catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

#1hari1Ayat - Rembulan nan Menawan


Posting 20 - Rembulan nan Menawan (Tadabur Alam)

Berkaitan dengan posting saya kemarin tentang matahari, saya jadi tertarik pada bunyi Asy Syams Ayat 2 . Allah mendudukkan matahari dan bulan sama pentingnya, sebagai penunjang kehidupan manusia. Ayat ini mengajarkan dasar ilmu astronomi bahwa bulan berputar mengiringi matahari seperti benda langit dalam tata surya lainnya.
Jika matahari berfungsi sebagai sumber energi bagi bumi seisinya, dalam surat Yunus ayat 5 Allah berfimran bahwa rembulan ditetapkan sebagai penunjuk waktu tertentu. contohnya bulan sabit sebagai penunjuk telah masuk awal bulan yang digunakan untuk menandai permulaan ramadhan, saat masuk bulan syawal atau ketika purnama untuk mengingat waktu masuknya puasa Ayamul Bidh
Kenapa tak cukup matahari yang digunakan sebagai penunjuk waktu ? sebab Allah menciptakan siang dan malam tanpa tujuan. Pagi, siang hingga sore adalah waktu untuk berburu rezeki dan karuniaNya, malam adalah waktu untuk beristirahat. Dapat dibayangkan jika matahari bersinar penuh 24 jam, berarti bumi bentuknya nggak bulat dan tidak berputar mengelilingi matahari, nah kalau kita berkeliling dunia yang tidak bulat itu bisa-bisa jika sampai di ujungnya terjatuh ke dalam ruang awang-awang yang tiada bertepi. Hawa panas matahari akan terasa menyiksa, dan tidak ada pedoman waktu untuk mengawali puasa dan kapan saat berbuka.

Dan Allah Maha Kuasa memberikan kesempatan bagi umatNya untuk memanfaatkan bulan sebagai sarana membuat penanggalan, jumlah bulan ia tetapkan sebanyak dua belas bulan seperti tercantum dalam QS At Taubah 36, ternyata penanggalan masehi pun memiliki jumlah bulan yang sama. Coba kalau penanggalan masehi ada 24 bulan pasti ngeliat kalender lebih rumit aja. Namun di sinilah kuasa Allah berlaku, bulan yang tampaknya tak sepenting matahari berlaku sebagai satelit bumi, membantu manusia menetapkan nama bulan dan hari sehingga hidup pun tak sekedar berlari.

Matahari di kala siang dan bulan membuat gelapnya malam lebih terang akan selalu membuat umatNya teringat kepada Sang Pencipta dan tak lalai akan gemerlap dunia (semoga...)

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.