Google+ Followers

Friday, January 2, 2015

Tahun Baru Tips Berhemat Baru

Tahun Baru ada yang baru ? pastinya Kalender. Gaji baru ? belum tentu apalagi yang kerjanyar part time-an seperti saya hehehe.
Harga-harga baru ? ihiks ini yang membuat "terharu" tarif listrik pasti baru, begitu juga LPG 12 Kilogram. Bersyukur listrik rumah pakai 900 jadi masih subsidi tapi bukan berarti ngga perlu hemat energi.

Singkat kata biar ngga frustasi karena harga-harga melambung tinggi berbagai tips berhemat perlu diterapkan, plus harus makin bersabar karena orang sabar disayang Tuhan (sedikit ga nyambung harap dimaafkan).

Tips Hemat LPG.
1. Gunakan api sedang, nyala yang terlalu besar selain menyebabkan masakan cepat gosong juga menghabiskan terlalu banyak gas.

2. Jika ada bahan makanan yang bisa dimasak menggunakan rice cooker/magic com saat memasak nasi mengapa tak dilakukan ? contohnya saat berniat masak menu menggunakan telur rebus atau pindang/pepes ikan. untuk telur rebus pastikan telur dicuci bersih terlebih dahulu baru masukkan dalam wadah pemasak beras saat air belum kasat. Jika ingin masak pindang/pepes gunakan wadah yang telah disediakan produsen magic comnya

3. Rajin bersihkan tungku kompor gasnya. Biar terlihat rapi kalau pas ada kunjungan mertua dan tetangga #eh

Tips Hemat Air dan Listrik
1. Minimalisasikan nyuci pakai mesin cuci - bisa hemat air dan listrik sekaligus. Ngucek yuk, hemat dan sehat.
2. Tampung air wudhu buat nyiram tanaman pas musim kemarau
3. Jarangin nonton TV selain capek hati liat tingkah politisi dan selebriti listriknya itu bo' lumayan boros. Pilih tayangan yang edukatif, boleh deh sesekali nonton gosip. Yang gak boleh ketinggalan nonton berita dan serial favorit #eh
4. Nyalain lampu jalan baru nyala baru pas adzan maghrib terdengar, dan buru-buru matiin pas langit udah mulai terang. Nyalain lampu kamar kalau pas pengen baca buku di kamar, selebihnya matikan lampu apalagi pas tidur.
5. Maksimalkan anugerah Musim hujan karena air berlimpah plus hawanya yang sejuk jadi ngga perlu kipas angin...dan ga perlu mandi sering-sering hihihi

2 comments: