catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Hijrah Keluarga Hebat, Iman Sahabat Keluarga

Hadir di kajian Ustadz Suhadi Fadjaray di Masjid Al Ukhuwwah 20 Oktober 2018 mengingatkan kembali bahwa sahabat keluarga terbaik adalah IMAN.

Dalam tema kajian Hijrah Keluarga Hebat saya diam-diam beristighfar, betapa masih jauhnya diri ini dari pribadi muslimah yang diinginkan Allah. Saya membuat intisarinya sebagai berikut.

Dalam surat At Tahrim ayat 66 Allah berfirman: "Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
Inti dari surat tersebut adalah bahwa Allah memerintahkan untuk menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari api neraka. Maka sudah menjadi kewajiban kita agar menuju surga adalah ikhtiar bersama, bukan untuk diri sendiri namun juga membawa serta keluarga.
sahabat keluarga

❤Dalam surat Ali Imran ayat 33 Allah berfirman: "Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh dan Keluarga Ibrahim dan Keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing)  Lagi-lagi Allah menekankan arti kata Keluarga pada Keluarga Ibrahim dan Keluarga Imran, sebab pada dua contoh ini diperoleh tauladan tentang Ayah, Ibu dan Anak yang taat kepada Allah.  Bukan keluarga Nabi Adam yang tercoreng oleh kisah Qobil dan Habil (peristiwa pembunuhan pertama di dunia) atau Keluarga Nabi Nuh yang tercoreng oleh ketidaktaatan anak (Kan’aan) dan istrinya.
sahabat keluarga

☘Kedua ayat tersebut menjadi inspirasi bahwa hijrah menuju kebaikan adalah hijrah satu keluarga, bukan hanya Ayah, Ibu atau anak saja, tetapi semua anggota keluarga.

Agar sebuah keluarga bisa menjadi keluarga Islami dan menjadi dasar peradaban yang tertata bukan semata berdiri karena peribadatan, maka poin-poin penting berikut ini perlu diperhatikan:

1. Cintailah keluarga secara terukur. 
Cinta kepada pasangan hidup dan anak tidak boleh melebihi cinta kepada Allah dan RasulNya
QS At Taubah ayat 24: “Katakanlah jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan,perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan RasulNya serta berjihad di jalanNya maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusanNya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.
Ayat ini jelas mengingatkan kembali bahwa Allah "mengancam" orang-orang yang mencintai sesuatu melebihi cinta kepada Allah, RasulNya dan jihad karena Allah.

2. Bersyukurlah jika telah menikah dan kemudian dikaruniai anak.
QS: Luqman ayat 12: “Dan sungguh, telah kami berikan hikmah kepada Luqman yaitu “Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya, Maha Terpuji.
Jangan mengeluhkan kehadiran anak-anak sebab bisa jadi jika kita tidak bersyukur atas kehadiran mereka, mereka juga tidak mensyukuri kehadiran kita. Anak-anak tidak bisa memilih dari rahim Ibu yang mana ia dilahirkan dan dari benih Ayah mana ia berasal.

3. Jangan biarkan anak kehilangan figur Ayah.
Menurut penelitian ahli tumbuh kembang dan spikolog, anak yang kehilangan figur Ayah, bisa tertekan secara psikologis bahkan cenderung menjadi pribadi yang terjebak dalam kelainan orientasi seksual (LGBT)

4. Didik anak-anak menjadi pribadi yang tangguh secara fisik, mental, intelektual, spiritual dan finansial. Jangan biarkan mereka menjadi individu yang lemah.
QS: An Nisa’ ayat 9 “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap kesejahteraannya. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.
Dari ayat ini para ulama menafsirkan bahwa untuk membentuk pribadi anak yang tangguh dan tidak lemah maka orang tua harus memberikan tauladan sebagai insan yang bertaqwa dan bertutur kata yang benar
sahabat keluarga

Allah telah menjanjikan bahwa kepada setiap keluarga yang sama-sama mengupayakan menjadi pribadi yang beriman, taqwa dan beramal shalih agar bisa masuk surga, mereka akan berkumpul bersama anak cucunya di surga.
QS At-Tur ayat 21 : “Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga) dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya."

❤seorang Ayah atau Ibu bisa saja naik derajatnya ke surga yang lebih tinggi, jika seorang anak memohonkan ampunan atas dosa kedua orang tuanya. 

❤seorang istri dijanjikan Allah untuk masuk surga dari pintu mana yang ia kehendaki jika mampu menjaga 4 perkara: mendirikan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kehormatan, taat kepada suami. (penyebab-penyebab seorang wanita masuk neraka: hawa nafsu yang mendominasi, kecondongan kepada kesenangan-kesenangan dunia dan berpaling dari akhirat dan kufur terhadap kebaikan-kebaikan suami)

❤seorang Ayah bisa terhalang masuk surga, jika dalam hidupnya ia tidak berupaya menjauhkan anak dan istrinya dari api neraka

Semoga kita senantiasa ingat bahwa sahabat keluarga yang paling baik adalah iman. Berharap mampu menjadi orang tua yang memberikan contoh bagaiman mencerminkan pribadi Islami yang mampu mengaplikasikan Al Quran dalam kehidupan, tidak sekadar membaca dan menghafal. Berharap bisa mengantar anak-anak menjadi pribadi shalih dan bermanfaat bagi umat.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.