catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Hikmah di Balik Sedekah

 


Awal Ramadan 1444 H majelis taklim tempat saya menuntut ilmu, mengaji dan berbagi cerita bersama teman-teman mengadakan bakti sosial dengan tema Sejuta Cinta untuk Dhuafa. Acara bakti sosial tahun ini diselenggarakan pada 25 Maret 2023 atau tanggal 3 Ramadan 1444 H

Acara berbagi ini rutin kami adakan setiap tahun dengan rangkaian acara : berdizikir bersama (membaca doa dan dzikir Al Matsurat), mendengarkan tausiyah Ustadzah Lina dan pembagian sembako bagi kaum dhuafa. Terkadang bagi yang hadir dapat membawa nasi atau kue kotak untuk dibawa pulang.

Sumber dana untuk bakti sosial berasal dari infaq anggota pengajian setiap kali pertemuan taklim dan juga dari donatur.

Mengapa kami rutin mengadakan acara berbagi? Sebab bersedekah mengandung banyak hikmah, antara lain:
1. Siapa yang memberi dialah yang menerima
Allah telah menjanjikan ganjaran pahala bagi yang mau berinfaq dan bersedekah. Dalam Al Qur'an ditegaskan bahwa Allah akan mengganjar 700 kali lipat bagi yang bersedekah ikhlas karena Allah. Perintah untuk berzakat dalam Al Qur'an sering dikaitkan dengan perintah sholat. Wa aqimus shalata wa atuz zakata (dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat) Hal ini mengandung pesan dari Allah bahwa kepedulian sosial terhadap sesama manusia dengan berzakat, sama pentingnya dengan ibadah yang langsung terkait dengan Allah yaitu sholat. Maka dengan melaksanakan perintah Allah untuk peduli kepada sesama manusia, Allah pasti memberikan ganjarannya
2. Melembutkan hati
Berbagi adalah sarana melembutkan hati. Dengan melihat bahwa di luar sana banyak orang yang lebih susah dari kita bisa menjadi salah satu penyebab lembutnya hati. Agar kita lebih mampu bersyukur atas segala karunia Illahi. Betapa sering kita merasa paling susah dengan segala ujian kehidupan, padahal mungkin yang kita alami tidak seberapa dibandingkan kesusahan hidup yang diderita kaum dhuafa.
3. Membangun tim
Acara bakti sosial selalu melibatkan banyak orang. Di sinilah kekompakan suatu tim/panitia diuji. Acara bakti sosial memberikan ruang agar bisa bekerja sama dengan orang lain. Agar acara berjalan lancar masing-masing orang yang terlibat harus bisa menekan egonya, menerima kritik dan saran sehingga bisa saling memahami satu sama lain.
4. Memotivasi untuk giat berkarya
Bersedekah dan berinfaq adalah salah satu jenis ibadah yang membutuhkan harta. Rutin berinfaq atau terjun dalam bakti sosial bisa memotivasi untuk giat bekerja, mencari nafkah, menyisihkan pendapatan sebab semakin banyak yang bisa kita kumpulkan artinya bisa semakin banyak yang bisa dibagikan kepada yang membutuhkan. Bagi yang penghasilannya tidak pasti setiap bulan, acara bakti sosial ini memotivasi untuk cerdas mengelola keuangan dengan cara menabung agar bisa berbagi kepada sesama.

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.