catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Menikmati Gudeg Kaleng Wijilan Bu. Hj.Lies

Yogyakarta. Ingat Yogya ingat Gudeg Yogya. Seumur hidup baru tiga kali saya menginjakkan kaki di Yogya. Pertama saat masih duduk di bangku kuliah untuk menghadiri khitanan tiga putra paman. Kedua waktu diajak keluarga kakak di Demak, ke Kaliurang dan Pasar Beringharjo. Dan terakhir waktu bareng suami dan anak-anak sekitar tahun 2010. Sebagai pecinta gudeg, tentu hidangan ini menjadi favorit saya selama di Yogya. Namun seingat saya waktu itu untuk keperluan oleh-oleh, gudeg dikemas dalam kendil (wadah tanah liat) dan tidak bisa dikirim antar kota untuk dalam perjalanan berhari-hari. 

Kini telah ada gudeg kaleng yang tahan hingga setahun lamanya, asal kaleng dalam kondisi aman, masih tertutup rapat, tidak penyok, karatan atau berlubang. Dan...saya tahunya pas suami bawa oleh-oleh empat kelang Gudeg Wijilan Bu. Hj.Lies, pemberian rekan kerjanya. Padahal kalau ditelusuri di mbah goggle, gudeg kalengan sudah ada sejak tahun 2011.


Lah katanya empat kaleng, kok yang kefoto hanya tiga? Iyaaa yang satu kaleng sudah terlanjur habis buat sarapan hahaha. Isinya telur dan tahu. Yang dua itu pun sudah dituang di piring. Jadi hanya kefoto kalengnya doang.

Alhamdulillah, dapat paket gudeg komplit kan ceritanya. Ada yang lauk utamanya telur dan tahu bacem. Ada lauk ayam dan juga krecek atau kulit sapi. Setiap kalengnya jug dilengkapi sayur gudeg yaotu nagka muda lengkap dengan krecek, tempe yang diiris kotak kecil. Persis seperti gudeg yang disajikan langsung saat kita makan di tempat, di Yogyakarta atau warung-warung yang menyediakan menu gudeg Yogya.

Gudeg kaleng Wijilan Bu.Hj Lies dikemas dalam kaleng 300 gram. Disertai tanggal kadaluwarsa dan peringatan: jangan diterima jika kemasan rusak. Terdapat pula label halal MUI dan informasi No.BPOM. Saran penyajian tak lupa dicantumkan: hangatkan gudeg dengan cara dikukus.

Bahan dalam setiap kaleng terdapat pada label. Bahan/lauk utama disebutkan terlebih dahulu apakah telur dan tahu, ayam atau krecek.  Lalu diikuiti keterangan bahan lain: tempe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, serai, garam, daun jeruk, daun salam, gula Jawa. Kalau pas varian krecek, artinya di dalam berisi krecek yang potongannya gede seperti ini.




Yang lauk ayam, ada satu potong ayam, ukurannya cukup besar. Varian telur berisi satu butir telur ayam, tentu semua varian juga dilengkapi dengan sayur nangka muda khas gudeg, tempe dan krecek. Sehingga satu kaleng bisa dimakan untuk berdua atau bertiga.
Menikmati gudeg kaleng Wijilan Bu. Hj Lies ini mengobati kangen pada Yogyakarta. Dan tentu pada gudegnya. Sebab pernah beberapa kali mencoba gudeg di sini citarasanya kurang sesuai selera. Kadang kreceknya tidak ada kemiripan dengan krecek khas gudeg, karena teksturnya lebih keras.
Namun krecek dalam gudeg kaleng ini sangat sesuai dengan krecek gudeg khas Yogyakarta. Kenyalnya lembut, bumbunya pas. Bisa lupa diet karena nambah nasi hehehe. Begitu juga telur bacemnya, gurih dan manis khas Yogyanya sesuai selera. Ayamnya juga empuk, nggak liat saat digigit.
Semua sesuai porsi dan tak meninggalkan cita rasa gudeg Yogya. Bagi para pecinta kuliner khas Yogyakarta, gudeg kaleng Wijilan Bu.Hj Lies pasti tidak mengecewakan lidah dan perut penikmatnya. Harga? Silahkan dicek di beberapa marketplace saja. 



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.