catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Dear KEB : Keep The Spirit of Blogging

A: "Halo kerjaanmu sekarang apa ?"
B: "Aku sekarang nge-blog, jadi blogger" 
A : "Apa itu blogger?"
B : "Itu...nulis di blog"
A ; "Duh, apa aku gaptek ya, blog itu apa sih"
B : "!#()!#)( Udah ah ayo kita minum esnya keburu cair"

Rekan-rekan blogger pernah menghadapi situasi seperti itu ketika bertemu teman lama? Beberapa orang mungkin pernah, dan saya salah satunya. Memang tidak semua orang paham apa yang disebut blog, dan blogger. Maka ketika anak sulung saya menceritakan bagaimana ia menjawab pertanyaan "apa pekerjaan ibumu" dalam ujian lisan di pondok dan dia menjawab "blogger" kemudian si penanya bertanya lebih jauh tentang nama blog ibunya, wah saya langsung merasa hidung ini kembang kempis hahaha. Padahal saya bukan blogger berprestasi yang sering meraih juara lomba, bukan pula blogger yang mampu meraih penghasilan hingga jutaan dan puluhan juta per-bulan. Tetapi si penanya paham dunia blog dan menanyakan nama blog saya, terimakasih Pak.

Jujur sebenarnya saya agak sungkan mengaku sebagai blogger. Saya juga bukan blogger yang karena pergaulannya atau karena kemampuannya kemudian diundang ke berbagai instansi untuk memberikan pelatihan. Sebagai blogger saya ini biasa-biasa saja. Namun saya merasa bersyukur mendapat kesempatan untuk diterima, bergabung dengan komunitas blogger sekeren Kumpulan Emak-emak Blogger. Padahal saya bukan blogger ternama, tidak punya skill khusus kecuali menulis dan sedikit kemampuan standar otak-atik canva, bahkan blog saya hanya gratisan punya. Saya juga pernah mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan KEB melalui paid job atau campaigne tertentu yang memberikan imbalan sepantasnya, Hal ini membuktikan bahwa KEB alias Kumpulan Emak-emak Blogger merupakan komunitas yang cair, egaliter yang terbuka bagi semua blogger berjenis kelamin wanita tentunya tanpa membedakan senioritas, blog TLD atau gratisan, atau benar-benar sudah menjadi emak-emak atau belum (sebab beberapa teman saya yang masih single juga bergabung dengan KEB, kan mereka juga calon emak..

Di Hari Blogger Nasional tahun 2023 tanggal 27 Oktober, usia KEB menjelang 12 tahun. Yup sebab 18 Januari 2024 nanti insyaallah KEB genap 12 tahun usia, Maka, jauh hari doa dan harapan saya lambungkan untuk KEB:

1. Konsisten sebagai komunitas khusus wanita
Woman support woman lah ya. Sudah banyak komunitas blogger yang bersifat general, umum campur pria dan wanita. Saya berharap KEB tetaplah menjadi Kumpulan Emak-emak Blogger, semoga tidak bertransformasi menjadi Kumpulan Emak dan Bapak Blogger. Mengapa harapan saya demikian? sebab komunitas sesama wanita itu asyik, mau curhat apapun nggak ada beban. Kalau curhat dengan blogger bapak-bapak khawatir jadi sumber fitnah yee kan. 
Lagipula komunitas blogger khusus emak-emak ini sebagai penegas kalau sebagai ras terkuat di muka bumi nggak cuma handal sein kirin belok kanan, tetapi juga piawai berbagi hikmah dan mengedukasi masyarakat melalui tulisan.

2. Mengaktifkan kembali komunitas KEB daerah
Eh ya, selain KEB Solo yang berkibar adakah KEB di daerah lain yang juga bersinar? Harapan saya KEB di daerah-daerah bisa berkiprah, minimal kalau ada gathering, sponsorship ngga harus jauh-jauh datang ke Jakarta

