catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Peluang Penghasilan Dari Optimasi Media Sosial

Zaman digital, lazimnya setiap orang yang aktif sebagai pengguna internet memiliki setidaknya satu akun media sosial. Memiliki media sosial bukan keharusan, tidak juga bisa disebut sebagai kebutuhan. Sebab tidak memiliki akun media sosial pun hidup tetap aman-aman saja, nyaman tak kurang suatu apa. Malah ada juga yang merasa media sosial adalah sumber duka.

Kok bisa sengsara karena media sosial? bisa jadi karena kurang tepat menggunakan media sosial, jejaring sosial digunakan untuk berdebat, menebarkan kebencian, menanam permusuhan. Namun jika bijak mengelola media sosial mungkin tak akan merasa terganggu. Apalagi jika memanfaatkan media sosial sebagai sarana mendapatkan penghasilan. 

Bagaimana cara memanfaatkan media sosial sebagai sumber penghasilan? berikut adalah beberapa contoh peluang mendapatkan penghasilan dari dunia internet dan jejaring sosial:

1. Online shop
Pastilah sekarang online shop sedang menjamur. Ngga perlu sewa toko bisa langsung jualan. Tetapi berjualan di Instagram dan facebook harus hati-hati agar akun tidak disuspend. Di Instagram sebaiknya menghindari terlalu banyak hashtag dan spam komentar. Di facebook jangan terlalu sering upload foto dagangan atau sebar link. Beri jeda dengan mengunggah postingan organik alias non jualan.
2. Influencer
Bahasa awamnya influencer ini adalah mereka yang berusaha mempengaruhi pasar alias calon konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang menitipkan "pesan iklan" melalui posting di akun media sosial.
3. Buzzer
Hampir sama dengan influencer, buzzer bertugas mengangkat nama produk atau jasa sehingga khalayak tertarik untuk memanfaatkannya karena melihat keunggulannya di media sosial. Bedanya influencer biasanya membagikan pengalaman pribadinya, benar-benar telah merasakan keunggulannya untuk kemudian diunggah di media sosial. Sedangkan buzzer biasanya bekerja dengan tujuan memperkenalkan produk/jasa agar lebih terkenal meski mungkin tidak selalu mendapatkan pengalaman pribadi.
4. Customer Service Officer
Layaknya CSO di dunia nyata, CSO di online shop bertugas sebagai ujung tombak pemasaran. Mulai bertugas membangun brand perusahaan melalui posting di media sosial, menjawab pertanyaan calon konsumen hingga memberikan masukan dan saran apabila diperlukan.
5. Admin online dan jasa kelola akun
Hampir mirip dengan CSO, admin online suatu fanpage atau akun media sosial suatu perusahaan bertugas mengelola media sosial melalui posting artikel, foto, caption. Bedanya CSO diharapkan mendongkrak pemasaran karena tugas utama CSO di dunia maya adalah menjual produk. Sedangkan admin online lebih berperan sebagai pemoles branding melalui postingan yang positif dan menarik minat netizen.

Dari lima contoh peluang mendapatkan penghasilan dari media sosial, kira-kira mana yang paling kalian sukai atau sudah kalian lakukan?
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.