catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tentang Usia 40 Tahun


Akhir-akhir ini saya seperti diingatkan Allah tentang usia. Beberapa orang terkenal, atau yang saya kenal meninggal dunia di usia belum 50 tahun, masih sebaya dengan saya atau di sekitar usia 45-47 tahunan. 
Terbaru adalah meninggalnya aktor Iqbal Paquila. Maut datang tanpa diduga, membuat kita merenung bagaimana kelak cara meninggal kita, sudah cukupkah bekal ketika waktunya tiba?

Pada khotbah sholat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriyah di Lapangan Sepakbola Sukodono yang lalu, khotib mengangkat tema tentang krusialnya usia 40 tahun hingga Allah menurunkan peringatan dalam Al Qur'an

QS Al Ahqaf  (surat ke-46): ayat 15

“…sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”




Khotib sholat Idulftri mengulas bahwa setidaknya ada empat hal yang diharapkan Allah dari manusia yang telah mencapai usia 40 tahun.

1.  Menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur dan berterimakasih
Bersyukur kepada Allah, serta berterimakasih kepada orang tua karena telah melahirkan, mendidik, membimbing hingga kita berusia 40 tahun. 
Pandai bersyukur adalah anugerah yang tak terkira nilainya. Sebab dengan bersyukur hidup terasa lapang, lempeng tanpa banyak drama.
2. Beribadah, beramal shalih dengan niat lillahi ta'ala. 
Beramal hanya karena berharap ridho Allah adalah kunci diterimanya amal-amal kita. Terbayang kan betapa mengerikan kelak di akherat jika segala amal di dunia tertolak karena dilakukan bukan karena iman kepada Allah
3.  Lihat kembali, renungkan apakah anak-anak, keturunan kita sudah dikenalkan kepada Allah dengan baik
Mendidik anak-anak agar menjalankan syariat Allah dengan baik dan benar adalah kewajiban orang tua. Ketika usia sudah 40 tahun renungkan kembali, apakah anak-anak kita sudah benar-benar beriman dan bertaqwa kepada Allah
4.   Bersungguh-sungguh untuk bertobat
Seiring bertambahnya usia sudah selayaknya kita semakin dekat kepada Allah dan bersungguh-sungguh dalam bertobat. Bukankah semakin bertambah usia berarti umur di dunia semakin berkurang dan kematian semakin dekat?


Bersama tetangga bestie teman ngaji, Dokpri

Bersama bestie zaman kuliah dulu, Dokpri

Semoga catatan kecil ini menjadi pengingat di penghujung bulan kelahiranku. Agar kelak saat berpulang, husnul khotimah menjadi penerang.

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.