catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Masjid-masjid Wisata Religi Penawan Hati

Masjid tak hanya tempat ibadah bagi umat muslim. Meski fungsi utamanya adalah tempat untuk sholat dan mengaji, namun kini berbagai masjid dipercantik sedemikian rupa sehingga tampil layak sebagai wisata religi. Sebagai obyek wisata, beberapa masjid terkenal akan daya tarik bentuk bangunan, ornamen, pemandangan alam di sekitarnya serta aktivitas sosialnya menarik dan menggetarkan hati agar terketuk untuk mengagungkan asma Illahi.

Beberapa masjid di Indonesia terkenal karena daya tariknya yang membuatnya jadi fenomenal. Beberapa masjid wisata religi yang pernah saya singgahi adalah:


1. Masjid Al Akbar, Surabaya

Masjid nasional kebanggaan masyarakat provinsi Jawa Timur ini terletak di jalan raya Wisma Pagesangan, Jambangan Surabaya, dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995 atas gagasan walikota Surabaya saat itu H. Soenarto. Pembangunan masjid yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Wapres Try Sutrisno ini sempat berhenti selama sekitar empat tahun karena krisis moneter . Setelah pembangunan dilanjutkan pada tahun 1999 dan diresmikan Presiden KH Abdurrahman Wahid pada tahun 2000, Masjid Al Akbar berdiri megah dan menjadi salah satu ikon wisata religi di Jawa Timur

Masjid Al Akbar berdiri di atas tanah seluas 11.2 hektar dengan luas bangunan 28.509 meter persegi. Masjid berkubah warna biru ini mampu menampung hingga 36.000 jamaah dan menjadi salah satu tujuan para pelancong, rombongan karya wisata yang ingin menunaikan sholat. Masjid Al Akbar berfungsi layaknya Islamic centre sebab ada kajian rutin sebagai salah satu aktivitasnya. Saat bulan Ramadan Masjid Al Akbar terutama di 10 malam terakhir menjadi tujuan jamaah untuk beriktikaf.


Masjid Al Akbar, Dokpri



2. Masjid Al Hakim, Padang
Masjid Al Hakim berada di kota Padang, Sumatera Barat. Saya dan keluarga mampir di Masjid Al Hakim saat menghadiri akad nikah dan resepsi keponakan yang menikah dengan Uni Padang. Takjub memandang arsitektur Masjid Al Hakim yang sangat cantik dengan dominasi warna putih. Letak masjid yang tak jauh dari bibir pantai Padang menjadi daya tarik tersendiri. 
Terbayang indahnya pemandangan senja menjelang Maghrib dengan menikmati pemandangan pantai dari masjid ini. Sayang kami mampir untuk sholat Ashar dan tidak bisa berlama-lama. Meski demikian bersyukur sempat menikmati keindahan panorama pantai dan kemegahan Masjid Al Hakim.
Masjid Al Hakim Padang, Dokpri

3. Masjid Jogokariyan
Masjid Jogokariyan, Dokpri



Hampir semua umat muslim di Indonesia kenal dengan Masjid Jogokariyan yang fenomenal. Dari segi arsitektur masjid yang berada di daerah Selatan Yogyakarta ini biasa-biasa saja, sangat sederhana. Yang membuat Masjid Jogokariyan istimewa adalah sepak terjangnya dalam memberdayakan umat. Sistem manajemen keuangan masjid NOL persen menjadi bagian dari daya tarik masjid Jogokariyan. Setiap infaq, sedekah, wakaf dari jamaah yang dititipkan ke Masjid Jogokariyan segera disalurkan ke berbagai pihak yang berhak sehingga tidak ada ceritanya masjid menyimpang uang hingga ratusan juta rupiah.
Masjid Jogokariyan yang berdiri sejak juga terkenal dengan jamaah masjidnya yang membludak tak hanya saat sholat Jumat dan tarawih di bulan Ramadan. Di setiap lima waktu sholat wajib, para jamaah memenuhi masjid untuk mendirikan sholat berjamaah. Di bulan Ramadan Masjid Jogokariyan menyiapkan sajian berbuka gratis hingga 3000 porsi setiap hari. Setiap bada Isya dan sholat tarawih serta bada subuh Masjid Jogokariyan rutin mengadakan kajian. 
Yang tak kalah menarik adalah even Kampung Ramadan Jogokariyan yang diramaikan berbagai penjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa setiap bada Ashar hingga menjelang Maghrib. 

4. Masjid Namira, Lamongan
Masjid Namira didirikan oleh pengusaha kaya asal Lamongan Helmy Riza. Masjid yang terletak di Jalan Raya Mantup, Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung Lamongan ini awalnya hanya mampu menampung sekitar 500 jamaah dalam bangunan seluas 1100 meter perseg yang berdiri di atas lahan seluas 0.9 hektar.
Pada tahun 2 Oktober 2016 Masjid Namira memiliki bangunan baru yang lebih luas dan menjorok lebih kedalam. Bangunan baru masjid ini mampu menampung 2500 jamaah.
Di bagian sisi masjid terdapat taman dan kolam ikan yang luas dan indah. Salah satu daya tarik Masjid Namira adalah interior masjid yang indah, atap masjid berhiaskan kaligrafi bertuliskan asma Allah dan bekas kiswah Kabah yang terletak di dinding mihrab imam.

Masjid Namira, Dokpri

Berbagai masjid yang indah menarik sebagai tujuan wisata religi. Namun jangan lupa untuk istiqomah mengunjungi masjid terdekat dengan rumah dan memakmurkannya dengan segala aktivitas ibadah.
Masjid Al Ukhuwwah, Perumahan Permata Sukodono Raya, Dokpri

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.