catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Waspada di Era New Normal Berbekal Analisa SWOT dan Tekad Tebal

Lima bulan telah berlalu sejak kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan, belum ada tanda tingkat infeksi SARS-CoV-2 bisa dikendalikan. Sebagaimana penyakit yang disebabkan oleh virus, Covid-19 tidak ada obatnya. Sementara vaksinasi sebagai langkah proteksi terhadap infeksi belum juga diterapkan. Maka dua cara terbaik untuk mencegah tertular Covid-19 adalah menjaga stamina dan imunitas tubuh dan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar.

Berhadapan dengan virus seperti berhadapan dengan musuh tak kasat mata, tetapi berbahaya terutama bagi yang imunitasnya rendah dan memiliki penyakit bawaan. Pemerintah Indonesia telah mengupayakan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk mencegah penularan. Namun dampaknya berimbas pada lesunya perekonomian. Maka langkah bersiaga di era New Normal diambil sebagai jalan tengah, agar perekonomian bangkit, namun masyarakat dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjangkit.

Melawan virus sama halnya dengan bertempur di medan perang. Butuh strategi jitu dan tekad yang kuat untuk menang.  Jika SARS-CoV-2 dianggap sebagai “musuh” dan diri kita sebagai “prajurit”, maka di medan perang butuh analisa SWOT – Strength (Kekuatan) – Weakness (Kelemahan)– Opportunity (Kesempatan) – Thread (Ancaman)
SWOT

Strength
Kekuatan utama menghadapi virus adalah sistem kekebalan tubuh yang tangguh. Virus akan melemah jika ia menumpang hidup pada inang yang sehat dan daya tahan tubuhnya kuat. Maka saya harus membiasakan diri dan anggota keluarga lain untuk bergaya hidup sehat. Sehat yang diharapkan adalah kesehatan fisik dan rohani. Sebab tidak dapat dipungkiri, sebagian besar penyakit disebabkan oleh pikiran yang tidak tenang, rohani yang gelisah hingga bepengaruh pada turunnya imunitas dan terganggunya metabolisme tubuh.
Upaya saya dan keluarga untuk mewujudkan kesehatan rohani adalah dengan membiasakan sholat lima waktu tepat waktu, ditambah dengan sholat sunnah. Tak lupa berpuasa sunnah dan rutin berdzikir dan tilawah. Jika ibadah-ibadah dilakukan secara rutin, insyaAllah berdampak pada sisi psikologis, lebih tenang, mampu mengendalikan emosi dan tidak mudah stress.
Kesehatan jasmani diupayakan dengan menjaga kebugaran. Mengonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga dan cukup istirahat. Senam, ngegym atau berenang bareng-bareng khawatir resiko penularan? Pilih olahraga yang aman dan bisa dilakukan sendiri. Tenaaang, kan masih bisa senam pagi di rumah, jalan kaki atau bersepeda keliling perumahan seperti yang biasa saya lakukan. 
Rute rutin jalan pagi saya di perumahan

Jangan lupa tubuh juga butuh istirahat. Hindari tidur terlalu malam atau malah begadang. Biasakan jam tidur teratur dan bangun dini hari untuk mendirikan sholat tahajud. Selain dampak psikologisnya terasa, gerakan sholat sebenarnya telah melatih tubuh untuk berolahraga.
Makanan yang bergizi? sudah pasti. Vitamin, protein dan mineral sebagai zat yang paling dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh wajib mendapat porsi. Nah, anak saya paling susah makan sayur dan buah. Untuk menyiasatinya  harus menyediakan buah dalam bentuk jus, sebab dia ogah makan buah potong tetapi nggak nolak kalau disuruh minum jus. 

