catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Kompor Gas Rinnai, Saksi 17 Tahun Pernikahan Kami


Desember 2018 lalu tepat ulang tahun pernikahan kami yang ketujuh belas. Jika sosok manusia menginjak usia tujuh belas ia pasti sedang mencari jati diri dan mulai bersolek untuk tampil mempesona. Namun bagi usia pernikahan, 17 tahun disebut sudah terlalu tua tidak bisa, tetapi masih terus berharap untuk bertahan lebih lama.

Menjalin hubungan baik dengan siapapun kita selalu berharap bisa bertahan lama dan mendapatkan kebaikan dari jalinan interaksi tersebut. Demikian pula halnya dengan menjalin interaksi dengan sesuatu, perabot rumah tangga misalnya. Selalu berharap perabot tersebut awet dan tidak mudah rusak. Seperti itu juga harapan saya ketika memilih kompor gas Rinnai.

Perkenalanku dengan Rinnai berawal tak sengaja ketika belum menikah. Waktu itu kantor tempatku bekerja mengadakan acara buka puasa bersama sekaligus gathering dan bagi-bagi hadiah door prize. Ada hadiah utama berupa cincin emas dan beberapa perabotan rumah tangga senilai ratusan ribu rupiah serta berbagai hadiah hiburan. Pokoknya semua karyawan kebagian.

Bersyukur di acara gathering tersebut ternyata saya menjadi salah satu pemenang hadiah utama dan berhak atas kompor gas Rinnaidua tungku. Wahaha asik. Meski untuk membawanya pulang ke kost-kostan harus naik angkota tapi dada rasa bergemuruh bahagia bisa menabung perabotan untuk persiapan berumah tangga.

Ketika saya menikah dua tahun kemudian tak perlu menyisihkan anggaran untuk membeli kompor gas. Saya lupa nama type kompor gas Rinnai dua tungku tersebut, tetapi tahun demi tahun berlalu, mulai dari rumah kost pindah ke rumah kontrakan hinggadibawa pindah lagi ke dapur rumah pribadi kompor ini tidak pernah rewel.

Setahun  tinggal di rumah kontrakan dan delapan tahun tinggal di rumah pribadi, kami memutuskan untuk berhijrah, pindah lagi ke rumah baru. Kebanjiran setiap tahun adalah alasan utama pindah rumah. Saat mulai berkemas menjelang hari H kami baru menyadari, perabot rumah ternyata banyak sekali. Dengan alasan kepraktisan beberapa perabot kami bagikan ke tetangga dekat, termasuk kompor gas Rinnai dua tungku yang selama ini setia menemani. Sedih? Sedikit merasa kehilangan sih. Rinnai hadiah door prize ini menjadi saksi susah payahnya saya di saat-saat belajar memasak, belajar menjadi istri yang bisa menyenangkan suami dengan hasil masakan yang kadang keasinan kadang sedikit gosong hehehe. Rinnai juga menjadi saksi ketika masakan saya suatu ketika sangat lezat dan mendapat pujian dari suami tercinta. Tetapi kesedihan ini tak perlu berkepanjangan, suami telah membelikan kompor gas dua Rinnai RI-602 AT dua tungku di rumah kami yang baru. Lagipula kami berharap keberadaan kompor gas Rinnai yang lama di dapur tetangga depan rumah yang kami tinggalkan, bisa menjadi kenang-kenangan dan tali asih untuk jalinan kekerabatan. 

Kompor gas Rinnai pembelian suami juga lebih inovatif karena dilengkapi tombol timer. Jadi tidak perlu khawatir lupa mematikan kompor gas saat sedang memasak sambil melakukan pekerjaan lain. 
Rinnai RI-602 AT Dilengkapi Timer

Perkirakan kapan kompor gas perlu dimatikan saat masakan sudah matang. Set waktu (5-45 menit). Sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya, kompor gas yang sedang menyala untuk memasak bisa ditinggal. Jika sampai pada waktu yang sudah ditentukan alarm kompor akan berdering nyaring sehingga kita bisa segera mematikan kompornya. Aman dan nyaman.
Rinnai awet dan tahan lama

Tak terasa hampir sembilan tahun kami tinggal di rumah pilihan kami untuk berhijrah. Beberapa perabot rumah tangga sudah berganti karena rusak, berkarat atau kerjanya sudah tidak maksimal lagi. Lemari es, mesin cuci, AC, sofa, meja makan, televisi sudah lebih dari dua kali ganti merk dan model. Tetapi kompor gasnya masih tetap Rinnai dua tungku yang dibelikan suami sejak kami pindah ke rumah ini.

