catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Enaknya Punya Teman Blogger Itu...

 

Ning Blogger Surabaya, Dokumen rame-rame


Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai individu, sepandai apapun, sekaya apapun tidak akan bisa berdiri sendiri, senantiasa memerlukan orang lain dalam aktivitas hidupnya. Contoh paling nyata adalah manusia membutuhkan sandang, pangan dan papan untuk agar hidup layak. Dalam upaya mencukupi kebutuhannya senantiasa melibatkan orang lain untuk produksi pangan, sandang dan papan. 

Tidak hanya di dunia nyata, hidup di dunia maya/digital juga dapat dikondisikan sebagai lingkungan atau masyarakat. Maka blogger sebagai penggiat dunia maya digital juga butuh bantuan dan interaksi dengan blogger lain. 

Interaksi antar blogger bisa terjadi karena intensitas pertemuan saat liputan. Bisa juga terjadi karena interaksi dalam komunitas blogger. Pepatah Jawa berkata "witing tresna jalaran saka kulina" yang artinya rasa suka timbul karena intensitas bertemu yang cukup sering, sepertinya seringnya blogger bertemu dalam acara blog. Sedangkan komunitas blogger memberikan ruang untuk berdiskusi antar sesama blogger meski tak bertemu tatap muka secara langsung

Keuntungan Bergabung Dengan Komunitas

Apa sih keuntungan bergabung dengan komunitas blogger, berikut adalah manfaat yang saya rasakan:

1. Rasa senasib sepenanggungan
Karena merasa senasib sepenanggungan, punya kesamaan hobi maka di antara sesama blogger akan muncul kemauan untuk saling membantu. Solidaritas tinggi ini bisa tampak ketika salah satu rekan blogger kesusahan, maka teman-temannya yang lain akan berusaha meringankan bebannya. Jika salah seorang rekan blogger butuh bantuan maka rekan-rekan sesama blogger dalam komunitas akan turun tangan mengulurkan bantuan. Mulai dari bantuan untuk sekadar blog walking atau instagram walking dengan like, komen dan share untuk meningkatkan ER hingga bantuan mencarikan job sesuai dengan niche blognya. Mungkin karena "klik" gegara kesamaan hobi dan pintu rezeki nih ya.

2. Memperluas jaringan 
Sesama komunitas blogger seringkali mengadakan gathering dan pertemuan informal. Dari pertemuan ini dapat membantu memperluas jaringan pertemanan. Bayangkan jika komunitas A bertemu dengan komunitas B, kemudian antar anggota bisa saling bertukar pikiran maka jaringan pertemanan itu kian meluas, apalagi jika di lain waktu diadakan gathering dengan komunitas C

3. Meningkatkan wawasan
Sesama blogger dalam sebuah komunitas biasa sharing ilmu dan pengetahuan. Misalnya nih program arisan ilmu atau IG talks di KEB. Acara seperti ini sangat membantu blogger meng-upgrade kemampuan di dunia blog dan influencer. Asyiknya lagi sharing classnya diadakan secara online sehingga meski dipisahkan jarak, para blogger bisa tetap mendapatkan pengetahuan yang sangat bermanfaat.

Teman Dekat dari Kalangan Blogger

Meski tidak bisa disebut sebagai blogger profesional, tetapi saya juga bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Salah satunya yang berkembang menjadi pertemanan yang cukup dekat adalah komunitas Ning Blogger Surabaya. Boleh dikatakan teman-teman blogger yang bergabung di Ning Blogger Surabaya adalah anggota KEB Surabaya hahaha. Dulu kami memang aktif di acara-acara yang diselenggarakan KEB di kota Surabaya. Di Ning Blogger Surabaya ada mbak Yuni, mbak Rahmah, mbak Tatit, mbak Wiwid, mbak Sugi, mbak Novri, mbak Triana, mbak Dwi Permita dan banyak rekan blogger perempuan yang berdomisili di Surabaya sekitarnya.

Salah satu keuntungan bergabung dengan komunitas blogger yang terhimpun karena dekatnya domisili adalah bisa janjian jika ada even blogger, biaya taxi online bisa patungan atau bahkan teman yang punya kendaraan menawarkan mobilnya untuk tumpangan. 
Serunya lagi grup WA Ning Blogger Surabaya ini bisa disebut grup WA paling random dan palu gada alias apa yang lu butuhin gue ada. Kami nggak hanya ngobrol masalah dunia blogger, tapi bisa melontarkan pertanyaan random seperti petunjuk arah, pilihan transportasi publik di Surabaya bahkan tips memilih sekolah dan berbagai pertanyaan random yang butuh jawaban. Kadang ada pembicaraan panjang kali lebar ternyata isinya gosip artis atau drama korea hahaha. Belum ada WAG seseru Ning Blogger Surabaya.

