembali menuntut ilmu berharap berkah. Menjalani hari-hari di sekolah layaknya sebuah perjalanan panjang, terkadang menghadapi kompetisi demi meraih prestasi atau memotivasi diri sendiri agar lebih baik daripada hari kemarin. 

Layaknya sebuah kompetisi, libur sekolah bagai jeda sebelum memacu diri untuk melangkah lebih jauh lagi. Hari-hari terakhir libur sekolah biasanya dimanfaatkan untuk mempersiapkan kebutuhan sekolah, baik itu seragam sekolah, laptop maupun perlengkapan alat tulis menulis. 

Keperluan sekolah dan kuliah, Dokpri

Tips Mempersiapkan Kebutuhan Sekolah di Tahun Ajaran Baru

Biaya menghadapi tahun ajaran baru harus serius disiapkan. Tidak mengherankan jika banyak orang menyebut bulan Juni - Juli, bulannya pengeluaran ugal-ugalan. Agar anggaran keluarga tidak berantakan, mempersiapkan kebutuhan sekolah di tahun ajaran baru perlu pertimbangan matang dan mempertimbangkan langkah-langkah berikut ini:

1. Mempersiapkan dana jauh hari sebelumnya

Menabung untuk keperluan tahun ajaran baru biasa kami lakukan sejak dahulu. Apalagi tahun ini kebutuhan biaya pendidikan cukup besar. Si sulung lulus UM-PTKIN tahun ini dan memulai langkah baru di perguruan tinggi. Kebutuhannya bukan hanya UKT tetapi juga kebutuhan perlengkapan kuliah seperti pakaian pantas dan  laptop. Si bungsu naik ke kelas 9 butuh buku, biaya daftar ulang sekolah dan mengganti seragam yang sudah kesempitan. 

Keperluan daftar ulang untuk si bungsu yang duduk di bangku sekolah menengah pertama disisihkan dari keuntungan jualan pulsa dan toko kelontong kami yang menjadi sumber pendapatan kecil-kecilan. Biaya daftar ulang si bungsu ini nggak main-main besarnya, sekitar 5-6 juta setiap tahun, jika tidak disiapkan jauh hari bisa kelimpungan.  Hmmm dihitung berulang kali pasti butuh dana lebih dari 15 juta dalam dua bulan ini. 

Berkat mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dengan berhemat dan menabung #BisaJadiJADIBISA mempersiapkan dana pendidikan. Andai tabungan tak cukup dan terpaksa mengangsur untuk membeli kebutuhan sekolah/kuliah tertentu yang cukup mahal, upayakan membayar uang muka (DP) semaksimal mungkin sesuai kemampuan. Tak lupa memilih tenor yang bersahabat agar besarnya hutang tidak terlalu menjadi beban. 

Il      Ilustrasinya seperti ini: misal penghasilan keluarga sebulan enam juta rupiah, maka besarnya hutang/angsuran per bulan idealnya maksimal 20 persen, yaitu sekitar Rp. 1.200.000, tujuannya adalah agar kebutuhan utama keluarga seperti pangan, biaya sekolah, biaya transportasi, tagihan utilitas (listrik, air dll) tetap tercover meski ada tanggungan angsuran. Hindari berhutang yang menyebabkan besar pasak daripada tiang alias lebih besar pengeluaran daripada pendapatan.

2. Mengutamakan skala prioritas 

Kebutuhan sekolah banyak ragamnya, tetapi ganti tahun ajaran bukan berarti perlengkapannya harus ganti baru 'kan? Utamakan membeli perlengkapan yang mendesak untuk diganti, misalnya sepatu yang sudah rusak atau seragam yang kesempitan. Tidak perlu ganti sepatu hanya karena keinginan mengikuti trend atau ganti tas sekolah karena tergiur model terbaru.

3. Memanfaatkan barang-barang yang masih bisa digunakan

Menempuh tahun ajaran baru dengan menggunakan barang lama, bagaimana caranya? Jangan salah, lembaran buku tulis tahun ajaran lama yang belum ditulisi bisa dimanfaatkan lagi. 

