catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Kapan Saat Tepat Memeluk Sang Buah Hati?

Bunda-bunda tercinta, sudahkah memeluk ananda hari ini ? 

Berpelukan tidak hanya tindakan spontanitas yang menunjukkan kontak fisik. Namun ditinjau dari segi ilmiah berpelukan terbukti memiliki berbagai pengaruh terutama secara psikologis.

           Beberapa fungsi berpelukan yang dapat dirasakan antara lain adalah:

  1. Memicu pelepasan hormon dopamin dan oksitosin
  1. Menurunkan kadar kortisol
  1. Berpengaruh pada kesehatan jantung dan tekanan darah
  1. Ketika momen istimewa sang anak
  1. Ketika anak berbuat kesalahan
  1. Ketika anak merasa dalam kondisi emosional
  1. Ketika anak sakit
  1. Ketika akan berangkat atau pulang dari bepergian

Hormon dopamin dan oksitosin adalah hormon yang menimbulkan rasa nyaman dan bahagia. Sehingga ketika berpelukan, pihak yang berinteraksi akan sama-sama merasa nyaman.
Hormon kortisol dikenal sebagai hormon penanda stress. Ketika berpelukan, hormon ini secara otomatis akan menurun sehingga individu tidak mudah merasa tertekan ketika menghadapi permasalahan.
Berkaitan dengan meningkatnya hormon oksitosin, sebuah penelitian di jurnal Biological Psychology memaparkan bahwa kondisi tersebut berpengaruh pada tekanan darah menjadi lebih stabil dalam batas normal sehingga terhindar dari hipertensi dan gangguan jantung.

         Mengingat pentingnya berpelukan, maka pelukan adalah salah satu bentuk kontak fisik yang sangat disarankan dalam interaksi orangtua dan anak. Apalagi ketika sang buah hati masih berusia bayi, secara naluri orang tua akan lebih sering memeluknya sesering mungkin. Namun seiring bertambahnya usia ananda, pelukan mungkin kian jarang ia dapatkan.


           Bilamana pelukan orangtua sebaiknya dilakukan? Secara umum semakin sering orang tua memeluk ananda maka semakin baik akibat yang ditimbulkannya. Namun beberapa momen berikut ini adalah saat-saat yang paling disarankan bagi orang tua memeluk buah hatinya sehingga ia akan mengingat sepanjang hidupnya:
Momen istimewa sang anak adalah momen yang jarang terjadi seperti saat ulang tahun, ketika anak meraih prestasi, naik kelas atau lulus sekolah. Pelukan ketika anak sedang berada dalam momen istimewa adalah bentuk penghargaan atas perjuangan yang telah dilakukan atau pengakuan bahwa kehadirannya sangat istimewa.
Sebuah kesalahan tidak harus serta merta diganjar dengan kemarahan. Sanksi boleh ditegakkan sebagai pengingat agar kesalahan yang sama tak akan terulang, namun peluk ananda sebagai bagian dari penjelasan bahwa hukuman yang diberikan berlandaskan kasih sayang.
Marah, atau ketika patah semangat adalah kondisi emosi yang bisa diperbaiki dengan berpelukan. Ketika semangat berjuang anak semakin berkurang karena merasa lelah, peluk sang anak untuk memberikan motivasi agar ia menyadari mendapatkan dukungan. Saat anak marah, segera peluk ia dan bisikkan dengan lembut kata-kata penuh kasih untuk meredakan amarah.
Ketika sang buah hati merasa sakit dan tak enak badan, peluklah ia, berikan pijatan lembut dan bisikkan doa-doa kesembuhan untuk memberikannya rasa nyaman.
Ketika orang tua akan berangkat atau segera setelah datang dari bepergian, termasuk berangkat dan pulang bekerja jangan lupa sempatkan untuk memeluk anak untuk menumbuhkan rasa bahwa kehadirannya sangat dirindukan.

      Berpelukan adalah bentuk interaksi positif yang berdampak pada tumbuh kembang dan psikologis sang anak. Setiap kali memeluknya sertakan pula doa-doa kebaikan. Orang tua yang memperlakukan anaknya penuh cinta akan membentuk sang anak menjadi sosok berbakti dan penuh kasih sayang.


Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.