“Setiap kebaikan yang kita lakukan, pasti
akan kembali memberikan kebaikan kepada diri kita”
~ Bapak Djohari Zein
(Co-Founder Paxel)
Kalimat tersebut meluncur dengan nada pelan,
kalem dari bibir sosok penting di balik geliat perusahaan jasa pengiriman yang
sedang naik daun. Beruntung saya bisa hadir di acara Gathering Paxel – Blogger
& Media dalam event Opening Paxel Surabaya 14 Februari 2019. Sudah pernah
mendengar Paxel? Kalau belum segera install aplikasi Paxel dari Google Play
& Apps Store. Masukkan kode referral dwiaprily dan dapatkan saldo cuma-cuma
sebesar seratus ribu rupiah untuk menikmati layanan jasa pengiriman sameday harga flat. Sebuah inovasi dari perusahaan
ekspedisi yang bertugas melakukan delivery dari shipment point hingga alamat
end user. Yup, Paxel adalah jasa ekspedisi berbasis aplikasi digital dan bisa
mengirimkan paket pada hari yang sama.
Jasa logistik terbukti memberikan andil besar
pada pertumbuhan bisnis dan ekonomi di Indonesia. Keberadaan perusahaan
ekspedisi menjadi tulang punggung distribusi produk-produk yang diperjual
belikan agar mampu mencapai daerah pemasaran dan alamat pelanggan. Tidak hanya
mempermudah proses jual-beli barang, kehadiran perusahaan logistik sangat
dibutuhkan secara personal untuk urusan kirim paket.
Jujur saja, jika ada seseorang yang berteriak
nyaring di luar pagar “Permisii..paket” apa yang Anda rasakan? Kalau saya, sebongkah
kebahagiaan menyeruak dari dalam hati, membayangkan kiriman apa yang akan saya
terima? Penerimanya bahagia, pengirim paketnya pun senang. Apalagi jika barang
yang dikirimkan untuk seseorang bisa diserahterimakan pada hari yang sama alias
sameday. Kebayang nggak jika suami
buru-buru berangkat kerja lalau handphonenya ketinggalan di rumah sementara
kita tidak mungkin gedubrakan mengejar bus, angkutan atau naik ojek online demi
mengantarkan barang yang sangat penting untuk aktivitas pekerjaan beliau.
Kehadiran perusahaan delivery yang bisa sesegera mungkin mengantarkan barang
penting tersebut sangat diperlukan. Dan...Paxel hadir untuk #AntarkanKebaikan.
Belum lagi peran jasa pengiriman sehari untuk bisnis frozen food. Nggak
kebayang kan jika frozen food yang kita pesan baru datang tiga hari kemudian
dalam kondisi tidak segar. Berbeda jika pesanan tersebut bisa segera diterima
pembeli pada hari yang sama. Penjual dan pembeli sama-sama bahagia. Jadi, jelas
sekali peran Paxel sebagai pencetus inovasi delivery on the same day.
Di acara gathering dalam rangka memperkenalkan
kehadiran Paxel di Surabaya ini banyak hal menarik yang bisa saya dapatkan.
Anggapan bahwa Paxel tak berbeda dengan perusahaan kurir biasa segera sirna.
Apa pasalnya? Sebab saya menangkap visi dan misi mulia di balik bisnis
ekspedisi yang dijalankannya.
Saya terkesan dengan ungkapan Bapak Djohari Zein
bahwa Paxel hadir untuk #antarkankebaikan serta mengangkat derajat kurir yang
biasanya dipandang sebelah mata dan digaji murah. Mengantarkan paket dengan
selamat dalam waktu sesingkat-singkatnya adalah suatu kebaikan tiada tara.
Para kurir juga diperlakukan secara manusiawi serta ditraining untuk mampu merasakan kebahagiaan ketika bekerja sehingga pekerjaannya bernilai ibadah dan bisa menumbuhkan kebahagiaan di hati para pelanggan Paxel. Dan yang menarik petugas kurir ini di Paxel dikenal sebagai Happiness Hero, sebab merekalah ujung tombak dalam mengantarkan kebahagiaan.
Para kurir juga diperlakukan secara manusiawi serta ditraining untuk mampu merasakan kebahagiaan ketika bekerja sehingga pekerjaannya bernilai ibadah dan bisa menumbuhkan kebahagiaan di hati para pelanggan Paxel. Dan yang menarik petugas kurir ini di Paxel dikenal sebagai Happiness Hero, sebab merekalah ujung tombak dalam mengantarkan kebahagiaan.
