catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Praktek Resep Baru untuk Buka dan Sahur

 Ayam, ikan, telur, daging. Udah deh empat bahan itu jadi bahan lu lagi lu lagi di dapur keluarga. Saya yang masak aja bosan, apalagi anak-anak dan suami yang makan ya hahaha. Untungnya mereka nggak komplain dan mau makan apa aja yang tersedia di meja makan. Hahaha biasanya kalau menunya nggak cocok mereka bikin sendiri makanan yang praktis seperti nggoreng nugget atau bikin dadar, atau kalau lagi mager ya buka aplikasi beli makanan online wkwkwk.

Tapi kan kalau beli terus-terusan bisa berabe. Segala macam tips menghemat anggaran belanja bubar jalan karena fakta tidak sesuai harapan. Maka sebagai koki keluarga saya berusaha memutar otak mendapatkan ide baru dalam menyajikan menu yang sekiranya mengalihkan perhatian dari rasa bosan.

Ilmu googling resep dipraktekkan. Oya, jangan pernah menyepelekan orang yang sering save dan share resep tapi entah kapan resep-resep itu dipraktekkan. Yakinlah akan ada saat yang tepat bagi semua harapan dikabulkan.

Akhirnya saya pun menemukan menu baru yaitu ayam popcorn dari Youtube Devina Hermawan. Kok antik banget namanya, apa kaitannya dengan popcorn yang biasa dinikmati sambil nonton? Ternyata keunikan resep ayam popcorn ini pada potongan kecil ayam yang digoreng hingga crispy hingga mirip popcorn. 

Ayam Popocorn, Sumber : YT Devina Hermawan


Cara membuatnya mudah banget dan bahannya juga mudah didapat.

Bahan:

fillet ayam bagian dada

tepung terigu 100 gram

tepung maizena 100 gram

Bawang putih bubuk secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Bawang bombay secukupnya

Susu atau air secukupnya untuk campuran bumbu marinasi

Kaldu ayam bubuk secukupnya

Saos sambal 

Cara Membuat:

1. Daging ayam fillet dipotong kecil, bentuk dadu agak miring

2. Siapkan bumbu marinasi : bawang putih, bawang bombay dan susu, merica bubuk, diaduk atau dihaluskan dengan diblender hingga tercampur seluruhnya.

3. Masukkan potongan ayam ke dalam larutan marinasi. Simpan di lemari es minimal 15 menit

4. Siapkan tepung yang terdiri dari campuran tepung terigu dan tepung maizena. Bubuhkan sedikit baking powder agar ayam bertepung bisa mengembang. Tambahkan bawang putih bubuk. 

5. Celupkan potongan ayam sambil digulirkan ke dalam campuran tepung. Cubit-cubit agar mengembang.

6. Goreng dalam minyak panas

7. Sajikan bersama saos sambal

Ternyata percobaan pertamaku hasilnya enak banget. Daging ayamnya juicy dan tepungnya crispy. Suami juga turut mencicipi saat berbuka puasa, padahal dia biasanya tidak terlalu suka masakan ayam crispy. Boleh deh dicoba kapan lagi.

Tips Memasak Agar Tidak Mudah Bosan

Sedih kan ya, jika kita sudah susah payah memasak ternyata nggak dihabiskan oleh orang-orang tercinta. Belajar dari pengalaman maka saya punya catatan khusus tentang bagaimana mengatur menu agar tidak membosankan:
1. Variasi bahan makanan
Sebisa mungkin menghindari menyajikan bahan makanan yang sama beberapa hari berturut-turut. Meski favorit sekalipun setiap hari makan berbahan ayam atau ikan terus menerus pasti akan cepat bosan
2. Cobain menu para chef (Recook)
Boleh deh coba praktek resep dari para chef, bisa intip di youtube mereka. Yang gampang-gampang aja seperti resep Devina Hermawan. Misal ada bahan yang sulit didapat bisa kok diantisipasi dengan membuat variasi dan inovasi sendiri. Seperti resep ayam popcorn, misalnya ngga suka susu cukup diganti dengan air putih dibubuhi merica sebagai perasa gurih
3. Sajikan hangat
Segala makanan yang disajikan hangat lebih menarik deh. Makanan sebaiknya disajikan fresh from the wajan, pasti lebih menerbitkan selera.

Sudah siap masak ayam popcorn buat buka puasa atau sahur nanti? Yuuk mari kita coba bersama.


Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.