catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Tips Cantik dan Bugar Selama Berpuasa

"Kok pucat dan loyo sih, mentang-mentang lagi puasa ya?" Pernah ditegur seperti itu, lalu apa yang harus kita lakukan menanggapi teguran itu? Kalau saya sih harus introspeksi, apakah benar saya sepucat itu?
Berpuasa adalah aktivitas membatasi makan dan minum di jam tertentu itu benar, tetapi berpuasa bukan berarti menyebabkan dehidrasi atau kurang gizi. Meski berpuasa sekitar 12 jam sehari, asupan nutrisi dan kebutuhan air dalam tubuh harus tetap terpenuhi.

Apa Akibat Dehidrasi dan Kekurangan Nutrisi?

Kekurangan nutrisi dan dehidrasi pada tubuh bisa menyebabkan banyak hal yaitu:
1. Metabolisme tubuh terganggu
Jika metabolisme tubuh terganggu maka dampak buruk akan mengikutinya. Gangguan pencernaan, keluhan pada sendi dan tulang, gangguan pernapasan, hingga menyebabkan anemia dan insomnia. Keluhan sembelit, rasa tidak nyaman di tenggorokan juga bisa muncul karena metabolisme tubuh yang terganggu.
2. Sulit konsentrasi
Jika tubuh kekurangan air maka akan menyebabkan lesu, letih, loyo dan lemas. Fokus dan konsentrasi juga terganggu. Otak tidak bisa digunakan berpikir jernih sehingga berpengaruh pada produktivitas kerja.
3. Penampilan fisik menurun
Ketika tubuh kekurangan air maka akan berpengaruh pada penampilan fisik pada umumnya. Kulit wajah tampak kusam, kulit tubuh bersisik dan kering. Duh penampilan jadi tidak menarik dan bikin rendah diri yee kaan.

Tips Tetap Cantik dan Bugar Selama Berpuasa

Lalu bagaimana agar tetap cantik dan bugar selama berpuasa? berikut ini hal-hal yang patut diperhatikan
1. Konsumsi kurma, buah dan sayur
Saat sahur dan berbuka jangan lupakan mengonsumsi kurma, buah dan sayuran, Tiga bahan makanan ini sangat dibutuhkan sebagai sumber kalori, vitamin dan mineral. Tanpa vitamin dan mineral sistem imun dalam tubuh akan semakin menurun daya tahannya sehingga tubuh mudah terpapar gangguan kesehatan dan berbagai penyakit.
Tips Tetap Cantik Dan Bugar Selama Berpuasa, Pixabay (Momozagalo)

2. Pastikan kebutuhan air minum terpenuhi
Berapa banyak kebutuhan tubuh akan air? kebanyakan para ahli gizi berpendapat bahwa tubuh minimal membutuhkan delapan gelas sedang air minum. Kalau pas berpuasa gimana dong? triknya adalah mengalokasikan air minum pada saat sahur dan berbuka serta di antara waktu keduanya. Saat berbuka puasa minum segelas air dan kurma. Usai makan utama minum satu gelas air. Saat tarawaih bawa botol minum dan selama masa rehat di antara dua rokaat sempatkan minum hingga habis kira-kira tiga gelas. Sebelum tidur minum segelas air. Bangun tidur menjelang sahur minum segelas air. Setelah santap sahur sebelum adzan subuh minu segelas air

3. Gunakan skincare jika perlu
Skincare apa nih yang cocok digunakan saat bulan puasa. Bagi saya tidak ada skincare khusus karena kulit saya cenderung normal. Biasanya saya hanya mengenakan sabun wajah. Untuk menjaga kelembutan kulit saya mengenakan lotion usai mandi. Sesekali scrubbing kulit menggunakan lulur agar kotoran kulit dan sel kulit mati bisa digelontor. Bagi yang memiliki kulit kering rajin-rajin aja ngolesin pelembap wajah agar kulit wajah tetap lembap

4. Olahraga tipis-tipis
Bulan puasa ga usah olahraga berat deh. Seperti biasa saya menyempatkan jalan kaki pagi hari sambil menggerak-gerakkan tangan selama berjalan. Olahraga ringan ini membantu peredaran darah lebih lancar sehingga membantu kelancaran metabolisme tubuh.

Kalau kalian punya tips cantik dan bugar selama berpuasa seperti apa teman-teman? Tulis deh di blog kalian atau sharing di kolom komentar. 
Share:

2 comments:

  1. sebenernya minum air putih sangat dianjurkan, aku justru malah jarang minum air putih dan lebih sering beli es-es
    olahraga kalau bisa yang ringan kayak joging, ehh malah mager duluan
    kalau skincare malah rajin, karena ga mau kulit terlihat kering

    ReplyDelete
  2. Skincare, air putih dan olahraga itu udah kayak kebiasaan yg ga akan mungkin aku skip mba 🤭. Saking udah terbiasanya. Skincare aku terbiasa 10 Korean steps, dan kalo ada 1 aja diskip, itu lgs berasa ga enak. Gitu juga olahraga. Wali puasa aku ga akan mau libur. Ga kebayang otot badan yg udah terlatih kalo disuruh istirahat sebulan, yg ada selesai ramadhan aku hrs ulang lagi dari awal utk membiasakan otot2😅. Apalagi workout yg aku lakuin seringnya olahraga beban.

    Intinya memang harus niat kuat sih, dan menjadikan 3 kebiasaan ini sebagai hobi. Jadi bakal susah utk skip 😘

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.