catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Keistimewaan dan Amalan Bulan Rajab


"Allahumma barik lana fi rajaba wasya'bana waballighna ramadhana"
Doa ini merupakan doa yang diajarkan Rasulullah ketika memasuki bulan Rajab. Adanya doa khusus pada awal bulan Rajab menandakan bahwa bulan Rajab memiliki keistimewaan.

Dalam surat At Taubah ayat 36 Allah berfirman “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu. Dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” Menurut tafsir Ibnu Katsir dan jumhur ulama, empat bulan tersebut adalah Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Al-Muharram dan Rajab.

Keutamaan dari empat bulan mulia adalah Allah menjanjikan pada bulan-bulan haram ini adalah pahala bagi seorang yang mengerjakan amalan shalih akan dilipatgandakan Begitu pula, perbuatan dosa dan maksiat yang dilakukan di dalamnya, dinilai sebagai menjadi dosa yang nilainya lebih besar di sisi Allah,

Sehingga seorang hamba akan lebih giat melakukan amalan kebaikan pada bulan-bulan tersebut. agar bisa meraih ketakwaan yang lebih tinggi dari bulan-bulan sebelumnya .

Apakah ada amalan khusus bulan Rajab?
Jumhur para ulama memaknai bahwa dalam bulan-bulan Haram termasuk Rajab hendaknya umat Islam memperbanyak amal shalih, tetapi tidak ditemukan hadits shahih dan hasan yang menganjurkan adanya amalan khusus berkaitan dengan bulan Rajab. Maka jika ingin memperbanyak ibadah di bulan Rajab, baik puasa sunnah, sholat sunnah, infaq, sedekah hendaknya dilakukan dengan niat karena Allah, tanpa mengkhususkan ritual ibadah bulan Rajab. Namun diperbolehkan jika beribadah di bulan Rajab karena ingin mendapatkan fadhilah/keutamaan salah satu bulan haram ini.

Tausyiah Ustadz Ahmad Habibul Muiz, Lc

.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.