Weakness
Nah saatnya mengenali kelemahan saat berperang melawan SARS-CoV-2. Kelemahan terbesar adalah tidak disiplin atau enggan dalam menerapkan pola hidup sehat. Menyiapkan masakan rumahan untuk menunjang kesehatan memang butuh waktu dan tenaga. Terkadang pergi berbelanja dihinggapi kekhawatiran tertular, karena pasar adalah salah satu klaster terbesar. Solusinya adalah dengan meminimalisir waktu berbelanja dan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Saya biasa berbelanja ke pasar dua pekan sekali. Sayur-sayuran, cabe ditempatkan di wadah-wadah kedap udara dan disimpan di lemari es khusus laci sayuran. Ikan, udang dan daging dimasukkan di wadah kedap udara dan dibekukan di dalam freezer. Daun seledri dan daun bawang dipotong kecil-kecil dan disimpan di freezer, diambil secukupnya saat digunakan untuk memasak. Buah sebisa mungkin pilih yang tidak mudah busuk. Menyimpan bahan makanan dalam kulkas perlu perlakuan khusus agar tidak bahan tersebut masih dalam kondisi segar dan layak dikonsumsi ketika hendak dimasak. Maka Modena meluncurkan seri kulkas baru yang mendukung penunjang gaya hidup sehat melalui kecanggihan teknologi dengan mengaplikasikan sensor pintar.


Opportunity
Strength dan Weakness sudah terpetakan, dalam perang melawan Covid-19 ini kita juga perlu cermat mengenali opportunity atau peluang yang mampu menunjang Strength. Dalam melawan penyakit, hal yang paling menunjang daya tempur adalah rutin menjaga kebersihan.
Salah satu protokol kesehatan melawan SARS-CoV-2 adalah rajin mencuci tangan dan sesegera mungkin mencuci pakaian yang usai dikenakan beraktivitas di luar rumah.


Threats
Jaga stamina, jaga kebersihan diri dan pakaian, mengatasi rasa malas sudah dilakukan. Tetapi virus tetap bisa menebar ancaman. Threat, ancaman terbesar adalah ketika berada di wilayah dengan risiko penularan tinggi. Upaya untuk mengantisipasi ancaman ini adalah taat protokol kesehatan, bahkan jika perlu perlindungan berlapis. Kenakan masker dan face shield jika harus berhadapan dengan banyak orang. Jangan tunda mencuci pakaian usai beraktivitas di luar. Kebiasaan saya saat usai dari pasar adalah langsung mencuci tangan sebelum masuk rumah, mensterilkan uang kembalian, mandi, berganti baju lalu mencuci semua pakaian yang saya kenakan untuk ke pasar, termasuk jilbab dan masker kain.
Selain threat tersebut, ada satu ancaman yang diam-diam bisa membahayakan yaitu kurang higienisnya kebersihan peralatan makan.
Bakteri dan virus bisa menempel di peralatan makan karena kurang bersih dalam mencuci, tertinggalnya busa sabun di peralatan makan atau tidak higienisnya sabut pencuci piring. Ngeri ya..terbayang di permukaan piring yang biasa digunakan untuk makan ternyata virus dan bakteri masih tinggal dengan nyaman. Saya biasa mengelap piring dan gelas hingga kering dan kesat sebelum digunakan. Tempat sendok juga harus tertutup agar tidak terpapar debu, virus dan kuman.

Berjuang melawan musuh yang tak kasat mata seperti virus corona tak hanya butuh wacana. Tetapi memerlukan tekad yang tebal, terlebih di era New Normal. Saat sebagian orang mulai terlena, mengabaikan protokol kesehatan dan bersuka cita. Seolah lupa bahwa virus bemahkota ini tetaplah ada dan siap mengintai siapa saja.

Keluarga adalah harta yang tak ternilai harganya. Menjaga kesehatan mereka adalah kewajiban kita bersama. Sebelum pandemi ini benar-benar berakhir, sudah selayaknya Pola Hidup Sehat dan Bersih diterapkan sebagai upaya terhindar dari terpapar virus, sebelum akhirnya bertawakal kepada garis takdir.




Share:

2 comments:

  1. Lihat fitur dan teknologinya, waduuuh langsung terpesona. Pingin punya! Ahaha, semoga terkabul.

    ReplyDelete
  2. Aku fokus ke mesin cuci Modena Calma WD 1157, Mbak. Kebetulan adikku kemarin nyervisin mesin cuci, tapi hasilnya ga memuaskan. Air masih bocor aja. Mending ganti ke Modena ya, merek tepercaya dan mutunya terjamin. Sayang banget sekarang kalau buang uang untuk barang yang jelek. Kudu hemat karena pas new normal kebutuhan pokok lebih jadi prioritas. Piliha barang berkualitas kayak Modena gini jadi pilihan produktif, biar awet dan memudahkan pekerjaan rumah tangga. Biar hati hepi hehe :)

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.