catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tips Sukses Berpuasa di Bulan Ramadan

Alhamdulillah Ramadan 1445 Hijriyah telah tiba. Sebuah karunia luar biasa dipertemukan dengan bulan mulia dalam keadaan sehat, aman dan sentosa. Renungkan kembali, tahun lalu tetangga, sahabat, teman dekat, sanak saudara mungkin masih mampu berpuasa Ramadan dalam keadaan sehat dan gembira. Namun tahun ini bisa jadi mereka telah tiada.

Maka sudah sepatutnya bagi kita untuk berpuasa Ramadan dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk rasa syukur terhadap Sang Pencipta.

Berpuasa tak hanya menahan diri dari lapar dan dahaga



Tips sukses berpuasa di bulan Ramadan merupakan kunci agar kita memahami esensi berpuasa sehingga tak hanya mendapatkan lapar dan dahaga.

Bagaimana tips berpuasa di bulan Ramadan?

1. Luruskan niat karena Allah semata

Jangan pernah niat berpuasa karena sungkan dengan tetangga. Pahami bahwa berpuasa Ramadan adalah syariat yang wajib ditunaikan seorang muslim

2. Jaga kondisi tubuh

Berpuasa dalam keadaan sehat membantu meraih hasil maksimal. Jaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit selama berpuasa. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat saat berbuka dan santap sahur, rutin berolah raga ringan serta tidak begadang.

3. Ikuti sunnah-sunnah berpuasa

Dalam sunnah-sunnah berpuasa yang diajarkan Rasulullah terdapat hikmah yang sangat besar. Sunnah berpuasa itu antara lain:

a. menyegerakan berbuka

Tak perlu mengulur waktu untuk berbuka. Begitu terdengar adzan Maghrib segeralah berbuka. Mengulur waktu berbuka hanya akan menyebabkan tubuh lemas sehingga sulit konsentrasi dalam ibadah sholat Maghrib dan Isya'

b. Berbuka dengan seteguk air dan kurma

Buah kurma mengandung energi yang cukup besar dan mudah diserap tubuh. Seteguk air tak hanya menghilangkan dahaga namun juga mencegah tubuh dari dehidrasi.

c. Mengakhirkan waktu sahur

Semakin akhir waktu sahur maka cadangan energi dalam tubuh akan semakin terjaga.

d. Pahami esensi berpuasa

Berpuasa tidak hanya menahan diri dari lapar dan dahaga. Agar mencapai tips sukses berpuasa bulan Ramadan pahami esensi dari berpuasa. Rasulullah dalam sebuah hadits telah mengingatkan bahwa berpuasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum tetapi juga dari perbuatan maksiat dan perkataan sia-sia. Jaga diri agar tidak melakukan maksiat dan dosa seperti terlalu banyak tidur, berghibah, memfitnah dan menderita berbagai penyakit hati lainnya. Jaga lisan dari perkataan yang kotor seperti mengecam, mengumpat atau berkata bohong. Jika tidak bisa berkata baik lebih baik diam.

Share:

1 comment:

  1. kadang aku kalau pas waktu adzan cuman minum es atau yang dingin-dingin aja, trus makannya masih nanti :D
    kadang juga langsung makan besar. Dan biasanya nggak sampe kenyang banget mbak, soalnya kalau traweh bikin ngantuk juga

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.