catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Konten Kreator yang Memperkenalkan Obyek-obyek Wisata, Wujud Cinta Indonesia

“Mama, postingan video matahari terbitnya fyp di Tiktok teman-temanku” seru anakku saat ngobrol santai di suatu sore. Wah meski fypnya baru di circle seputar teman, tetangga, kenalan tapi seneng banget dinotice dan diapresiasi.

Saya memang punya hobi “berburu matahari” Mengabadikan detik-detik matahari terbit dari view tepi sawah dalam sebuah video lalu menguploadnya di akun-akun media sosial adalah kegiatan setiap akhir pekan. Tak hanya merekam momen matahari terbit, tetapi saya rela menanti momen burung-burung beterbangan bersamaan dengan matahari pagi mulai beranjak dari balik garis langit, sehingga fotonya bisa artistik sebab menampilkan view burung terbang berlatar belakang matahari terbit. Hati saya berbunga-bunga manakala teman-teman di media sosial memberikan komentar: “Bagussnyaaa”  “Waah si pemburu matahari beraksi.” “Mamarazzi memang luar biasa” Begitulah keajaiban internet membuat kita bisa berbagi kebahagiaan, keindahan alam meski jarak memisahkan. 

 


Sunrise and Flying Bird, Dokumen koleksi pribadi

Mengupload foto dan video di media sosial pasti butuh internet provider terbaik yang nggak lelet saat uploading, yang nggak buffering sehingga membuat kepala pening. Kalau mau yang lancar jaya tentunya memakai IndiHome, andalan Telkom Indonesia.

Instagram dan Tiktok saya sebagian besar berisi konten tentang pemandangan alam, landscape dan obyek-obyek wisata yang saya kunjungi. Berbagai pengalaman menarik terkait kegemaran saya memanfaatkan media sosial sebagai sarana mengabadikan pemandangan alam dan berbagai momen istimewa memberikan banyak keuntungan. Memori handphone tidak terbebani, saya menjadi bagian dari konten kreator dan bisa menjadi salah satu pembuka pintu rezeki.

Salah satu pengalaman yang menyenangkan adalah ketika beberapa kali mendapat apresiasi dari sesama konten kreator yang berasal dari manca negara. Konten tentang video pantai-pantai di Bali yang saya abadikan tahun lalu ketika liburan lebaran menjadi konten yang mendapat apresiasi terbesar dan kunjungan terbanyak selama sebulan. 

Seorang konten kreator dari manca negara bahkan meminta saya mengirim foto pantai yang saya abadikan dalam perjalanan pulang ke Jawa untuk dibagikan ke akun yang mengabadikan foto-foto traveller seluruh dunia

Pantai nan indah di perjalanan menuju pelabuhan Gilimanuk, Dokpri


Salah satu foto favorit selama libur lebaran tahun lalu adalah obyek wisata Danu Beratan Bedugul hasil jepretan saya ketika cuaca cerah. Hasilnya sangat luar biasa, mirip foto ala postcard bertema obyek wisata.

Saya masih ingat bahwa yang menarik perhatian saya ketika mengabadikan pemandangan ini adalah karena mengabadikan pesan tersirat Bhinneka Tunggal Ika. Sebab dari sudut tempat menjepretkan kamera Hp ke arah pura dan danau, nun di seberangnya tampak kubah masjid yang berada di seberang jalan dari lokasi wisata pura dan Danau Beratan Bedugul.

Perhatikan kubah masjid warna biru di kejauhan. Dokumen Koleksi Pribadi


Dari pengalaman mendapatkan berbagai apreasiasi ketika mengabadikan landscape dan pemandangan yang indah, saya dapat menarik kesimpulan bahwa konten kreator bisa menjadi ujung tombak memperkenalkan keindahan alam nusantara. Media sosial layaknya jaringan tanpa batas, setiap pengguna bisa menemukan postingan kita melalui hashtag tertentu asal akun disetting publik. Jika ingin viral sebagai konten kreator tentunya memilih viral dengan membagikan hal-hal yang baik. Mengapa tidak memviralkan obyek-obyek wisata atau tempat-tempat menarik di nusantara sebagai bentuk rasa cinta Indonesia?

Ide konten bisa datang dari hal sederhana. Tak perlu keliling Indonesia untuk memperkenalkan obyek-obyek wisatanya. Seperti yang saya lakukan misalnya, memotret dan merekam momen matahari terbit dan burung-burung terbang diambil dari lokasi lahan persawahan dekat perumahan. Peralatan yang saya gunakan hanya handphone android dengan kamera sederhana. Namun tentunya untuk proses editing dan upload ke media sosial membutuhkan support internet provider tepercaya seperti IndiHome, andalan Telkom Indonesia. Siapa tahu karena postingan landscape yang saya bagikan di media sosial menarik minat wisatawan manca negara untuk berkunjung ke Indonesia. Harapan saya, dengan konten-konten pemandangan alam Indonesia menginspirasi masyarakat untuk lebih mencintai negeri ini, menjaga kelestarian lingkungan dan menemukan hidden gem di sekitar kita.

Kita tidak bisa berandai-andai berapa banyak orang yang akan memberi perhatian kepada konten yang tersimpan di media sosial. Namun sepanjang yang dibagikan adalah konten kebaikan, maka kebaikan pula yang kelak akan kita tuai.

 

Share:

1 comment:

  1. Heem kadang konten pemandangan yang indah malah banyak digemari apalagi kalau pemandangan Indonesia. Lebih sering melihat konten seperti itu karena refreshing setelah sibuk kerja seharian. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.