catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

7 Alasan Mengapa Harus Nonton CLOY Berulangkali

 

RiRi Couple. Netflix

Halo penggemar Drakor masih ingat adegan di atas? Oh sebentar, pertanyaannya direvisi : Halo penggemar Drakor pasti pernah nonton serial Crash Landing on You yang dibintangi Hyun Bin dan Son Ye Jin kan? Iyain ajalah, sebab ini drama korea favoritku. 
Cerita punya cerita, saya termasuk belakangan yang hobi nonton Drakor. Dulu sih suka nonton serial Oshin, eeeh salah itu mah Drama Jepang wkkwkw. "Celakanya" gara-gara teman-teman blogger di WAG Ning Blogger Surabaya ngobrol tak tentu arah tentang perDrakoran, saya pun tertarik untuk ikutan nonton di rumah. Celakanya lagi Drakor pertama yang saya tonton adalah Crash Landing On You. Bukan main, harapan saya langsung membumbung tinggi, berharap semua Drakor sebagus ini. 

Begitu takjubnya saya pada Crash Landing on You maka merasa perlu untuk menontongnya berulang kali, padahal adegan dan dialognya sampai hapal banget. Saya sempatin pula mengikuti kabar duo Binjin di media. Meski "kegilaan" saya terlambat sebab belum bergabung dengan para shipper waktu mereka ngipasin berita dating Binjin di masanya. 

Saya ingat pernah sepintas baca berita selebritis Korea nikah lengkap dengan foto pernikahan. Si laki pakai setelan jas, tinggi dan ganteng. Wanita pakai gaun pengantin putih tersenyum lebar cantik menawan. Wajah si pengantin laki mirip orang Indonesia banget menurutku. Ternyata itu foto nikahan Hyun Bin dan Son Ye Jin. Hahah dan saya bahkan belum nonton Crash Landing on You yang fenomenal.

Suatu hari saya sempatkan nonton CLOY dari Hape. Ya ampun kelar episode satu langsung ga mau brenti. Tapi masa iya harus tuntas maraton 16 episode sekaligus? Ngga guna banget  hidupku kalau cuma rebahan dan nonton. Baiklah akhirnya kubatasin sehari dua episode, kadang tiga episode tergantung lagi ada kerjaan atau keperluan penting apa enggak. 

Uniknya setelah kelar 16 episode (eh ya, saya sengaja gak baca-baca sinopsis atau nyari bocoran endingnya, biarpun serial ini sudah tayang cukup lama) lha kok saya jadi ketagihan mengulang-ulang nonton yak. Karena nonton berulang kali itu saya sampai menemukan berbagai adegan yang menurut saya janggal dan masih mengundang rasa penasaran hingga saya tuangkan dalam bentuk artikel di sini.
Kira-kira apa yang menyebabkan? Buat saya alasan nonton ulang Crash Landing on You berkali-kali adalah ini:

1. Drama paket komplit
Kalau ada tontonan yang bisa bikin nangis sedih, ketawa, deg-degan, sebal sebagai paket komplit itulah Crash Landing on You. Hayo penggemar CLOY merapat, coba sebutkan adegan tersedih favorit kalian. Apakah saat Kapten Ri dan Yoon Se Ri berpisah di perbatasan (perpisahan pertama, saat dini hari, sembunyi-sembunyi) atau perpisahan di perbatasan saat pertukaran tawanan?
Lalu adegan paling kocak pilihan kalian yang mana nih? apakah adegan tentara Korea Utara anak buah Kaptain Ri yang bergaya songong masuk ke expo yang diadakan di gedung milik Yoon Se Ri lalu mereka kalang kabut berlarian karena mengira hendak ditangkap atau pas gerombolan emak-emak gang kompleks Korea Utara lagi ngegosip di rumah Kapten Ri?
Adegan deg-degan favorit tentu saat Kapten Ri naik motor, ngebut, berusaha melindungi Yoon Se Ri yang sedang dalam perjalanan menuju bandara dan mengakibatkan sang kapten tertembak hingga kehabisan darah.
Ohya, paket komplit CLOY ini bukan hanya karena bisa membuat menangis dan tertawa tetapi drakor ini juga tidak hanya melulu bercerita tentang cinta adam dan hawa, tetapi juga indahnya persahabatan dan cinta tanah air.

2. Chemistry aktor dan aktrisnya ngena benget
Chemistry yang saya maksud di sini bukan hanya chemistry antara dua pemeran utama Hyun Bin dan Son Ye Jin yang berkutat di masalah asmara. Tetapi juga chemistry antara pemeran pendukungnya, termasuk chemistry yang menonjolkan persahabatan anak buah Kapten Ri dengan Yoon Seri

3. Adegan-adegan ikonik yang unik
Adegan romantis antara Kapten Ri dan Yoon Se Ri bagus-bagus banget dan ikonik. Yang paling saya suka adalah adegan 'api unggun' Adegan ini fenomenal banget sampai beberapa pasangan pengantin menjadikannya ide untuk foto prewedding
Adegan api unggun, Netflix

Adegan ikonik lain yang juga lekat dalam ingatan adalah saat Kapten Ri mengangkat lilin aromateraphy yang menyala di tengah kegelapan pasar malam demi menemukan Yoon Se Ri. Ya ampun bisa aja bikin adegan seromantis itu. 

