catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Insto Dry Eyes Mengatasi Gejala Mata Kering Tanpa Was-was



"Aduh mataku kok ngga enak banget rasanya, Mata sepet, dan pegal. Gejala mata kering nih. Padahal masih harus nyetir lagi kan. Keluh suamiku usai turun dari Gunung Telomoyo yang udaranya sangat dingin. Wah gawat dong, kalau pak sopir mengalami gangguan yang membahayakan tugas menyetir. Ya udahlah kami rehat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan. Ah bersyukur saya nggak lupa berbekal INSTO DRY EYES
Insto Dry Eyes solusi mata kering saat traveling, Dokpri 



#InstoDryEyes tak bisa diragukan lagi merupakan #SolusiMataKering terbaik yang mampu mengatasi keluhan gejala mata kering secara tepat dan tuntas. Mata adalah panca indera yang merupakan anugerah yang sangat berharga dan istimewa. Mata tak hanya pancaran jiwa, mata adalah jendela yang membuka wawasan dan pengetahuan. Maka mengatasi mata kering adalah tindakan yang tak bisa ditawar dan ditunda-tunda lagi.

Saya membawa Insto Dry Eyes di dalam tas travelling sebab sebelumnya saya sendiri juga mengalami gejala mata kering akibat terlalu sering menatap layar laptop. Maklum sebagai freelancer saya harus berkejaran dengan deadline, apalagi ada rencana travelling, pekerjaan harus diselesaikan segera agar tak mengganggu ketenangan saat bepergian.
Namun resikonya mata saya terasa pedih, pegal dan kering, pelupuk mata terasa gatal.
Insto Dry Eyes Mengatasi Gejala Mata Kering, Dokpri

Kebayang paniknya ketika sebagai pekerja yang sangat tergantung pada kerja mata lalu mengalami gangguan mata kering. Duh, padahal masih harus buka referensi sana sini, melengkapi tulisan dengan foto, infografis dan penunjang lainnya. Drama banget lah kalau terpaksa harus mengambil jeda kerja, apalagi ide menulis lagi bagus-bagusnya. Bagi saya tuh, kalau ide menulis sedang lancar ngga bisa berhenti tiba-tiba sebab bisa membuat rancangan tulisan di kepala jadi ambyar.
Mata iritasi karena kering. Dokpri 


Oleh karena itu, sebelum jadi drama berkepanjangan dan kehilangan ide menulis dan pas jalan-jalan tidak bisa menikmati pemandangan karena mata tak nyaman maka permasalahan ini harus dituntaskan. Gejala mata kering harus segera diatasi tanpa ditunda lagi. Tak dinyana ternyata Insto Dry Eyes yang telah menjadi sarana mengatasi keluhan mata kering saya juga menjadi penolong bagi suami.
Insto Dry Eyes adalah solusi. Dokpri

Insto Dry Eyes solusi mata kering. Dokpri 


Gejala Mata Kering

Mata kering merupakan kondisi tak lazim, penyakit atau gangguan kesehatan pada mata yang disebabkan oleh ketidakseimbangan komponen air mata sehingga menyebabkan mata merasa tidak nyaman. Gejala mata kering yang paling utama adalah mata terasa mengganjal, pegal, sepet, terasa merah dan pedas. Terkadang jika parah ada rasa seolah mata berpasir dan muncul belek/kotoran.

Penyebab Mata Kering

Menurut jurnal yang ditulis Noor NA, Rahayu pada tahun 2020 prevalensi mata kering di Indonesia berada pada 27,5 - 30,6% dan berpotensi bisa menjadi lebih besar. Lebih lanjut, Noor NA memaparkan bahwa penyebab utama mata kering adalah screen time / waktu mata menatap layar elektronik yang tinggi. Ketergantungan manusia pada gadget baik untuk bekerja maupun mencari hiburan mengakibatkan dampak negatif salah satunya yaitu mata kering. Zaman digital membuat mata semakin sering terpapar gawai. Baca berita bisa dilakukan di portal berita online, belanja di marketplace melalui transaksi online, scrolling media sosial sambil chat sana sini tak terasa berjam-jam, meeting pekerjaan pun bisa dilakukan melalui berbagai platform online.

Ketika fokus menatap layar gawai maka frekuensi mata mengerjap menurun, padahal salah satu fungsi mata mengerjap adalah untuk membasahi panca indera kesayangan ini. Sama halnya ketika fokus menatap jalan ketika berkendara dalam perjalanan jauh, kemungkinan gangguan mata kering bisa terjadi seperti halnya yang diderita suami saya.

Mata kering juga bisa disebabkan oleh perubahan hormonal, faktor bertambahnya usia, efek dari penyakit tertentu dan juga perubahan cuaca/udara. Seperti gejala yang dialami suami saya kemungkinan karena matanya dipaksa untuk terus fokus selama menyetir selama lima jam perjalanan dan juga mengalami perubahan cuaca tiba-tiba, dari cuaca/suhu cenderung panas dari daerah rumah kami Sidoarjo hingga selama perjalanan lalu menemui udara dingin di pegunungan Telomoyo.
Mata kering juga bisa disebabkan oleh tingkat polusi yang tinggi, debu dan asap rokok.