Bukan hanya diskusi dan ngobrol hal-hal yang bikin gembira, Ning Blogger Surabaya juga saling support jika ada teman yang sedang ditimpa kesusahan. Kami biasa patungan untuk sekadar menunjukkan simpati jika ada teman yang ditimpa musibah, baik itu sakit parah maupuan kehilangan anggota keluarga karena duka cita.

Berinteraksi dengan rekan-rekan blogger memang menyenangkan meski tak jarang kami juga beradu argumentasi jika bertemu atau berdiskusi di WAG. Tetapi karena memiliki kesamaan hobi (dan juga mungkin kesamaan ikhtiar mengais rezeki) kami berusaha untuk tidak menyimpan rasa dendam atau terlalu terbawa perasaan. Percayalah teman di dunia nyata maupun dunia maya sama berharganya. Saling menerima kekurangan masing-masing dan menghargai perbedaan pendapat adalah kunci agar interaksi sosial antar teman tetap terjaga.


Tips Menjaga Kualitas Pertemanan

Interaksi pertemanan adakalanya pasang surut bagai air laut. Wajarlah, berinteraksi dengan sesama manusia yang awalnya baik-baik saja, tiba-tiba muncul syak wasangka, terkadang muncul perbedaan pendapat dan adu argumentasi sehingga berdampak hingga ke dalam hati. Bagaimana caranya agar berinteraksi dengan teman, termasuk sesama teman blogger bisa tahan lama, tak menjadi musuh dalam selimut atau mengundang bahaya? Beberap tips ini mungkin bisa diterapkan:
1. Hindari adu pendapat dan bertikai di WAG
Percaya deh, bahasa lisan seringkali tidak sama dengan bahasa tulisan. Jika ngobrol langsung dengan seseorang kita mungkin bisa langsung meluruskan jika ada salah paham, langsung minta maaf jika sekiranya ada hal yang tak berkenan. Sedangkan bahasa tulisan berpotensi menimbulkan salah paham, apalagi jika tidak memperhatikan titik koma atau tanda baca.
2. Tetap jaga komunikasi meski jarang ikut gathering blogger
Chit chat sewajarnya lah meski nggak sering ikutan acara tatap muka dan gathering blogger. Tujuannya agar nggak kagok banget saat bertemu langsung.
3. Saling support
Terkadang teman blogger ada yang mengais rezeki dengan mencari mata pencaharian lain, berdagang atau jasa pemotretan. Sesekali saling supportlah dengan membeli dagangan atau membantu memperkenalkan jasa dan keahliannya melalui media sosial.
4. Hindari membandingkan antar komunitas blogger
Duh, jangan cari masalah deh. Setiap komunitas blogger punya ciri khas dan peraturan organisasi masing-masing. So, jangan pernah membandingkan organisasi blogger A dan B, lalu dibicarakan di ranah umum pula, entah di WAG Blogger atau pas gathering. Haloo mau cari teman atau cari musuh nih>

5. Ngga pelit berbagi ilmu
Kerjaan blogger nggak cuma nulis loh. Blogger juga dituntut memahami kaidah SEO agar tulisannya masuk di page one google, blogger juga perlu piawai membuat infografik dan fotografi untuk menunjang artikelnya. Boleh deh sesama rekan blogger saling berbagi ilmu kalau pas ketemu. Biarpun kelasnya informal sambil ketawa ketiwi atau rujakan tapi kan yang penting obrolan dan diskusinya bermanfaat bagi sesama teman, betul kan?


Hmm kira-kira ada tips penting lain yang perlu dimasukkan list? 
Ini ceritaku untuk tantangan Ngeblog Asyik bareng KEB tentang teman dekat di dunia blog. Apa kisah persahabatan kalian?






Share:

6 comments:

  1. Aku beberapa kali meet up dengan bloggers, bahkan waktu itu ketemuan dengan bloggers Malaysia yg blognya sering aku BW.

    Dan asyiknya yaa, ketemuan Ama bloggers itu beda dengan ketemuan Ama orang lain . Ntah kenapa aku lbih cepet akrab dan nyambung ngomongnya kalo Ama bloggers mba. Kayak udh kenal lama aja. Sama orang lain yg ga dikenal boro2. Bawaan langsung curiga dulu 🤣

    Mungkin Krn ngerasa satu visi dan passion kali yaa. Jadi klik nya langsung dapet

    ReplyDelete
  2. Wah benar banget nih, Kak memang sangat seru kalau menjadi blogger itu

    ReplyDelete
  3. Enak banget nih ya bisa bertemu dengan blogger lainnya kemudian menjadi teman hihi

    ReplyDelete
  4. Memang banyak banget nih ya keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi blogger

    ReplyDelete
  5. Benar banget nih, bisa berbagi cerita juga nih ya, Kak dengan sesama blogger

    ReplyDelete
  6. Memang bisa menambah wawasan nih ya kalau berteman dengan para blogger yang lainnya

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.