catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Asyiknya Bermain Bersama Canva

Canva itu siapa kok diajak bermain segala? ehehe ya...Canva itu aplikasi. Sebenarnya dulu sudah sering nguplek Canva. Sebab aplikasi sangat mudah digunakan sebagai penunjang di dunia blogging dan internet marketing. 

Dulu, waktu masih jadi kontributor di salah satu portal online untuk mengisi akun penulis inspiratif, Canva dan picsart sangat membantu untuk membuat gambar disertai quote cantik.

Lalu pas sempat kerja mengelola akun olshop di IG, saya biasa menggunakan Canva untuk menulis quote atau tulisan inspiratif serta memasang foto produk sebagai isi feed.

Sekarang Canva tiba-tiba ngehits di kalangan kawan blogger dan influencer. Takjub melihat mbak Tuty Queen pertama kali memasang gambar bercerita yang ia buat dari Canva. Keren, ternyata bisa dibuat semacam komik. Senaang banget lihat FB Mbak Tuty Queen yang berhias karya uplek Canva, tepat sekali jika beliau membuka kelas berbayar untuk belajar Canva. Cuakep-cakeep karyanya. Terimakasih pula buat Wulan Kenanga yang sempat membuat tutorial dasarnya di youtube.

Saya coba menuliskan sedikit yang saya ketahui dari teknik dasar mengolah Canva. Paling sederhana seperti ini, sekalian buat promo produk dagangan kami hehehe, Tisu See-U.


Caranya:
1. Buat akun di Canva.com
Bagi yagn belum punya, ikuti step by step registernya

2. Klik create a design
Isi kolom customs dimensionnya, terserah lah mau isi angka berapa, nanti biar bisa lihat sendiri hasilnya hehehe

3. Klik simbol warna pada page kosong
Setelah klik create design di langkah 2 tadi maka akan muncul tayangan seperti di bawah. Klik simbol papan warna warni untuk memilih warna background yang dikehendaki.
maka akan muncul begini

4. Upload foto untuk tambahan "elemen"
Kalau ingin memasukkan foto produk manfaatkan fitur upload. 
5. Bermain dengan fitur elemen
Di sinilah pusatnya "tempat bermain" bersama Canva. Untuk memilih kategori silahkan ketik sesuai keywordnya. Misal ingin memasukkan gambar meja, maka ketik kata "table" . Ingin gambar orang bekerja, ketik "desk" atau "office"
Ukuran dan rotasi "elemen" termasuk hasil unggahan kita tadi bisa disesuaikan. Klik di obyek yang tampil di "media gambar" pasti akan muncul ikon untuk menyesuaikan ukuran dan rotasi, putar-putar atau tarik-tarik aja...ini sebabnya saya menyebutnya: bermain bersama Canva hehehe

Manfaatkan fitur klik kanan pada obyek, lalu pilih "send to back" untuk memberikan kesan tiga dimensi, hasil tampilan tidak datar, misalnya ada ikon-ikon yang berada di bagian belakang.


Kalau sudah dirasa selesai, sesuai selera dan keinginan klik tombol download di pojok kanan atas itu. Cari hasilnya di folder download di laptop/komputer. Atau di copas dengan cara tekan keyboard alt dan printscreen bersamaan lalu copas di paint. Crop yang perlu dipaaakai. Hasilnya seolah berada dalam ruangan kantor kan?

Masih sedikit yang saya ketahui, tapi senang aja ngulik Canva dan jadi gambar cantik-cantik seperti ini. Yuk kita belajar lagi. Tapi jangan sampai lupa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yaa..


Tapi bermain bersama Canva memang menyenangkan. Bisa digunakan untuk mengisi konten positif di akun medsos, bisa juga untuk alat promosi seperti yang saya lakukan tadi, meskipun tekniknya masih sangat sederhana. 










Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.