Rinnai memang pilihan pertama untuk perabot rumah tangga. Ingat kompor gas, merk yang pertama kali terlintas ya Rinnai yang paling pas. Tidak salah menjuluki #RinnaiPilihanGenerasiNow sebab berbagai kelebihan ditawarkannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan kompor gas Rinnai:

1. Desain modern dengan finishing stainless steel
Desain kompor gas Rinnai yang telah tercover stainless steel ini menciptakan image yang mewah, gagah dan anggun. Tampil menawan di dapur demi menyajikan masakan terbaik bagi orang-orang tersayang.
2. Dilengkapi fitur anti gores
Usia kompor gas Rinnai saya sudah hampir sepuluh tahun. Tetapi permukaannya masih licin mengkilat karena kompor gas Rinnai dilengkapi fitur anti gores dan mudah dibersihkan. Bagian tungkunya juga tidak mudah berkarat karena sudah dilapisi anti karat.
3. Efisien
Kompor gas Rinnai menyajikan kekuatan api besar yang merata. Besar kecilnya api bisa diatur dengan mudah menggunakan tombol. Hal ini membantu konsumsi gas lebih ekonomis
Apinya menyala biru

Merawat perabot rumah tangga sama halnya dengan merawat cinta, harus penuh perhatian dan ketelatenan. Begitu juga ketika memperlakukan kompor gas. Mungkin tidak ada tips khusus merawat kompor gas tetapi seringkali kita lupa merawat dan memperlakukan kompor gas dengan seksama. Agar kompor gas Rinnai bisa tetap tahan lama dan kinerjanya maksimal, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki kompor gas di rumah:
1.    Tempatkan di posisi yang nyaman untuk memasak
Posisi kompor yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan aktivitas memasak kurang nyaman. Sehingga merawat kompor gas pun bisa asal-asalan. Letakkan kompor gas sejajar pinggang agar proses menggunakan kompor lebih menyenangkan
2.    Bersihkan kompor gas secara berkala
Jangan menunggu kerak lemak menumpuk di tungku kompor gas. Kotoran yang terlalu lama menumpuk akan mengeras sehingga sulit dibersihkan. Lap permukaan kompor dengan lap basah setelah kotoran dibersihkan. Kemudian lap kembali dengan kain kering. Bukan hanya bagian permukaan kompor yang perlu dibersihkan tetapi bagian tungku juga perlu dibersihkan secara berkala menggunakan kuas cat. Hal ini untuk mengurangi penumpukan sisa-sisa pembakaran. Tungku yang kotor akan menimbulkan nyala api merah sehingga proses pematangan masakan tidak merata.
3.    Pergunakan kompor dengan bijak
Perhatikan teknik memasak dengan bijak agar tidak merusak kompor. Hindari mengiris bahan masakan di atas kompor agar tidak meninggalkan goresan. Jangan memasak atau mendidikan air hingga tumpah sehingga membasahi tungku.

Saya berupaya merawat kompor gas #RinnaiPilihanGenerasiNow seperti saya merawat keluarga. Perabot yang dirawat membantu berhemat sebab perabot yang terawat akan lebih awet dan tidak butuh biaya perawatan ekstra atau perbaikan. Bahkan jika memungkinkan perabot-perabot rumah tangga tersebut bisa diwariskan ke generasi berikutnya sebagai kenang-kenangan yang sarat pelajaran kehidupan. Seperti Rinnai yang telah membersamai rumah tangga kami hingga 17 tahun dan berharap ia akan tetap setia sebagai saksi bisu hingga akhir perjalanan nanti.



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.