Memanfaatkan sisa buku tulis tahun ajaran lalu, Dokpri

Kumpulkan lembaran buku tulis yang masih bersih dan susun menjadi satu buku dengan menggunakan cover buku bekas yang disampul dengan kertas hias, lumayan bisa menghemat pembelian buku.

4. Cermat memanfaatkan promo pembelian produk keperluan sekolah.

Anggaran untuk belanja kebutuhan sekolah cukup besar. Jika tidak cermat mengelola keuangan keluarga maka kondisi finansial rumah tangga bisa dalam bahaya. Apalagi jika anak yang butuh perlengkapan menuntut ilmu lebih dari satu. Manfaatkan berbagai promo dari berbagai produsen perlengkapan sekolah atau toko buku. Ibu-ibu yang hobi mengumpulkan koin cashback dari marketplace bisa memanfaatkannya untuk belanja keperluan sekolah.

Semangat Back To School with Home Credit Indonesia

Salah satu cara mengelola keuangan keluarga dengan bijak di masa tahun ajaran baru adalah rajin memanfaatkan promo untuk pembelian perlengkapan sekolah dari berbagai tenant, misalnya penawaran berhadiah khusus bagi pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2023. Even Home Credit Indonesia yang bertajuk PESTA JUARA ini membantu pelanggan menemukan berbagai produk berkualitas juara dari berbagai brand yang sesuai dengan kebutuhan. Berbagai brand yang identik dengan keperluan dan perlengkapan sekolah hadir di PESTA JUARA.

Keseruan di booth Home Credit Indonesia, Sumber: Home Credit Indonesia

Tak hanya kemudahan berburu berbagai produk berkualitas juara, PESTA JUARA juga memberi kesempatan bagi para pengunjung booth Home Credit Indonesia mendapatkan berbagai penawaran menarik seperti aneka game interaktif berhadiah setiap hari dan undian berhadiah smartphone canggih yang diundi setiap minggunya. Khusus bagi pengunjung yang melakukan transaksi senilai minimal 3 juta rupiah mendapat hadiah langsung voucher belanja. Menarik sekali bukan?

Brand yang memeriahkan PESTA JUARA, Sumber: Home Credit Indonesia


Nah yang ingin belanja kebutuhan sekolah dengan cara mengangsur bisa memanfaatkan promo menarik ini. Bayangkan, pilihan tenornya beragam, ada tawaran bunga 0% atau bebas 1x cicilan pula bagi yang bayar cicilan tepat waktu.

Wah beruntung sekali yang bisa berkunjung di PESTA JUARA di JFK. Tapi tetap tenang.. tenang.. tenang... sebab selain di JFK, layanan cicilan Home Credit Indonesia sebagai lembaga pinjaman/leasing resmi yang diawasi OJK juga bisa ditemukan di 22 ribu toko di Indonesia.

Kemudahan mendapatkan bantuan pinjaman untuk kebutuhan pendidikan bukan berarti mendorong untuk mudah berhutang tanpa tujuan pasti. Perlu diingat bahwa hutang adalah kewajiban yang harus dibayar dan hendaknya besarnya hutang atau angsuran yang harus dibayar setiap bulan dapat tercover oleh pendapatan, bukan gali lubang tutup lubang.

Home Credit Indonesia mungkin membuat pengguna jasanya berkata: "terimakasih #KarenamuJADIBISA mencukupi perlengkapan sekolah, jadi semangat Back To School with Home Credit Indonesia" namun perlu diingat bahwa bijak memanfaatkan penawaran layanan pinjaman adalah kunci utama agar tidak terjebak hutang yang sia-sia.



 

Share:

48 comments:

  1. Betil mbak, bijak dalam memanfaatkan tawaran pinjaman, pastikan bahwa kita sudah berpiki masak-masak saat memillih mana yang benar-benar dibutuhkan. Misal laptop untuk keperluan kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Berhutang adalah jalan terakhir yang harus kita pikirkan konsekuensinya.

