catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Manusia, Cuaca dan "Adzab" Bernama Corona

Bismillah...

Termenung membaca karut marut berita. Ayah membunuh anak kandungnya karena dimintai uang keperluan sekolah, menantu membantai mertua karena berang tidak diberikan pinjaman uang, ibu membunuh anak kandungnya entah berapa kali kasus yang berulang.
Manusia tega membantai saudara setanah airnya karena beda keyakinan.
.
#PrayForIndiaMoslems
#PrayForPalestines
#PrayForRohingya
#PrayForUyghur

Saya teringat tafsir Al Baqarah ayat 30. yang diajarkan guru ngaji tarjim kami:

Ketika manusia diciptakan Allah dengan tujuan sebagai khalifah (pemimpin, pengganti makhluk ciptaan Allah lain sebelum manusia - sebagian ulama ada yang menafsirkan demikian) , maka malaikat berkata "Ya Allah, apakah Engkau yakin akan menciptakan makhluk yang bersifat yufsidu (merusak) dan menumpahkan darah (wa yas fiku dimaa') . Sedangkan kami selalu memujimu (kata ustadz, ini seolah malaikat meninggikan diri sembari merendahkan yang lain). Dan Allah menjawab " sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kalian ketahui".
.
Di Al Baqoroh ayat 31 -33 kemudian dikisahkan tentang "test" yang menunjukkan bahwa Adam lebih mampu menjawab pertanyaan, dibandingkan malaikat dan iblis.

Malaikat pun mengakui bahwa sungguh Allah Maha Benar bahwa mereka tidak mengetahui apa yang Allah ketahui. Malaikat taat dengan perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, sedangkan iblis sombong dan memilih ingkar sehingga iblis terusir dari surga.'

.
Jika sekarang muncul fenomena kerusakan lingkungan akibat ulah manusia, perubahan iklim yang menyebabkan suhu panas berselang seling dengan banjir luar biasa. Dan mudahnya terjadi pertumpahan darah, artinya kekhawatiran malaikat benar. Dan di balik itu semua pasti ada kehendak Allah Yang Maha Besar.
.
Bisa jadi virus Corona Covid-19 yang lebih mengerikan dari wabah SARS, Ebola, Mers-Cov dan wabah lainnya ( begitu dahsyatnya hingga 45 negara terkontaminasi, hampir 3000 jiwa melayang, hingga berbagai kompetisi olahraga akbar ditunda, bahkan visa ibadah umroh ditangguhkan entah sampai kapan...) adalah sebuah peringatan. Jika disebut sebaga azab, mungkin ini azab bagi umat manusia. Jika disebut ujian maka inilah ujian bagi orang yang beriman, yang diuji apakah akan turut larut dalam berbuat kerusakan.
.
Bagaimana akhir perjalanan virus yang kita tak bisa memandangnya dengan mata telanjang? Yang proses penyembuhannya tak kunjung ditemukan obat mujarab kecuali daya imun yang kuat sehingga ia bisa terkalahkan. Hanya Allah yang Maha Mengetahui.
.
Maka sembari berikhtiar menjaga stamina, meminimalisir penyebaran dan kontaminasi, para ilmuwan juga terus berikhtiar menemukan obat mujarab, sudah sepatutnya kita muhasabah diri. Perbanyak istighfar sebab bisa jadi, kita adalah salah satu yang menjadi penyebab kerusakan di muka bumi...
Mungkin kita telah menjelma menjadi Fir'aun-Fir'aun baru ketika sedang berkuasa atau berlimpah harta. Bahkan ketika punya pikiran "Huh, kalau aku nggak ngasih uang kamu ga bisa makan'. " Dasar ngga tau diuntung, udah dikasih job ngga ikut dukung aku di pemilu'. "Aku tandai kamu, nggak akan aku kasih proyek baru karena jalan pikiranmu beda jauh sama aku" , "Eh ternyata idola kita beda, ok fix aku ga bakalan mau kerja sama lagi'
Seolah yang punya otoritas atas pembagian rezeki itu murni kuasa kita sendiri.


.
" Aah dia mah cuman bisa omdo, mending guwe kerja nyata", "Ealah cuma segitu kemampuannya? Anak TK juga bisa", " Hahaha kalau cuma sebatas itu amalannya, duuh maah sudah lama aku lakukan diam-diam, tanpa pemberitaan"
Muncul dalam hati "Ana khoirum minhu"


Mungkin kita manusia, tetapi sifat iblis mendominasi hati kita, dengan selalu merasa 'aku lebih baik daripada kamu'
.
Astaghfirullah...

#CatatanKecil
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.