catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa


Ramadhan telah berjalan di hari kedua, apa kabar semua, mudah-mudahan baik-baik saja. Berpuasa menyebabkan tubuh jadi lemas dan menurunkan produktivitas? Mungkin ada yang kurang tepat dalam mengatur jadwal sahur dan berpuasa. Saat berpuasa, secara teknis tubuh baru memasuki fase puasa terhitung setelah 8 jam sejak waktu makan terakhir. Yaitu saat usus selesai menyerap berbagai jenis nutrisi dan sari makanan.
Sebenarnya jika pola makan sahur dan berbuka diatur dengan menu seimbang tidak akan menyebabkan dehidrasi, kurang gizi dan tidak menurunkan tingkat produktivitas. Ketika berpuasa, seseorang dituntut untuk lebih memperhatikan pola makan, waktu beristirahat dan jenis aktivitas yang sesuai dengan kondisi tubuh dengan cadangan energi yang dimiliki.

Berpuasa menyebabkan tubuh membakar lebih banyak cadangan energi dan air. Jika tidak pandai mengatur pola makan maka tubuh akan lebih cepat menjadi lemas. Upayakan menyajikan komposisi makanan lengkap dan bergizi untuk menu santap sahur dan berbuka. Perbanyak minum air dan makanan berserat ketika sahur dan berbuka. Dengan demikian kebutuhan tubuh untuk standar metabolism bisa tercukupi.

Sunnah-sunnah dalam berpuasa sebenarnya mengandung hikmah untuk menjaga agar tubuh tetap bugar saat berpuasa. Ketika berbuka puasa misalnya, disunnahkan untuk menyegerakan berbuka dengan kurma dan air. Jika ditinjau secara ilmiah, hal ini membantu tubuh untuk segera mendapatkan kebutuhan pokok yaitu air untuk mencegah dehidrasi dan sumber energi yang cepat diserap tubuh yang berasal dari buah kurma. Santap sahur disunnahkan dilakukan di akhir waktu. Sebab menghindari tubuh terlalu lama menahan makan dan minum. Jika sahur dilakukan di akhir waktu dan berbuka disegerakan dengan menu berbuka yang tepat, maka kebutuhan tubuh atas berbagai zat penting akan terpenuhi.

Berpuasa bukan berarti bermalas-malasan. Dianjurkan ketika berpuasa memperbanyak ibadah. Olahraga berat lebih baik dikurangi. Namun olahraga ringan seperti jalan kaki setelah sholat subuh akan sangat berdampak positif bagi tubuh. Peredaran darah lebih optimal, aliran oksigen semakin lancar. Bahkan memperbanyak sholat sunnah selama berpuasa juga termasuk olahraga karena gerakan sholat sama halnya dengan gerakan senam. Pahala didapat, tubuh pun lebih sehat. (da)
1.    www.hellosehat.com 
3.    www.lifestyle.kompas.com 
4.    pixabay

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.