      Delete
  2. Setuju, pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi anak, sehingga orang tuanya harus merencanakan dan menyiapkan biayanya dengan matang dari jauh hari. Menabung emas atau berinvestasi adalah cara terbaik. Dimuai paling tidak 5 - 10 tahun sebelum biaya tersebut dibutuhkan.

    ReplyDelete
  3. Menurut sya perlu dibuatkan daftar cek list yg menyesuaikan dg kebutuhan anak menjelang masuk sekolah.. Bikin skala prioritas & bisa memanfaatkan barang2 yg lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget itu. Skala prioritas emang sangat membantu menyusun anggaran

      Delete
  4. Home Credit Indonesia jadi penolong untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah dengan berbagai promo yang ditawarkan untuk barang yg memang hrs dibeli, dan untuk brg2 yg masih dimanfaatkan atau bisa permak ulang sprt buku yg masih bxk lmbran kosong nya masih digunakan untuk menekan biaya masuk sekolah anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Andai harus beli laptop buat keperluan sekolah secara kredit, tetap harus bijak memilih tenor dan besar angsuran

      Delete
  5. Wuih bisa jadi jalan pintas menghadapi tahun ajaran baru nih. Boleh dicoba dong ya kak

    ReplyDelete
  6. Pendidikan adalah hal terpenting bagi anak. Dan memang sudah harus dipersiapkan biayanya sejak dini. Baru tau juga kalau Home Credit Indonesia ini bisa jadi penolong dalam memenuhi kebutuhan sekolah, bahkan ada promonya

    ReplyDelete
  7. Selamat berjuang kembali menuntut ilmu nak! Semoga perjalanan di sekolah ini penuh dengan prestasi dan berkah. Tetaplah bersemangat, jadikan setiap hari sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, serta nikmati setiap momen dalam perjalanan ini. Selamat belajar!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih. Semoga menjadi generasi tumpuan harapan bangsa.

      Delete
  8. Saya menyepakati bahwa meskipun saat ini sudah banyak fintech yang memberikan kemudahan untuk melakukan peminjaman, akan tetapi memang mesti didasarkan pada hal yang produktif. Jadi bukan berhutang atas dasar nafsu/keinginan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Berhutang adalah jalan paling akhir untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dan bijak memilih angsuran itu penting

      Delete
  9. Kadang kebutuhan sekolah anak itu mendesak, dan nggak ada salahnya untuk berutang dulu ke Home Credit Indonesia misalnya. Sebagaimana penutup tulisan ini, yang penting memang sudah ada planning gimana bayarnya dan dari mana saja uangnya.

    Sekiranya tidak terlalu mendesak, dan masih bisa menggunakan peralatan sekolah yang lama, lebih baik gunakan itu saja.

    ReplyDelete
  10. Menurut saya artikel ini merupakan pengingat yang bagus tentang Birrul Walidain dan pentingnya menunjukkan rasa terima kasih kepada orang tua salah satunya dengan cara belajar yang sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  11. Emak2 pasti super rempong nih pas tahun ajaran baru. Hrs super bgt buat ngatur keuangan. Kebutuhan anak ga bs dimundurin. Uang dapur jg hrs trs ngucur biar smua bs makan.

    Untjng aja Home Credit ini bs membantu meringankan beban keluarga. Bunga yg murah, ini jd pilihan emak2 bjag pinjaman lunak sih. Kebutuhan anak jd terpenuhi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nabung jauh hari, insyaallah agak ringan. Meski terasa nafas sedikit ngos-ngosan hehe

      Delete
  12. Memang pertengahan tahun atau masa-masa kenaikan kelas itu ternyata butuh biaya yang gak sedikit ya. Selain uang sekolah, peralatan sekolah pun gak kalah banyak yang perlu direfresh. Asalkan bisa menempatkan prioritas dengan baik, maka penggunaan fasilitas seperti dari Home Credit Indonesia ini pun bisa kita gunakan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Dipilih dengan seksama dan bijak sebelum bertransaksi, kredit karena memang tak ada jalan lain lagi.

