catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Menjaga Spirit Ramadhan

Ramadhan sudah lama pergi. Syawal pun hampir setengah jalan karena sudah beranjak 13 hari saat saya menulis artikel ini. Hanya sekadar menyemangati diri, agar spirit Ramadhan tidak mati.
Apa maksudnya? mengapa Ramadhan punya spirit. Yang jelas, ghiroh, semangat beribadah saat Ramadhan berbeda dengan 11 bulan sisanya. Harapan agar dosa-dosa diampuni, dilebur dengan ibadah yang dilipatgandakan kualitas dan kuantitas sebagai penebus bagai sedang melakukan transaksi "jual-beli" menjadikan spirit Ramadhan benar-benar membekas di hati.

Tapi...
yakinkah Ramadhan kemarin ibadah kita benar diterima dan kualitasnya mampu menjadikan kita lebih baik dari hari kemarin? Saya mengutip kembali tausyiah ustadz Machsan Hasbullah bada subuh di kajian awal Syawal.
Tanda-tanda puasa seorang muslim diterima adalah:
1. Wajah yang bercahaya, menyenangkan yang memandang
2. Tutur kata lembut dan menenangkan
3. Merasa lebih dekat dengan Allah dan berhati-hati dalam berperilaku sebab merasa selalu diawasi Allah
4. Memperbanyak berbuat kebaikan
5. Berupaya untuk istiqomah.
Kira-kira bisa menilai diri sendiri, adakah Ramadhan membawa perbaikan bagi diri ini. Dan yang penting adalah berusaha untuk terus menjaga spirit Ramadhan agar tidak hilang tanpa kesan sehingga dalam pribadi tidak ada perubahan yang berarti. Bagaimana caranya?

Berikut adalah tips agar spirit Ramadhan tetap terjaga:
1. Muhasabah
Dari berbagai artikel dan ceramah tentang "tanda-tanda puasa Ramadhan diterima Allah" bisa menjadi penyemangat dalam berkarya. Namun demi aman agar tidak terjebak ujub alias memuji diri sendiri, ada baiknya untuk memperbanyak istighfar dan menganggap ibadah kita masih banyak cacat yang harus diperbaiki.
2. Konsisten berpuasa (sunnah)
Jujur saja, puasa itu perisai yang membantu kita menahan diri dari amarah dan nafsu yang tak terkendali. Coba deh kalau pas puasa Ramadhan, khawatir pahalanya hilang karena marah, pasti deh berusaha menahan diri dengan berkata "sabar sabar lagi puasa" sambil mengelus dada atau menekan kening waktu menghadapi hal yang memantik emosi. Maka agar spirit Ramadhan tidak padam upayakan untuk konsisten berpuasa. Bisa diawali dengan qodho' hutang puasa Ramadhan bagi yang udzur lalu disambung Syawal. Dan lanjut puasa sunnah lain setelah selesai bayar qodho dan Syawal. Bisa puasa Daud, Senin-Kamis dan Ayamul Bidh
3. Jangan tinggalkan target ibadah
Bagi yang punya target ibadah Ramadhan entah itu infaq sedekah, tilawah atau hafalan sebisa mungkin tetap jaga target. Misalnya saat Ramadhan target sehari khatam 1 juz, jaga target ini di bulan-bulan berikutnya. Paling mudah dengan jurus "alon-alon waton kelakon" Jadi setiap usai sholat baca empat lembar Al Quran, genap sholat lima waktu ditambah tahajud dan dhuha sudah khatam 1 juz bahkan lebih. Jurus yang sulit (buat saya) jika 1 juz dibaca dalam satu periode, mata sudah berair aja karena usia haha
Buat saya juga yang susah adalah menjaga target infaq. Duit sudah amblas buat lebaran (angpau, transport) ditambah dikejar biaya pondok dan sekolah sementara job belum mulai berdatangan hahaha. Kontes berhadiah uang tunai pun gagal, lengkap dah hihiih. Tapi meski belum bisa menyamai target saat Ramadhan yuk llah kita coba prosentasenya dikurangi dikit disesuaikan dengan pendapatan hahaha *payah.

Mungkin setiap orang punya tips khusus agar mampu menjaga spirit Ramadhan. Saya mah nulis ini buat nasehatin diri, karena banyak hal yang terjadi dan khawatir spirit Ramadhan pergi. Kalian punya tips apa nih, bagi doong buat sharing di sini.


Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.