3. Konsisten seru-seruan
Even blogging seperti KEB Ramadan dan Ngeblog Asyik Bareng KEB yang pernah saya ikuti ini seru banget. Memotivasi untuk konsisten menulis. Jujur, kalau ngga ada even Ngeblog Asyik bareng KEB yang memberikan syarat menulis 7 artikel dalam periode 19-25 Oktober 2023 dan 1 artikel minimal 1000 kata, saya pasti ngga punya ide mau update blog berkisah tentang apa. Menulis 7 artikel sebulan aja udah prestasi tersendiri buat saya, apalagi 7 artikel dalam 7 hari yagesya. Blogger lain pasti juga senang nih, apalagi yang blognya penuh "sponsored post" jika sering menulis tema organik kan kesan "blog etalase" jadi hilang hihihi

4. Berharap semakin sering diajak partnertship dan anggotanya kecipratan $Eh
Duh jujur banget jadi blogger, sumpah! harapan agar bisa mendapat penghasilan dari hasil ngeblog pasti terngiang dalam pikiran kan? Meski blogging bukan sekadar earning tapi juga sharing dan learning tapi kan bayar wifi, beli kouta, dan bayar domain bagi blog TLD tetep butuh duit juga. Mudah-mudahan sponsorship KEB makin sering dan saya juga kecipratan diajak kerja sama. Aamiin yang kenceng.

5, Setia dengan tagline Kami Hadir Untuk Berbagi
Semoga KEB senantiasa mampu konsisten berbagi melalui media blog dan media sosial seperti arisan ilmu dan aneka aktivitas lainnya
Harapan buat KEB sudah saya panjatkan dalam doa, sekarang giliran harapan buat saya sendiri:

1. Konsisten menulis
Beberapa tahun lalu saya pernah mengikuti even satu hari satu artikel selama sebulan, Temanya bagus : 1 Hari 1 Ayat. Dan hasilnya artikel-artikel saya itu masih sering dicari orang hingga saat ini. Harapan saya, yuk bisa yuk mengurangi scrolling media sosial, nonton cuplikan-cuplikan video yang lalu lalang di FB, reels, tik tok. Bangkit dan manfaatkan waktu lebih bijak agar tekad mengumpulkan amal jariyah melalui karya tulis di blog bisa terwujud
2. Up grade kemampuan
Ayolah jangan malas belajar. Blogger lain sudah pada pintar pasang GA4, jago membuat desain grafis, masa' kemampuan saya masih tergolong standard. Mumpung udah dipasangin wifi sama sang support system yang baik (alias pak suami) sayang banget kalau wifi hanya buat nonton Netfl^^
3. Yok semangat ngelomba blog lagi
Dulu saya rajin banget ikutan lomba blog. Tapi beberapa tahun belakangan kok jadi males ya, kalah melulu sih hahaha. Hadeuh kayaknya harus mengubah niat, menulis untuk up-grade kemampuan, sambil doanya dikencengin. Masa' Allah nggak ngasih menang lomba blog lagi suatu saat nanti yaa (aduh jadi ingat terakhir menang lomba blog pas Ramadan, hadiah lomba blog yang 5 juta dibawa lari teman pula dengan dalih ajak kerja sama bisnis) Hmmm mewek di pojokan.
4. Lebih aktif di komunitas
Selama ini saya jadi blogger pasif euy, maafkan jika kurang berkiprah di komunitas. Sepertinya saya harus mulai rajin blog walking ke blog teman-teman agar bisa memperluas wawasan, memperluas jaringan pertemanan dengan sesama blogger. Bukankah keseruan berteman dengan blogger itu layaknya sahabat pena? Jauh, terpisah jarak dan tak bisa sering-sering ketemuan tetapi tetap bisa berkomunikasi secara intens melalui tulisan.

Ah tak terasa 7 tulisan @1000 kata sudah terselesaikan dalam waktu sepekan. Terimakasih KEB telah mengadakan challenge yang benar-benar menantang dan memacu adrenalin. Tidak mudah loh bagi saya menulis artikel 1000 kata sehari, apalagi harus berpacu dengan cucian, setrikaan, seabreg kerjaan rumah, nulis artikel orderan, waktu pengajian, family time dan berbagai kesibukan lain. Namun kalau nggak dipaksa mengikuti challenge ini bisa-bisa kemampuan menulis artikel  panjang jadi agak-agak karatan. Semoga KEB panjang umur, dunia blogging juga tak pernah uzur.

Yuk konsisten ngeblog biar hidup lebih seru dan tidak terserang writer's block. 






Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.