Visi dan
Misi Paxel
Make The First Move – inilah visi
utama Paxel. Artinya, untuk melakukan atau mengantarkan kebaikan jadilah pionir
alias yang pertama melakukannya.
Memanfaatkan teknologi dan memanusiakan manusia,
dua pesan ini yang tersirat dalam kinerja Paxel dan mampu membedakannya dengan
perusahaan ekspedisi lainnya. Senada dengan pemaparan bapak Alexander
Zulkarnain, Brand Ambassador Paxel, teknologi digital dan Sumber Daya Manusia
ibarat Iron Man dan Tony Stark. Tanpa
pengendalian sisi manusiawi, teknologi mungkin tidak menyentuh sisi kemanusiaan dan bisa menjadi “jahat”. Tetapi dengan sisi manusiawi dari SDM maka teknologi bisa bermanfaat, persis seperti yang diterapkan dalam manajamen Paxel.
pengendalian sisi manusiawi, teknologi mungkin tidak menyentuh sisi kemanusiaan dan bisa menjadi “jahat”. Tetapi dengan sisi manusiawi dari SDM maka teknologi bisa bermanfaat, persis seperti yang diterapkan dalam manajamen Paxel.
Kecanggihan teknologi dan sentuhan manusiawi ini
tampil dalam makna Paxel, simbol dan warna yang menjadi identitas Paxel.
Paxel berasal dari kata Pax dan el. Pax artinya
manusia/orang atau package. el dimaksudkan sebagai akronim dari acellerate yang artinya bergerak. Sehingga Paxel dapat
diartikan sebagai paket atau orang yang bergerak dengan cepat.
Warna seragam petugas Paxel didominasi warna ungu
dan kuning. Ditinjau secara ilmu psikologis, ungu adalah lambang keanggunan,
kemegahan dan kebijaksanaan. Kuning melambangkan kehangatan dan ketiadaan
jarak. Logo Paxel adalah garis-garis warna kuning dan merah yang terhubung
membentuk kubus. Warna merah adalah simbol dari keberanian.
Cara
Mengoperasikan Aplikasi Paxel
Ingin mencoba jasa Paxel? Berikut ini adalah
langkah-langkah menggunakan jasa Paxel:
1.
Unduh aplikasi Paxel dari google store atau IOS. Ikuti step by step instalasi hingga menerima kode verifikasi via SMS di nomor handphone yang didaftarkan.
4.
Isi kolom pick up dan destination
5 Pilih dimensi paket yang akan kita kirimkan,
apakah small, medium atau large. Charge Paxel tergantung pada besarnya paket.
6.
Klik continue
7. Masukkan informasi penerima dan pengirim
(identitas)
8.
Klik create shipment
Proses
Pengiriman Paket Paxel
1.
Order akan diproses sistem dan diterima Happiness
Hero
2.
Happiness Hero akan datang ke rumah sesuai
estimate waktu pick up
3. Happiness Hero mengukur kembali dimensi paket
yang akan dikirimkan apakah sesuai dengan informasi yang disubmit.
4. Sang Hero juga membantu untuk mempacking barang
dengan rapi jali
5.
Paket akan diproses untuk dikirim ke tempat
tujuan
Dari pemaparan selama gathering dan pengalaman
menggunakan jasa Paxel adalah:
Flat
Price dan No Limit Distance
Ada nggak tarif ekspedisi yang
berani mematok harga flat tanpa memperhitungkan jarak? Paxel menawarkan harga
flat tanpa batasan jarak. Artinya ongkos kirim Surabaya – Jakarta dipatok sama
dengan ongkos kirim yang berlaku di dalam Surabaya.
Jaminan
mengantarkan paket sesuai schedule
Jika paket tidak terkirim sesuai
schedule sameday maka credit yang terpotong akan dikembalikan
No
cancellation
Gak bakal ada shipment atau
order yang dicancel seperti yang mungkin kita alami ketika order ojek online
Preffered
Time Slot for shipper and receiver.
Pengirim dan penerima paket bisa
mengatur sendiri, kapan paket tersebut sebaiknya dikirim ke tujuan.
Value
Suka
dengan motto Paxel: We are not delivering
goods, we deliver experience. Tak sekadar mengantarkan barang, tetapi ada
value di balik bisnisnya Salah satu yang perlu digarisbawahi adalah menekankan kejujuran
dan keramahan Happiness Hero. Packaging/wrapping yang disediakan Paxel
bertuliskan pesan dari Bung Hatta: “Tak Ada Harta Pusaka Yang Sama
Berharganya dengan Kejujuran”
Keamanan
Penerima
paket harus bersedia difoto dan membubuhkan tanda tangan elektronik. Hal ini
sangat penting untuk verifikasi apakah paket diantarkan pada alamat, orang yang
dituju atau diwakili seseorang yang bisa dikenali.
