catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tips dan Rambu-rambu Ngonten Aman

Internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Hampir seluruh segi kehidupan bergantung pada akses internet. Belanja kini tak perlu ke pasar karena bisa belanja di marketplace dan online shop yang bertebaran di media sosial. Komunikasi tak hanya via surat menyurat, telepon dan sms, saat ini ngobrol real time sambil memandang wajah bisa dilakukan dengan messenger call. Surat kabar, tabloid, dan majalah cetak kian tergusur oleh portal online. 

Aktivitas dan pekerjaan manusia sangat terbantu oleh perkembangan teknologi digital. Tak hanya mempermudah pekerjaan manusia, kemajuan teknologi digital membuka potensi profesi dan pekerjaan baru. Salah satu profesi kekinian yang berkaitan erat dengan dunia internet adalah konten kreator. 

Konten kreator adalah orang-orang yang membuat konten atau postingan di berbagai platform media sosial. Konten yang dibuat para konten kreator meliputi foto, video dan tulisan. Karya para konten kreator bisa dinikmati di blog, YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok dan berbagai website serta platform lainnya. Namun perlu diingat bahwa membuat konten ada tips dan rambu-rambunya. Tips membuat konten dibutuhkan agar seorang konten kreator bisa menghasilkan karya yang optimal. Rambu-rambu ngonten perlu diperhatikan sebab konten di media sosial bisa diakses khalayak luas, dan jika membuat konten yang tidak layak atau melanggar UU ITE si konten kreator harus siap menerima sanksi.

Blog adalah salah satu bentuk konten digital, Dokumen Pribadi

Tips dan Rambu-rambu Ngonten Aman

 Bagaimana ngonten yang aman dan nyaman? berikut adalah tips dan rambu-rambunya:

1.     Memilih internet provider yang tepat

Ketergantungan manusia, terutama konten kreator terhadap internet provider tak dapat dihindari. Layaknya koki yang butuh alat memasak, pelukis butuh cat air dan kanvas, untuk hasil terbaik seorang konten kreator butuh internet provider yang tak hanya lancar koneksinya, namun juga menawarkan berbagai kelebihan. IndiHome dari Telkom Indonesia merupakan pilihan utama bagi konten kreator Indonesia. IndiHome dikenal sebagai internet provider broadband untuk rumahan/instansi/kantor dengan jaringan terluas. Keunggulan IndiHome yang paling menonjol adalah layanan triple play yang ditawarkannya yaitu internet, TV, telepon. Akses internetnya hingga mulai dari 30 hingga 300 Mbps, layanan TV kabelnya dijamin menyajikan gambar jernih dan memuaskan dilengkapi fitur pause, rewind dan VoD, layanan teleponnya memberikan akses bebas telepon hingga 1000 menit.

Berbagai paket pilihan IndiHome bisa dilihat di situs resmi, Sumber: IndiHome

Asyiknya berlangganan IndiHome adalah pelanggan bisa bebas memilih paket sesuai kebutuhan, apakah paket minimalis yang hanya memberikan akses internet saja, paket internet-telepon atau internet-TV maupun paket komplit triple play hingga paket gamers  Ingin nonton Disney + Hotstar atau Netflix pun sudah tersedia dalam paket pilihan internet broadband andalan Telkom Indonesia ini.

Mudahnya berlangganan dan memilih paket sesuai kebubtuhan, Sumber: IndiHome

Mengapa ngonten butuh akses internet yang lancar? sebab akses internet layaknya sembako bagi seorang konten kreator. Jika koneksi internet lancar, tidak buffering atau lelet maka proses kreatif dalam menghasilkan sebuah konten berkualitas tidak menyita waktu sehingga konten kreator bisa fokus dalam berkarya tanpa pusing memikirkan kendala teknis.

2.     Niatkan konten untuk kebaikan

Meski konten yang diunggah di media sosial adalah hak pribadi, namun seorang konten harus ingat bahwa dampak dari konten yang diunggahnya akan kembali pada dirinya. Bagaimana menyusun konten ideal? Beberapa hal berikut bisa menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membuat konten:

·        Menginspirasi berbuat kebaikan

Buatlah konten yang menginspirasi berbuat kebaikan. Misalnya ajakan menjaga lingkungan melalui video lucu atau poster foto Instagram feed yang menarik. Inspirasi bersedekah melalui konten-konten kreatif yang tak terkesan menggurui.

·        Tutorial pengetahuan umum

Buatlah konten yang bisa membantu banyak orang. Bisa berupa konten tentang lifehack, sharing resep masakan, panduan membuat kerajinan tangan/ Do It Yourself (DIY) atau seperti ensiklopedia yang memberikan jawaban atas pertanyaan mengenai pengetahuan umum.

·        Memperkenalkan panorama Indonesia

Konten kreator bisa memilih niche blog atau Instagram sesuai kegemarannya. Misalnya blog dan Instagram travelling. Unggahlah foto dan video yang memperkenalkann obywk-obyek wisata di Indonesia. Tulislah artikel review obyek wisata dan daya tariknya disertai itinerary (rencana perjalanan) konten semacam ini bisa membantu mempromosikan wisata nusantara sekaligus membantu masyarakat dan netizen mendapatkan gambaran mengenai perkiraan biaya, petunjuk arah dan daya tarik obyek-obyek wisata.

·        Hiburan

Ingin membuat konten ringan tapi menghibur? Boleh saja, menghibur orang lain adalah hal bermanfaat. Konten jenaka seperti mini drama komedi, monolog atau dance bisa memberikan hiburan bagi yang melihatnya.

3.     Hindari konten yang merusak dan merugikan

Berhati-hatilah saat membuat konten. Hindari membuat konten yang mengandung kekerasan dan pornografi, ujaran kebencian dan berita palsu atau hoax. Saring sebelum sharing, pikir berulang kali sebelum memutuskan posting. 

Konten di media sosial yang kita buat bisa berpotensi mendatangkan kebaikan atau keburukan tergantung pada niat membuat konten dan bagaimana isi konten berdampak pada netizen. Konten media sosial bisa berdampak seperti halnya pisau yang bisa menjadi senjata pembunuh jika digunakan oleh seseorang yang dikuasai amarah namun membantu menyajikan masakan lezat jika dimanfaatkan secara bijak sesuai fungsinya.

 

 

Share:

2 comments:

  1. Memang sedikit resah jadi blogger yang harus menjaga ketikannya dengan baik dan tetap mengembangkan blog sesuai trend masa kini. Tentunya, internet menjadi komponen paling penting untuk terus ngonten. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. kehadiran Internet Provider bener bener membantu banget untuk kita yang kerjaannya selalu berhubungan dengan dunia maya, mau nyari inspirasi juga ada, mau membangun networking juga bisa.
    Mau bikin konten pastinya didukung banget sama yang namanya internet, kalau konten kita positif dan bisa bikin bermanfaat buat orang lain, kita ikutan seneng

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.