4. Setting dan lokasi syuting ciamik
Gak bosan-bosan nonton ulang CLOY karena setting dan lokasi syuting yang ciamik? bener banget. Top abis ini. Syuting yang beneran diambil di Swiss dengan pemandangan pegunungan es, Brienz Lake di Iseltwald, jembatan Sigriswil hingga Lake Lungern tempat reuni Kapten Ri dan Yoon Se Ri itu luar biasa baagussss. 

5. Original Soundtrack yang keren abis
Salah satu daya tarik Drama Korea adalah Original Soundtracknya yang keren-keren. Sunset, I Give You My Heart, One Day, Here I am asyik banget didengarkan berulang kali. Saya sering nyari di Youtube khusus buat diputar lagi, diputar lagi hehehe. Pas ndengerin sambil membayangkan: oh lagu ini pas adegan yang itu. Kadang kalau senggang saya ikutan nyanyi sebab beberapa akun mencantumkan lirik lagunya. Lumayan belajar ngomong bahasa Korea sedikit sedikit. Gwenchana.

6. Minim adegan tak senonoh
Meski senang nonton drakor tapi ada satu hal yang saya benci, yaitu adegan tak senonoh. Heran banyak banget drakor yang berisi adegan 'tidur bareng' padahal belum nikah, minum-minuman keras yang sudah menjadi budaya, kissing yang berlebihan. CLOY ini lumayan minim adegan yang saya benci. Kalau dihitung adegan kissing hanya ada 5 kali dari awal hingga tamat. Adegan minum bir ada sih tetapi tidak terlalu sering. Dan yang terpenting ga ada adegan vulgar XXX karena Kapten Ri dan Yoon Se Ri nggak pernah "tidur bersama" Eh ya ada sih adegan tidur bersama, tapi beda kamar dan jadi bahan lucu-lucuan saat ngobrol bareng anak buahnya.

7. Sinematografi yang cantik
Saya menonton CLOY itu seolah melihat karya seni. Suka dengan teknik pengambilan gambar yang keren. Seperti daun berguguran ketika Kapten Ri berada di hutan, menerima telepon Yoon Se Ri yang berpamitan lalu terdengar suara tembakan. Lalu sekawanan burung terbang membentuk huruf V ketika adegan perpisahan di perbatasan dengan tukar menukar tawanan. Trus yang bikin nangis ketika seorang anak gelandangan berada di pasar dan mendapatkan sejumlah barang dari Yoon Se Ri lalu berlari menemui adiknya yang sedang sakit dan menyuapinya makanan serta memberikan selimut hangat. Keren-keren lah teknik sinematografinya. 

Hmm alasan apalagi nih yang membuat saya nonton CLOY berulang kali tanpa merasa bosan? Mungkin karena belum menemukan serial secakep CLOY. Sampai ngarep banget ada CLOY sesion 2. Kan pas pemerannya udah menikah pula, pasti chemistrynya makin kuat aja. Eh ya btw meski CLOY drakor favorit saya yang paling utama, ada juga sih serial keren yang saya suka seperti Hospital Playlist dan Ghost Doctor. Trus akhirnya muncul dalam benak: kapan ya Indonesia bisa bikin serial yang lasting forever seperti CLOY.





Share:

5 comments:

  1. Mbaaaaa kita sama deh, drakor pertama yg ditonton CLOY 😄😄😄👍. Aku jugaaa, dan langsung kemakan ludah sendiri 🤣.

    Jadi dulu itu aku ga sukaaa bgt Drakor, pdhl blm nonton. Bingung aja liat temen2 kok sesuka itu Ama Drakor. Mudian THN 2019 lalu aku kan ke Korea Utara pakai travel. Naah pulang dari Korut, temen2 langsung nyuruh aku liat CLOY, katanya ga usah ditonton Ampe habis tapi liatin aja, beneran ga sih Korut seperti yg dideskripsikan di cloy 😁

    Aku tonton deh jadinya, ehhhh keterusan Mbaaa 😂😂😂😂

    Kok baguuus, akhirnya sampe skr, aku ngefans berat Ama Hyun bin, dan tontonin semua drama dia 😄🤭.

    Tapi btw, Korut yg digambarin di cloy memang mirip am Korut yg asli, tapiiiii di Korut ga ada satu cowo pun yg seganteng kapt RI 🤣🤣🤣. Cuma cewenya cantik2 di sana, dan cantik natural 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha toss mbak Fani, Hooh konon pembuatan seri CLOY ini memang ada "penasehat" yang asli orang Korut dan "melarikan diri" ke Korsel. Jadinya emang filmnya semirip kehidupan di Korut

      Delete
  2. Jujurly sampe sekarang, aku belum sempet nonton CLOY ini hahaha
    listnya banyak banget yang pengen diliat plus ditambah kesibukan juga.
    Kadang iseng liat drama cina, ehh malah oleng ke serial drama cina, sampe drama korea terlupakan

    Yang pasti CLOY ini yang pengen aku napak tilasi adalah lokasi syutingnya yang di Swiss itu, viral banget, apalagi sejak mereka syuting, lokasi syutingnya rame banget dikunjungi wisatawan, viewnya cakeppp

    ReplyDelete
  3. Memang sebagus itu ya, Kak drama korea CLOY ini. Saya sempat nonton dulu

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.