catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Lima Tips Mengatasi Kebosanan Karena Social Distancing


“Tetap bekerja dari rumah, menjauhi kerumunan, jaga jarak bila bertemu dengan orang lainnya adalah cara kita terhindar dari Corona #BUMNUntukIndonesia Begitu bunyi pesan SMS dari BNPB di ponsel saya.

SMS ini adalah tindak lanjut dari anjuran social distancing untuk memutus mata rantai penularan Covid-19

jaga-jarak-sosial



Sejak anjuran social distancing diterapkan, proses belajar mengajar di kampus dan sekolah di beberapa daerah ditiadakan. Diganti menjadi proses belajar mengajar secara online atau belajar di rumah selama dua pekan. ada untungnya juga belajar di rumah, mereka nggak perlu mandi pagi-pagi eeh.

Bagi orang tua bekerja, yang putra-putrinya biasa sekolah full day mungkin agak kelimpungan. Sedangkan bagi anak-anak sendiri, tinggal hampir 24 jam di dalam rumah bisa jadi membosankan. Apalagi mereka yang terbiasa aktif dalam berbagai kegiatan. 

Radit, adalah termasuk satu dari sekian siswa yang harus belajar di rumah karena patuh pada anjuran pemerintah. Bersyukur ustadzahnya memberikan materi, tugas setiap hari untuk dikerjakan di rumah.


Berikut ini adalah beberapa tips agar anak-anak betah di rumah selama masa jaga jarak sosial:
1. Memanfaatkan layanan belajar online
Bagi sekolah yang memiliki fasilitas belajar secara online mungkin bisa mewajibkan siswa-siswinya mengikuti kelas online dari rumah. Tetapi murid sekolah dengan fasilitas terbatas bisa memanfaatkan layanan belajar online dari berbagai aplikasi. Apalagi di masa social distancing ini beberapa operator seluler memberikan layanan gratis kuota khusus bagi pengguna aplikasi. Sudah pada coba belum?
2.  Menekuni hobi
Si kecil hobi membaca? Saatnya mengajaknya menekuni hobi membaca dengan lebih optimal. Jangan lupa selipkan pengetahuan tentang wabah dan langkah pencegahan penularan. Tapi susahnya kalau hobi si kecil adalah bermain game online ck ck ck..
3. Mencoba sesuatu yang baru
Mungkin selama ini tak terpikir untuk berkebun menggunakan lahan sempit. Saat masa belajar di rumah, berkebun baik di taman di halaman atau secara hidroponik adalah cara mengisi waktu yang cukup menyenangkan. Si kecil juga turut belajar mengenai cara menanam dan merawat tumbuhan. Praktik resep baru? boleh juga tuh, mengapa tidak? lumayan untuk mengurangi anggaran cemilan selama masa belajar di rumah.
Atau mengajak si kecil membuat kliping? boleh. Kebetulan salah satu tugas sekolah untuk Radit dkk adalah membuat kliping.

4.  Memilih tayangan menghibur
Sebagai selingan masa belajar di rumah, orang tua bisa mendampingi sang anak menonton tayangan menghibur sekaligus mendidik. Tayangan dari Discovery Channel atau National Geographic sangat menarik untuk dinikmati sebagai hiburan maupun menambah pengetahuan. Kalau nggak punya layanan TV Kabel seperti saya, dari Youtube juga bisa kok
5.  Bermain di taman
Amankah bermain di taman? Asalkan di taman tidak berkerumun banyak orang, sesekali pagi-pagi sekali ajak anak menikmati udara segar. Dan segera cuci tangan menggunakan sabun usai berjalan-jalan. Karena dekat rumah nggak ada taman, saya biasanya mengajak Radit jalan-jalan di tanah lapang yang berada di area persawahan dekat rumah untuk menyaksikan matahari terbit

Yuk, tetap semangati anak-anak untuk belajar di rumah. Dan jangan biarkan aksi social distancing ini sia-sia akibat memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang sebenarnya tidak diperkenankan ketika menerapkan jaga jarak sosial. Padahal pengennya mudik, pulang kampung pas "libur panjang" tapi mengingat bahayanya penularan Virus Corona jadi ya...tahan..tahan ..tahan...










Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.