catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Semangat Isra Mi'raj, Semangat Memakmurkan Masjid

Ahad 5 Maret 2023, Masjid Al Ukhuwwah menyelenggarakan peringatan Isra Miraj 1444 H bada sholat Maghrib berjamaah. Hadir sebegai penceramah adalah Ustadz Hadi Sucipto S.Ag dari Sidoarjo.

Ustadz Hadi memaparkan tentang sejarah momentum Isra Mi'raj. Kita mengenalnya sebagai momentum turunnya perintah menunaikan sholat lima waktu. Di balik itu, Isra Mi'raj adalah cara Allah untuk menghibur Rasulullah usai kesedihan beruntun setelah ditinggal wafat oleh Khodijah istri tercinta dan Abu Thalib sang paman yang sangat menyayanginya.

Ustadz Hadi dalam kesempatan ini mengaitkan perintah sholat dalam momentum Isra Mi'raj dengan semangat memakmurkan masjid. Masjid adalah tempat menunaikan sholat berjamaah bagi umat muslim. Kita sering mendengar himbauan "mari memakmurkan masjid" dengan cara berbondong-bondong mendirikan sholat berjamaah. Namun saya pernah mendengar ceramah Ustadz Adi Hidayat bahwa arti kata "memakmurkan masjid" sebenarnya bukan hanya ditinjau dari banyaknya jumlah jamaahnya melainkan pada seberapa besar manfaat kegiatan masjid bagi umat.

Namun sesuai momentum turunnya perintah sholat, Ustadz Adi menekankan pada makmurnya masjid dengan manfaatnya sebagai tempat sholat berjamaah.
Seperti kita ketahui bahwa sejarah perintah sholat lima waktu ini cukup berliku. Nabi Muhammad harus turun naik langit ketujuh demi memastikan perintah sholat bisa ditunaikan umatnya dengan baik, tidak merasaa berat dan tepat waktu. Dari semula perintah 50 rokaat sehari hingga menjadi lima waktu atas usulan Nabi Yahya, Nabi Isa, Nabi Musa di setiap tingkatan langit.

Sholat wajib ditunaikan setiap muslim yang telah baligh, berakal dan tidak punya udzur (gila, hilang ingatan, pingsan. ditambah haid bagi wanita) Bagi pria, sholat yang diutamakan adalah berjamaah di masjid.
Keutamaan sholat berjamaah (di masjid) adalah:
1. Sholat berjamaah 27 derajat lebih utama dibandingkan sholat sendirian
2. Pergi ke masjid untuk mendirikan sholat berjamaah mendapatkan pahala yang besar
3. Siapa yang berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat berjamaah dijanjikan surga. 
4. Langkah kaki orang yang menuju masjid dalam keadaan suci untuk mendirikan sholat berjamaah memiliki keutamaan, langkah kaki kanannya mengangkat derajatnya, langkah kaki kirinya menghapuskan dosa
5. Mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan



Semoga kita dimampukan menjaga kualitas sholat lima waktu dengan baik. Memakmurkan masjid dengan kebaikan. Tak hanya di bulan Ramadan yang masjid pasti penuh sesak dan keramaian, namun juga di bulan-bulan selain Ramadan agar masjid tak sepi bagai kuburan.



Oh ya terkait "kuburan" saya teringat fungsi rumah agar juga tidak sepi bagai kuburan. Selain selalu digunakan untuk tilawah ayat-ayat Al Qur'an, Ustadz Ahmad Habibul Muiz juga pernah memaparkan di Kajian Fiqih bahwa sebaiknya sholat sunnah banyak dikerjakan di rumah. Masjid adalah tempat mendirikan sholat wajib berjamaah namun sholat sunnah hendaknya dikerjakan di rumah, jangan sampai rumah tempat kita tinggal malah tidak pernah digunakan sebagai tempat sholat.


Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.