catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Lima Tips Bugar Berpuasa

 

Ramadan telah memasuki sepuluh hari terakhir.  Sedih, sebab kualitas dan kuantitas ibadah selama Ramadan rasanya belum optimal, kurang khusyu’, ibadah dan infaq kurang banyak, kualitas puasa terkadang terkotori oleh hal-hal yang merusak pahala puasa, seperti terbawa emosi dan lain-ain penyakit hati. Target pencapaian tadarus dan tarjamah Al Qur’an masih tertatih sepanjang jalan. Namun bersyukur karena masih dikaruniai kesehatan dan kami sekeluarga bisa berpuasa penuh tanpa ada halangan dan hambatan, mungkinkah karena Allah ridho dengan lima tips bugar berpuasa yang kami terapkan?

Tips Bugar Berpuasa

Tips bugar berpuasa memang perlu istiqomah diterapkan sebab berpuasa adalah ibadah fisik dan mental yang butuh stamina tubuh yang tangguh. Bayangkan jika berpuasa dalam kondisi kurang sehat atau menderita gangguan metabolisme tubuh, tentu rasanya tak nyaman. Maka menerapkan langkah-langkah khusus untuk mengantisipasi serangan penyakit perlu diupayakan.
Yuk terapkan lima tips bugar berpuasa, Dokpri


Lima tips bugar berpuasa Ramadan adalah sebagai berikut:

     1. Perhatikan asupan cairan

    Minum air putih sekitar delapan gelas sehari. Meski berpuasa, bukan berarti  mengurangi     kebutuhan air minum. Kami sekeluarga jurus 2 + 4 + 2 yaitu mengonsumsi 8 gelas air        sehari dengan cara bertahap: yaitu 2 gelas waktu berbuka dengan cara 1 gelas saat               mengawali buka puasa dengan kurma, 1 gelas setelah makan utama. 4 gelas adalah saat         malam hari yaitu 2 selama tarawih dengan membawa bekal minum, 1 gelas usai                    tarawih, 1 gelas menjelang tidur. 2 gelas saat sahur yaitu 1 gelas menjelang sahur dan     1     gelas usai santap sahur.

      2.  Mengonsumsi makanan bergizi

Sistem kekebalan tubuh sangat ditunjang oleh kecukupan gizi, terutama kecukupan vitamin dan mineral. Kedua zat ini bisa diperoleh dari sayur dan buah. Menyajikan menu bergizi telah menjadi tugas saya sebagai koki rumah. Sebisa mungkin dalam menu berbuka atau sahur selalu menyertakan sayur atau buah. Sesekali sahur dengan mi instan boleh, tapi tambahkan sayur seperti sawi dan juga cabe rawit untuk menambah asupan vitamin C

3.  Cukup istirahat

Hindari begadang dan biasakan tidur siang, begitu yang saya katakan pada anak-anak. Maka paling lambat jam 22.00 WIB kami sudah merebahkan tubuh di atas kasur untuk istirahat malam. Siang seusai dhuhur hingga menjelang ashar adalah waktu yang tepat untuk rehat.


4.  Menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah dalam berpuasa

Mengawalkan waktu berbuka dan mengakhirkan waktu sahur adalah sunnah Rasulullah dalam berpuasa. Saya membiasakan makan kurma dalam jumlah ganjil dan minum air putih untuk berbuka puasa segera saat adzan Maghrib dari masjid terdekat berkumandang. Kami juga mengakhirkan waktu sahur. Anak-anak biasa saya bangunkan jam 3.30 WIB untuk santap sahur sebab adzan subuh di daerah kami sekitar jam 4.16 WIB


5.  Berolahraga ringan

Berpuasa bukan halangan untuk berolahraga tetapi pilih olahraga ringan yang tidak menguras tenaga. Saya menyempatkan diri untuk jalan pagi di akhir pekan meski hanya sekitar 30 menit saja. Selain itu memperbanyak sholat-sholat sunnah sama halnya dengan berolahraga. Sebab ketika melakukan gerakan sholat setiap sendi tubuh bergerak, mulai dari kepala, leher, tangan, kaki dengan batasan kaidah sesuai aturan sholat dalam posisi berdiri, ruku’ dan sujud.

 

Di sepuluh hari terakhir Ramadan tentu kita tak ingin kualitas dan kuantitas ibadah kedodoran. Maka lima tips bugar berpuasa tersebut kami terapkan secara konsisten dengan harapan agar stamina tubuh tetap prima hingga saat berlebaran.

 

Share:

1 comment:

  1. Saat puasa seringnya jadi lesu dan kusut karena malas mau melakukan kegiatan, makan juga berkurang, dan lainnya. Berakhir melakukan kegiatan bersantai seperti rebahan sambil scroll medsos, tidur, nonton TV, dan lainnya. Mantep ini bisa diterapkan, terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.