Efisien
Semua order untuk delivery paket yang diterima pada hari yang sama akan diantarkan pada hari itu juga. Berbeda dengan pengiriman ekspedisi yang biasanya menerapkan first receive, first to deliver. Efisiensi Paxel ini karena manajemen pengaturan tugas yang to tohe point: Hero jemput barang, barang masuk locker sesuai spesifikasi alamat dan Hero mengantarkan barang.
Efisien
Semua order untuk delivery paket yang diterima pada hari yang sama akan diantarkan pada hari itu juga. Berbeda dengan pengiriman ekspedisi yang biasanya menerapkan first receive, first to deliver. Efisiensi Paxel ini karena manajemen pengaturan tugas yang to tohe point: Hero jemput barang, barang masuk locker sesuai spesifikasi alamat dan Hero mengantarkan barang.
Kesan berbuat kebaikan begitu kuat tertanam pada bisnis Paxel. Cara memperlakukan customer, mengangkat derajat kurir alias Happiness Hero, berupaya melindungi paket semaksimal mungkin, bahkan pemberian top up credit sejumlah 100 ribu rupiah pada setiap customer yang mengunduh aplikasinya diniatkan untuk berbagi kebaikan.
Bagaimana? tertarik mengirim paket menggunakan
Paxel? Saya sih iyes. Apalagi para pebisnis toko online yang biasa packing
barang sendiri, mengirim paket dalam jumlah kecil dan tidak memiliki pegawai khusus
untuk urusan delivery. Paxel akan sangat membantu mengatasi keterbatasan
wirausaha dan membantu proses pemasaran lebih efisien.
Tidak mengherankan jika Paxel telah banyak digandeng sebagai mitra utama beberapa perusahaan terkemuka untuk mengirimkan paket-paket pentingnya seperti WWF, YPPI, Omiyago.
Paxel juga dipercaya Timnas sepakbola Indonesia untuk mensupport urusan logistik dan ekspedisi perlengkapan saat berlatih maupun bertanding.
Coverage Area
Saat ini Paxel baru beroperasi di kota-kota besar di Indonesia yaitu meliputi wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar. Namun besar kemungkinan jasa Paxel akan merambah kota-kota lainnya sebab aplikasi berbisnis digital sedang tumbuh pesat dan sangat sesuai dengan perkembangan zaman yang membutuhkan mobilitas tinggi.
Tidak mengherankan jika Paxel telah banyak digandeng sebagai mitra utama beberapa perusahaan terkemuka untuk mengirimkan paket-paket pentingnya seperti WWF, YPPI, Omiyago.
Paxel juga dipercaya Timnas sepakbola Indonesia untuk mensupport urusan logistik dan ekspedisi perlengkapan saat berlatih maupun bertanding.
Coverage Area
Saat ini Paxel baru beroperasi di kota-kota besar di Indonesia yaitu meliputi wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar. Namun besar kemungkinan jasa Paxel akan merambah kota-kota lainnya sebab aplikasi berbisnis digital sedang tumbuh pesat dan sangat sesuai dengan perkembangan zaman yang membutuhkan mobilitas tinggi.
Rumahku Sidoarjo, sayangnya belum masuk area tercover. Semoga coverage area nya lebih dikembangkan lagi
ReplyDeletePaxel membantu orang-orang yang gak pinter mbungkus kado. Ngirimnya acak-acakan, sampai barangnya rapi.
ReplyDeleteKeren nih Paxel.. smoga coverage areanya semakin luas. . biar antarkan kebaikannya semakin mudah ya. .
ReplyDeleteKehadiran Paxel ini tentunya menjadi angin segar bagi industri pengiriman barang, kita jadi punya pilihan lain diluar yg ada sebelumnya
ReplyDeleteSemoga Padang segera tercover. Pingin ngirim2 ke sana
ReplyDeleteRumahku di pojokannya Surabaya.. Jadi belum tercover..semoga next time semakin baik dan baik proses pelayanannya.. Aaamiiiiin
ReplyDeleteKeren banget ya Mbak ada kebijakan no cancellation, memang sangat memudahkan dan memanjakan pelanggan. Aku jual kopi bisa tambah asyik dong, moga-moga Paxel segera masuk ke Lamongan.
ReplyDeleteMenanti Paxel launching di kota lain, termasuk Lamongan. Pasti penjual online akan dipermudah.
ReplyDelete