catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tips Memilih Outfit Lebaran

Marhaban Ramadan berganti menjadi marhaban lebaran. Usai sebulan berpuasa, umat Islam menyambut hari raya. Tradisi mudik di Indonesia menjadi salah satu ciri khas umat muslim nusantara. Saat pulang ke kampung halaman, merayakan lebaran bersama keluarga besar menjadi momen membahagiakan. Sholat Idulfitri berjamaah di masjid atau lapangan, bersilaturahim dari rumah ke rumah kerabat, reuni keluarga atau sekolah memeriahkan suasana. Outfit lebaran dibutuhkan untuk berbagai macam kegiatan.

Salah memilih outfit bisa membuat kita merasa seolah salah kostum. Rasa percaya diri pun turun drastis ketika mengenakan pakaian yang tak nyaman di badan.


Bagaimana tips memilih outfit lebaran agar hari raya terasa menyenangkan? Berikut ini adalah rambu-rambunya:

1. Asas kepantasan

Rambu terpenting dalam memilih outfit lebaran adalah asas kepantasan. Syarat utama busana bagi muslim/muslimah adalah menutup aurat. Model baju yang pantas dikenakan saat lebaran adalah gamis, tunik, long dress bagi muslimah dan baju koko atau kemeja bagi pria. Tentu kurang pantas jika bersilaturahim lebaran mengenakan rok mini dan atasan model u can see. Lazimnya saat berlebaran sebagian wanita melengkapi penampilannya dengan mengenakan perhiasan. Wajar jika ingin mengenakan asesori untuk mempercantik diri namun hendaknya dalam batas kewajaran. Misalnya tak perlu mengenakan semua koleksi cincin pada sepuluh jari, atau mengenakan koleksi gelang hingga terdengar bergemerincing.

2. asas kenyamanan

bahan yang nyaman dikenakan, menyerap keringat, cutting dan ukuranya sesuai, nggak kekecilan maupun kegedean adalah rambu outfit lebaran yang harus dipertimbangkan. Nggak nyaman jika mengenakan baju kegedean ketika bersilaturahim hari raya. Bahan yang menyerap keringat juga harus benar-benar dipertimbangkan. Padatnya aktivitas saat lebaran butuh pakaian yang nyaman. 

3. asas kebutuhan

Memilih outfit disesuaikan dengan aktivitas saat berlebaran. Misalnya pagi-pagi sekali sudah harus berjibaku dengan waktu sholat Idulfitri. Maka lebih baik pilih busana yang simpel, jilbab instan yang mudah dikenakan. Jika ingin mengenakan busana yang trendy dengan segala pernak-pernik atau jilbab modis bisa disesuaikan saat hendak bersilaturahim atau memenuhi jamuan makan-makan saat berlebaran.

Lebaran adalah saat bersyukur, bersuka cita dan berbagi kegembiraan. Meski mempercantik penampilan adalah hal yang menyenangkan diri sendiri maupun orang yang memandang namun hendaknya tidak memaksakan diri membeli outfit lebaran jika kondisi finansial keluarga tidak memungkinkan. Jangan karena ingin tampil modis outfit lebaran dibela-belain sampai berhutang. 


Share:

1 comment:

  1. pas udah gede, udah jarang beli outfit khusus lebaran, soalnya kalau pas libur lebaran, aku nya malah pergi traveling. Jadi jarang dirumah, bahkan baju beberapa tahun lalu belum pernah dipake sama sekali.
    Jadi kadang cuman pake baju semi formal biasa yang terlihat sopan, nggak harus baju muslim

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.