Bahaya Mata Kering

Gejala mata kering akan menjadi sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Selain dampak paling awal adalah perasaan tidak nyaman (karena setiap gangguan kesehatan selalu menimbulkan rasa gerah, sebal, tidak tenang) berbagai bahaya lanjutan bermunculan. Penglihatan terganggu bisa menyebabkan bahaya ketika kita sedang bekerja, apalagi jika harus mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin, tentu was-was dong karena pekerjaan yang butuh konsentrasi tinggi dan mata yang sehat ini bisa saja membahayakan diri jika mata sedang mengalami gangguan.

Pada tingkat gangguan mata kering paling parah, akan menyebabkan iritasi parah sehingga dampak terberatnya adalah terjadinya peradangan yang bisa menyebabkan permukaan lapisan mata rusak permanen. Duh, jangan sampai lah mata yang disayang-sayang mengalami kerusakan parah hingga tak bisa bekerja secara optimal.

Tips Menghindari Gejala Mata Kering

Apakah gejala mata kering bisa dihindari? paling tidak diminimalisir. Bisa dong. Beberapa langkah berikut ini bisa diterapkan dalam meminimalisir gejala mata kering:
1. Upayakan jeda ketika bekerja menatap gawai
Jangan memaksakan mata untuk terus bekerja keras. Jika sudah timbul keluhan gejala mata kering ambil jeda untuk istirahat. Alihkan mata dengan menatap pemandangan yang menyejukkan mata.
2. Lakukan senam mata
Senam mata juga membantu mengurangi keluhan tidak nyaman pada mata. Cara paling mudah untuk senam mata adalah dengan duduk tegap, arahkan pandangan ke langit-langit lalu lakukan gerakan memutar-mutar bola mata, kemudian lakukan gerakan kelopak mata terbuka dan terpejam untuk beberapa saat. Pijat ringan daerah sekitar kelopak mata
3. Terapkan gaya hidup sehat.
Perbanyak minum air putih dan mengonsumsi buah dan sayur. Kecukupan vitamin dan mineral membantu daya tahan tubuh meningkat.
4. Siapkan pengobatan tepercaya
Sebagai pertolongan pertama jika gejala mata kering kian tidak nyaman, persiapan obat tetes mata sangat diperlukan. Jika keluhan semakin berat ada baiknya melakukan pemeriksaan dan pengobatan mata secara lebih intensif.


Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering

Mata merupakan indera yang harus dijaga dengan baik. Jika terjadi gangguan pada mata, maka serahkan pada ahlinya untuk mengatasinya. Sepanjang pengalaman pribadi, keluarga saya mempercayakannya pada Insto. Dan khusus Insto Dry Eyes memang solusi mata kering yang sangat penting.

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering, Dokpri

Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophyl methyl selulose 3,0 mg dan Benzalkonium Chloride 0,1 mg. Obat tetes mata produksi PT Pharma Healthcare Combiphar ini dikemas dalam botol plastik tembus pandang dengan nuansa warna biru dengan tutup botol berwarna biru. Kemasan 7,5 ml dijual dalam kisaran harga 18 ribuan.

Hidroxyprophyl methyl selulose berfungsi sebagai humektan yang membantu menjaga kestabilan kondisi kelembapan mata dengan cara mengabsorbsi kelembapan dari lingkungan serta mengurangi terjadinya penguapan yang pada akhirnya bisa menyebabkan gejala mata kering.

Benzalkonium Chloride merupakan antiseptik yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri, virus dan jamur yang kemungkinan bisa tumbuh di dalam mata ketika terjadi perubahan kelembapan.

Cara menggunakan Instro Dry Eyes:
1. Cuci kedua tangan menggunakan air mengalir dan sabun, bilas hingga bersih
2. Jika menggunakan lensa kontak lepaskan terlebih dahulu
3. Buka tutup botol Insto Dry Eyes
4. Dongakkan kepala dengan mata terbuka
5. Teteskan Insto Dry Eyes masing-masing satu tetes di satu mata
6. Lensa kontak boleh digunakan minimal 15 menit setelah menggunakan obat tetes mata
7. Obat tetes mata tidak digunakan untuk pemakaian jangka panjang secara terus menerus.

Mengapa memilih Insto Dry Eyes?

