catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

#1Hari1Ayat - Doa Sapu Jagad



Nice post, begitu yang terlintas ketika saya baca info GA #1Hari1Ayat dari mbak Primadita, bukan masalah hadiahnya tapi lebih kepada manfaatnya. Alhamdulillah, sejak beberapa tahun lalu saya terbiasa membaca Al Quran setiap sholat, terutama subuh, maghrib dan isya meski dengan bacaan patah-patah dan makhroj yang payah.


Jujur saja hidayah pertama yang saya peroleh untuk ngaji setiap hari muncul ketika mantan bos saya yang nasrani melongo heran memandang saya yang berkata "saya nggak pernah ngaji Pak" saya sudah lupa bagaimana asal mula percakapannya tapi seperti tertampar tangan sendiri ketika saya mengungkapkan kejujuran yang naif itu. Well, pikir saya yang awam soal agama yang wajib dikerjakan tiap hari itu sholat, sedangkan sedekah dan ngaji kan hukumnya sunnah...- ehem dasar pemalas - semenjak percakapan itu saya mikiiiiir banget, eh memalukan banget ya punya kitab suci kok jarang dikunjungi. 


Hidayah bukan durian runtuh namun harus rajin dicari dan jalannya bisa dari siapa saja, kapan saja, dimana saja. Keleluasaan akses internet di kantor memberi saya kesempatan belajar dari artikel -artikel silami dan membuka mata hati saya bahwa membaca Al Quran itu besar manfaatnya, bukanlah hal "wajib" menurut syariat seperti halnya sholat lima waktu yang berdosa jika ditinggalkan namun "wajib" untuk menjaga aqidah bagi umatNya.


Sejak rajin mengaji itu saya jadi takjub ternyata di Al Quran telah diajarkan berbagai macam doa yang selama ini saya sekedar hafal namun tak mengerti bahwa asal doa tersebut adalah dari Al Quran. Salah satunya adalah doa Sapu Jagad (QS Al Baqarah : 201)




Artinya : Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka


Singkat ayatnya tapi dalam maknanya, kenapa ?
1. Ayat ini adalah doa yang paling sering dibaca Rasulullah karena tiga inti doa yang terkandung di dalamnya : kebaikan di dunia, kebaikan di akherat dan terbebas dari api neraka
2. Ayat ini mengingatkan kita kembali bahwa tak ada hal di dunia yang tidak berhubungan dengan akherat, apapun yang dilakukan di dunia pertanggungjawabannya terjadi di akherat. Dunianya bagus insha allah akheratnya mulus
3. Mengapa disebut doa sapu jagad ? karena ia telah mencakup permohonan untuk dunia dan akherat, meringkas doa-doa mohon lancar rezeki, jodoh yang baik, anak yang sholeh, wafat khusnul khotimah dan lain sebagainya karena doa-doa tersebut sudah menjadi satu dalam satu ayat.

#1Hari1Ayat posting 1 sudah saya tunaikan, rencananya 31 posting nanti ingin saya bagi menjadi serial "Doa-Doa dalam Alquran", "Ayat-ayat tadabur alam" dan mungkin juga salah satu ayat yang saya baca dalam hari itu dan sangat berkesan karena sesuatu hal...teriring doa biidznillah.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.