catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Langkah-langkah Membuat KTP dan KK Digital Sidoarjo

 "KTP Digital direncanakan akan mulai berlaku di Juni 2024" begitu kira-kira isi berita yang saya baca di portal berita. Panik nggak panik nggak. Pikir saya waktu itu E-KTP ini bakal diganti oleh KTP Digital. Buru-buru deh bilang ke suami. Hingga akhirnya beliau rela cuti sehari buat ngurus dokumen kayak gini.

Yang jadi pemikiran saya kemudian : ini data di KTP saya ada yang gak cocok, udah gak kerja lebih dari 10 tahun tapi KTP masih tertulis "karyawan swasta" dan foto di E-KTP udah blur, ilang digerus usia apakah bisa pas ngajuin KTP Digital datanya diubah?

Suami udah coba mengunduh aplikasi "Identitas Kependudukann Digital" lalu isi data, tapi ada langkah yang mewajibkan Scan QR yang hanya bisa dilakukan pihak berwenang.

Ya udah deh, akhirnya kami datang ke Mall Pelayanan Publik di Kecamatan Sukodono. Sesampai di sana, kami disambut ramah petugas di balik kaca. Kan masih jam 8 pagi, baru buka. Mbaknya nggak minta kami ambil nomor antrian, sebab tampak kami berdua celingukan kayak gak paham mau ngapain hahaha.

Mbak pegawai kecamatan itu nanyain kami hendak mengurus apa? Waktu kami menjawab permasalahan yang kami hadapi, mbaknya menganjurkan mengurus KTP Digital.







Langkah Membuat KTP Digital:

1. Unduh "Identitas Kependudukan Digital" di ponsel masing-masing

2. Isi data : NIK, No Hp, alamat email

3. Verifikasi menggunakan foto wajah

4. Lanjutkan ke loket MPP untuk mengajukan Scan QR

5. Kita akan menerima email dari Ditjen Dukcapil yang berisi kode OTP untuk masuk pertamakalinya aplikasi KTP digital yang berisi data pribadi kita (setelah bisa mengakses KTP Digital, sangat dianjurkan untuk mengganti nomor PIN tersebut)

Penasaran dong dengan hasil akhit KTP Digital. Wah ternyata perubahan data yang saya ajukan langsung diupdate saat itu juga. Foto yang tampak di layar ponsel juga muncul dengan baik, tidak buram seperti di KTP Elektronik saya yang sudah aus. 

KTP Digital ini juga bisa dimintakan cetakan/KTP Fisik. Kalau di Sidoarjo pemohon bisa mengajukan melalui website khusus : plavon.sidoarjokab.go.id

langkah-langkahnya:

1. Buat akun di website tersebut

2. Masuk menu cetak KTP (cetak ulang/hilang)

3. Pilih lokasi pengambilan (MPP/MPP Kecamatan)

4. Cek status, jika muncul notif sudah selesai maka bisa diambil di lokasi pengambilan

5. Syarat untuk mengambil KTP tersebut adalah : KTP dan KK asli serta berita kehilangan KTP untuk alasan cetak ulang karena KTP hilang.

Nah mumpung sudah berada di MPP kantor kecamatan sekalian aja mengajukan KK Digital.

Langkah Mengajukan KK Digital

1. Bawa KK asli dan KTP

2. Tunggu mendapat panggilan di loket

3. Pihak pemohon KK Digital akan diwawancarai berkaitan dengan data KK yang perlu diupdate sesuai perubahan terbaru. Misalnya, pendidikan terakhir anak sulung kami yang di KK lama masih tertulis SD, maka akan diubah menjadi SMA sesuai update terbaru sebab ia sekarang sudah duduk di bangku kuliah.

4. Pihak pemohon akan menerima email dari Ditjen Dukcapil manakala KK Digital sudah masuk data base disertai perubahan terbaru. Subyek email disertai tulisan CETAK MANDIRI

5. Jika ingin mencetak KK Digital bisa mengklil QR Code yang tertera di dalam email

KK Digital ini bisa dicetak sendiri di rumah, dan tidak perlu tanda tangan Kadit Dukcapil atau Kepala Keluarga sebab sudah terdapat QR Code sebagai gantinya.

Mudah kan? 

Share:

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.