catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Sejuta Cinta untuk Dhuafa dari MT Maratus Shalihah

Pembagian Sembako Dokpri

 "Berbagi dalam keterpautan hati sebagai ikhtiar dalam membumikan cinta, melangitkan do'a dan mengharap ridho-Nya" Begitu tulisan yang terpampang di spanduk bakti sosial MT. Mar'atus Shalihah di bulan Ramadan 1444 Hijriyah tahun 2023 ini. 

Kalimat yang sarat makna ini menjadi penyemangat bagi kami, muslimat yang tergabung dalam majelis taklim Al Mar'atus Shalihah untuk menyisihkan sebagian dari rezeki yang Allah titipkan. Setiap pertemuan majelis taklim, kotak infaq Maratus Shalihah diedarkan pada setiap yang hadir dengan harapan peserta taklim berkenan mengisi kotak infaq seikhlasnya untuk menjadi uang kas majelis.

Uang kas majelis taklim ini digunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Kami selama bertahun-tahun telah bersepakat bahwa uang kas tersebut digunakan untuk santunan takziah internal majelis yang sedang kesusahan, mengunjungi anggota taklim atau keluarga yang sedang menderita sakit serta untuk bakti sosial rutin setiap tahun.
Serangkaian acara Bakti Sosial, Dokpri


Dana untuk bakti sosial, selain menggunakan sebagian uang kas majelis taklim, juga diperoleh dari para donatur. Aktivitas berkaitan dengan bakti sosial ini dikerjakan panitia kecil, ada yang bertugas menerima dan mencatat donasi, mencetak dan membagikan kupon ke kaum dhuafa, berbelanja isi paket dan membungkus paket dilakukan secara bergotong royong. 
Sasaran dari penerima santunan bakti sosial adalah para dhuafa yang berada di lingkungan sekitar perumahan, janda-janda tua, fakir miskin, petugas kebersihan/tukang sampah dan anak-anak yatim dari panti asuhan yang ada di area perumahan.

Alhamdulillah setiap tahunnya MT Maratus Shalihah yang beranggotakan kurang lebih 35 orang dimampukan Allah untuk mengumpulkan infaq sekitar 2-3 juta rupiah dan membagikan sekitar 30 paket sembako untuk mereka yang berhak. Paket sembako yang diberikan berisi 3kg beras, minyak goreng 2L, mi kuning dan 1 kg gula. Khusus untuk panti asuhan selain paket sembako juga mendapatkan santunan berupa uang tunai untuk keperluan operasional.


Acara pembagian paket sembako dari tahun ke tahun mengalami variasi. Terkadang santunan diantarkan dari rumah ke rumah yang berhak menerimanya, terkadang dibagikan menjelang bulan Ramadan dan penerima undangan baik kaum dhuafa maupun peserta taklim menikmati hidangan makan bersama setelah berdzikir Al Matsurat dan mendengarkan tausiyah dari Ustadzah Lina. Saat pandemi melanda, pembagian santunan dilakukan panitia kecil tanpa kehadiran seluruh peserta taklim dan santunan diberikan secara bergiliran sesuai jadwal masing-masing penerima kupon untuk menghindari kerumunan. Beberapa catatan kecil tentang bakti sosial rutin saya tulis di instagram dan blog, salah satunya artikel tentang bakti sosial 1442 H

Bakti sosial rutin ini menjadi pengingat bagi kami bahwa salah satu tanda cinta adalah berbagi. Cinta kepada Allah dan perintahNya, cinta karena Allah kepada lingkungan sosial di sekitar kita dan cinta kepada diri sendiri karena dengan berbagi sama halnya dengan memberikan kesempatan bagi diri untuk berbuat kebaikan dan mendapat ganjaran kebaikan pula. 

Sebagian dari anggota Mt. Maratus Shalihah yang bisa hadir di Bakti Sosial, Dokpri


Allah telah berjanji dalam Al Qur'an surat Al Hadid ayat 18:

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapatkan pahala yang mulia.

Maka ketika bersedekah dan berbagi sesungguhnya yang memberi itulah yang menerima. Menerima pahala yang mulia dari Allah sebagai ganjaran dari kebaikan yang telah dilakukan. 















Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.