      Delete
  13. Baca artikel ini langsung otw download aplikasinya. Kayanya membantu banget + gaada biaya admin pula, wajib cobain juga nih

    ReplyDelete
  14. Home Credit Indonesia bisa jadi solusi dengan jasa-jasanya bagi para pelanggan, tapi sebagai pelanggan kita juga perlu ingat untuk bijak memanfaatkan penawaran layanan pinjaman ya. Thanks ulasannya, Kak.

    ReplyDelete
  15. keberadaan Home Credit indonesia bener bener bisa membantu ibu-ibu untuk membeli barang kebutuhan
    apalagi sekarang ini memang memasuki tahun ajaran baru, yang pastinya kadang ada anak anak yang sudah memerlukan untuk menggunakan laptop

    ReplyDelete
  16. Wah pas banget ya mbak. Tahun ajaran baru butuh banyak biaya. Program back to school with Home Credit ini sangat membantu

    ReplyDelete
  17. Harga kebutuhan sekolah memang gak main main sekarang, senang kalau ada promo gini.

    ReplyDelete
  18. Iyalohhh pas anakku masuk TK, ternyata lumayan juga yah dana persiapannya haha, banyak yang dibutuhkan dan harus dibeli. Belum lagi biaya program lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum lagi makin tinggi tingkat pendidikan, biaya juga ikutan meninggi

      Delete
  19. Aku dulu pernah manfaatin buku tkosong terus dijilid gitu. Jadi beda sendiri, hehehe. Tahun ajaran baru memang semua gak harus baru, tapi ada hal yang memang harus diganti. Sekarang ada Home Credit. Jadi mari ceki-ceki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat. Manfaatkan yang ada. Termasuk jika ada promo pembelian jika harus ada yang dibeli

      Delete
  20. Betul banget kak, kebutuhan sekolah itu ternyata emang banyak ya kalo dihitung-hitung. Makanya orang tua perlu menyiapkan sejak jauh-jauh hari, jadi ketika anak mau masuk sekolah udah nggak pusing nyari duitnya dari mana. Kalo perlu emang dibuatkan tabungan khusus untuk kebutuhan pendidikan dan sekolah masing-masing anak. Untungnya sekarang ada Home Credit ini ya, jadi bisa membantu banget..

    ReplyDelete
  21. Wah Home Credit Indonesia berarti sangat mebantu ya bu, saya yang belum menikah tercerahkan loh dengan artikel ini ternyata memang pendidikan itu juga gak murah dan perlu persiapan jauh-jauh hari.

    ReplyDelete
  22. Setuju kak,
    Mempersiapkan dana pendidikan itu perlu biar nantinya gak kelabakan buat pemenuhan kebutuhan anak

    ReplyDelete
  23. Pendidikan anak adalah bentuk lain dari investasi. Karenanya untuk urusan pendidikan, kita harus semaksimal mungkin

    ReplyDelete
  24. Bener-bener mesti persiapan sebelumnya ya kalau mau kenaikan kelas, apalagi mau masuk SD, SMP, Dan seterusnya. Pasti biayanya besar. Kalau gak disiapin jauh-jauh hari beneran bisa kelimpungan.. Dana Pendidikan jadi salah satu concern aku sama suami juga. Jadi tiap bulan selalu ada yg disisihin buat Dana Pendidikan anak.. :)

    ReplyDelete
  25. Jadi terbayang kemudahan yang ditawarkan saat berkunjung ke booth Home Credit Indonesia. Dan momen back to school bisa dinikmati oleh seluruh keluarga Indonesia.

    ReplyDelete
  26. Memang butuh biaya banyak untuk sekolah kak jadinya harus menabung dulu agar hemat biaya sekolah

    ReplyDelete
  27. Pendidikan memang hal penting yang harus dipersiapkan matang-matang. Biaya yang akan dikeluarkan pun baiknya mendapatkan perhatian khusus ya Bun.

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.