catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

QR Code Sebagai Alat Pembayaran

Maraknya dompet digital seperti Link Aja, GoPay, Dana, menjadi salah satu faktor meningkatnya penggunaan QR Code sebagai alat pembayaran non tunai. Seiring semakin canggihnya fitur-fitur smartphone, kaum milenial lebih memilih gaya hidup serba digital termasuk memanfaatkan QR Code sebagai alat transaksi pembayaran.

        Selain faktor kecanggihan teknologi sebagai faktor pendorong semakin meningkatnya penggunaan QR Code, di mata pengguna QR Code memiliki berbagai keunggulan. Kelebihan QR Code sebagai alat pembayaran antara lain:

1.   Efisien

Di zaman digital, masyarakat tak perlu membawa beban uang cash dalam jumlah besar sehingga dompet tidak tampak tebal. Cukup memastikan dompet digital terisi saldo sesuai kebutuhan.
2.   Simple
Melakukan proses pembayaran menggunakan QR Code tidak butuh waktu tanpa terlalu lama. Konsumen tak perlu menghitung lembaran uang dan mempermudah kasir agar tidak kesulitan menyiapkan uang kembalian apabila dibutuhkan, sebab berbelanja dengan QR Code memotong saldo dompet digital sesuai jumlah tagihan.
3.   Aman
Transaksi QR Code memerlukan pin rahasia untuk menyelesaikan transaksi pemotongan saldo ketika melakukan pembayaran sehingga tidak khawatir uang hilang atau saldo menguap dibelanjakan oleh pihak yang tidak berhak atau tidak berkepentingan.  Bagi penjual atau penerima pembayaran tidak perlu lagi khawatir tertipu uang kertas palsu sebagai alat transaksi sehingga menyebabkan kerugian.
        Semakin meluasnya penggunaan QR code sebagai  alat pembayaran ini tak dipungkiri mampu #gairahkanekonomi . Ditinjau dari efektivitas secara umum dalam transaksi perdagangan, keberadaan QR code mempermudah pebisnis retail dengan tak perlu dibebani untuk menyediakan mesin EDC sebagai sarana mempermudah pembayaran non cash sehingga biaya operasional dan infrastruktur lebih murah.
         Sebagai langkah konsolidasi dan standarisasi, Bank Indonesia menetapkan penggunaan QR Standar yang dikenal dengan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang  resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019. QRIS merupakan produk Bank Indonesia yang dihasilkan melalui serangkaian diskusi melibatkan pelaku usaha dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI)
       
Alasan utama Bank Indonesia merilis kebijakan #pakaiQRStandar adalah agar setiap lapisan masyarakat mampu menggunakan produk tersebut hanya bermodalkan smartphone. Dengan demikian standarisasi QR diharapkan mampu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.
Keunggulan QRIS ini adalah memastikan semakin mudahnya bertransaksi non cash sebab alat pembayaran berbasis QR Code standard terintegrasi antara satu dengan yang lain. Satu QR Code yang terdapat di merchant  dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran berbasis QR pada ponsel. Berbelanja non tunai jadi lebih mudah dan sederhana.
                  
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.