Memiliki mobil baru bukan berarti lalu santai
seperti di pantai. Perawatan kendaraan secara berkala harus dilakukan agar
kondisinya tetap prima dan layak pakai. Sibuk dan ogah antri di bengkel untuk
servis kendaraan? Layanan Home Service
menjadi jawaban. Layanan Home Service
memberikan jalan keluar yang paling mudah dan berkompromi dengan kesulitan
konsumen. Layanan Home Service adalah
layanan bengkel resmi yang disediakan diler pabrikan otomotif dan ditujukan
untuk pelayanan jemput bola atau langsung datang ke kediaman atau tempat kerja
konsumen untuk keperluan melakukan perawatan mesin kendaraan.
Layanan bengkel Home
Service memudahkan konsumen melakukan perawatan kendaraan di rumah sesuai dengan
waktu yang diinginkan. Mobil tetap prima tanpa harus meninggalkan rumah.
Layanan Home Service merupakan bentuk
fasilitas after sales sekaligus juga
membantu konsumen merawat kendaraan dalam segala kesempatan. Hampir semua
pabrikan otomotif terkemuka di Indonesia menawarkan Layanan Home Service, termasuk di antaranya
Honda dan Toyota. Seperti apakah bentuk layanan mereka berikut adalah
penjelasan ringkasnya.
Layanan Home Service Honda
Honda,
merupakan pabrikan otomotif motor dan mobil sehingga memiliki dua jenis Layanan
Home Service yang berbeda untuk
keduanya. Layanan Home Service Honda
untuk roda dua disediakan di bengkel resmi motor Honda yaitu AHASS Honda
Home Service di beberapa kota.
Sedangkan Layanan Home Service mobil Honda dilayani oleh Honda Prospect Motor dalam
program Honda Mobile Service yang
melayani servis mobil kapanpun dan di manapun.
Layanan
Honda Mobile Service memberikan
fasilitas Road Assistance Service (RAS), Home
Service dan Pick Up Service. Program
ini merupakan layanan untuk
melengkapi fasilitas diler dan bentuk kepedulian terhadap konsumen Honda. Road Assistance Service adalah layanan
khusus untuk melayani konsumen yang mengalami kondisi darurat di perjalanan. Petugas
dari bengkel resmi Honda akan mendatangi lokasi menggunakan mobil atau motor
servis. Layanan RAS ini merupakan layanan darurat ringan meliputi penambalan
ban bocor, penggantian ban, penggantian baterai, penggantian kaliper rem, penggantian
kampas rem atau penggantian shock absorber.
Sedangkan
Layanan Home Service dan Pick Up Service Honda adalah layanan
jemput bola untuk kondisi non darurat alias perawatan rutin. Layanan Home Service Honda adalah layanan yang
memungkinkan konsumen untuk tetap di rumah sedangkan petugas bengkel akan
mendatangi lokasi mobil konsumen di rumah atau kantor pelanggan dan melakukan
servis langsung di tempat. Sedangkan layanan Pick Up Service adalah layanan yang
memungkinkan petugas dari bengkel resmi Honda untuk menjemput mobil konsumen
dan melakukan servis berkala di bengkel resmi tersebut.
![]() |
Peluncuran Honda Mobile Service, sumber foto otosia.com |
Armada
Honda Mobile Service menggunakan mobil Honda Freed yang telah dimodifikasi.
Armada ini dilengkapi fasilitas servis seperti genset, electrical battery tester, toolbox, electric engine oil
changer, battery area dan bangku untuk tempat duduk serta air untuk mencuci
tangan. Sedangkan armada motornya dilengkapi peralatan standard servis seperti battery tester, air compresor, jumper cable,
engine oil, oil changer, tools bag, battery, tyre and repair kit. Armada
motor ini memiliki kelebihan dalam hal akses menuju lokasi kendaraan konsumen,
terutama untuk menembus lalu lintas yang macet dan mencari jalan alternatif
menuju tujuan.
Honda
Mobile Service tersedia di semua
diler resmi Honda di seluruh Indonesia dengan biaya yang sama dengan biaya
servis di bengkel resmi Honda ditambah biaya jasa sesuai kota dan daerah
masing-masing.
Toyota
Home Service
Toyota
merupakan pabrikan otomotif roda empat sehingga layanan Home Servicenya untuk mobil Toyota saja. Toyota Home Service merupakan salah satu
fasilitas pelayanan dari Toyota untuk melakukan servis kunjungan ke kediaman
atau tempat kerja pelanggan, tentunya untuk memberikan kemudahan bagi pemilik
mobil Toyota yang tidak sempat datang ke bengkel dengan berbagai alasan.
![]() |
Formulir pendaftaran layanan THS, sumber foto https://auto2000.co.id/page/toyota_home_service |
Tidak
seperti Honda yang membagi layanan untuk kondisi darurat dan layanan servis
berkala Toyota hanya memiliki layanan Toyota Home Service (THS). Kendaraan THS ini berupa mobil dan motor yang
didesain secara khusus. Saat ini THS menggunakan unit Toyota Avanza dengan
peralatan lengkap untuk servis dan perbaikan kendaraan didukung berbagi
fasilitas operasional seperti alat komunikasi, SST, tools, kompresor, EDC, buku peta perjalanan, wadah pembuangan
limbah, alat uji emisi dan inteligent tester.
Menu
order THS meliputi layanan servis standar seperti ganti oli, tune up engine, servis berkala internal,
perawatan 1000 KM dan 5000 KM dan perbaikan ringan yang diperkirakan makan
waktu di bawah dua jam. Untuk mendapatkan layanan THS ini konsumen mobil Toyota
tidak dikenai biaya kunjungan. Konsumen juga mendapatkan harga jasa dan suku
cadang sama dengan di bengkel, mendapatkan garansi servis sama persis dengan di
bengkel resmi Toyota dan tentunya kenyamanan secara pribadi karena aktivitas
pelanggan tidak terganggu hanya karena harus menunggu selesainya perbaikan dan
servis kendaraan. Pelanggan pun dapat melihat langsung proses perawatan dan
perbaikan kendaraan jika tertarik untuk menyaksikan tanpa harus antri di
bengkel resmi Toyota.
No comments:
Post a Comment