Kelebihan Insto Dry Eyes sebagai obat tetes mata adalah:
1. Mengandung Hidroxyprophyl methyl selulose dan Benzalkonium Chloride yang memberikan efek pelumas seperti air mata dan dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata hingga menyebabkan mata kering
2. Dikemas secara higienis dalam kemasan 7.5 ml yang aman dibawa travelling
3. Harganya terjangkau dengan khasiat dan manfaatnya yang mampu menyembuhkan gejala mata kering


Insto Dry Eyes merupakan solusi terbaik untuk mengatasi gejala mata kering. Tak diragukan lagi, Insto Dry Eyes wajib berada dalam kotak obat keluarga dalam suhu kamar dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung bersama obat-obat lain yang sama penting.

Koleksi Insto Obat Mata di Kotak Obat Keluarga, Dokpri


Daftar Pustaka :
1. Noor NA, Rahayu T, Gondhowiardjo TD. Prevalence of Dry Eye and its Subtypes in an Elderly Population with Cataracts in IndonesiaClin Ophthalmol. 2020;14:2143-2150

2. Insto.co.id

3. Detikhealth
Share:

62 comments:

  1. Aku ngalamin ini mbak, mataku sepet banget, sampai pandangan buram karena kerjaan. Ditetesi insto jadi enakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang semua harus diserahkan pada ahlinya, apalagi mengatasi gejala mata kering

      Delete
  2. aku sering banget ngerasain mata kering kalau lagi perjalanan jauh naik motor... padahal dah pake helm juga hehehehh untungnya di tas selalu sedia insto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bukan suamiku aja yang ngalamin ternyata, untung ada Insto Dry Eyes

      Delete
  3. Bagi kita yang pekerjaannya sering natap layar, sepertinya wajib banget punya Insto Dry Eyes ya. Karena kalau mata sudah kering ga enak banget

    ReplyDelete
  4. Mata kering memang bikin ngga nyaman banget sih. Insto ini sudah sejak lama digunakan sama masyarakat termasuk aku. Langsung pyar mesti nek sudah pakai.

    ReplyDelete
  5. Kalau udah seharian menatap laptop, ditambah hape, biasanya emang mata jadi terasa pedes.Kalau belum dapat tetesan yang seger gitu rasanya belum lega. Malah ujungnya dikucek dan bikin jadi merah gitu.

    ReplyDelete
  6. Mata kering memang cukup mengganggu kalau dibiarkan begitu saja. Bisa-bisa tanpa sadar kucek-kucek mata yang akhirnya bikin mata merah karena iritasi. Untuk ada insto dry eyes yang bisa membantu mengatasi mata kering

    ReplyDelete
  7. insto dry eyes jadi teman perjalanan keluarga ya.
    samaan juga ka, di rumah aku juga pake insto yang satunya untuk mengatasi mata kelilipan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa...kalau perjalanan jauh nyetir gitu kuwatir kalau matanya kenapa napa jadi bawa Insto Dry Eyes deh

      Delete
  8. mata kering sering terjadi secara enggak terduga. jadi emang harus selalu sedia isnto di rumah nih, biar kalau perlu, enggak repot nyari lagi

    ReplyDelete
  9. Insto obat tetes mata legendaris untuk perawatan mata kering dan terkena debu disiang yang panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau fokus ke mesin jahit terus menerus juga bisa mengalami gangguan mata kering ya, makanya perlu persediaan Insto Dry Eyes

      Delete
  10. Bekerja di depan layar terus menerus ini memang membuat mata cepat lelah ya, seperti saat ini, sudah capek rasanya mataku, beli insto dry eyes ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga Insto Dry Eyes terjangkau banget, worth it sama manfaatnya

      Delete
  11. Paling sering mata kering kalau lihat HP, Mbak. Jadi merah dan gatal berair gitu. Untung, aku juga selalu sedia Insto. Mata jadi adem lagi.

    ReplyDelete
  12. Menyetir 5 jam memang cukup lama untuk mata agar tetap berkonsentrasi. Alhamdulillah siap sedia Insto Dry Eyes ya. Tapi boleh juga diselingin dengan istirahat barang 5-10 menit setiap 2-3 jam ketika nyetir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Bang, maunya sih biar bisa cepet sampai gitu, lewat tol panjang. Untung bawa Insto Dry Eyes

      Delete
  13. Saya pernah mengalami mata panas atau seperti berpasir, mungkin efek terlalu lama menatap layar gadget. Ternyata itu gejala mata kering dan membuat tidak nyaman. Sepertinya saya perlu sedia Insto dry eyes deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, paparan gadget mengganggu mata kalau terlalu lama. Insto Dry Eyes solusinya

      Delete
  14. Anyway, brand tetes mata yang aku apal sejak kecil itu insto loh hahaha legend ngga sih. Emang ngga enak bgt mata kering, tp emang untuk yg tiap hari anter jemput anak motoran dan sering di depan gadget rawan sih. Untuk dah tahu solusinya

    ReplyDelete
  15. kudu banget sih bawa instro dry eyes kemana-mana apalagi yang emang kerjaannya banyak di luar atau kantoran atau bahkan dirumah. relate sih soalnya, lama-lama mantenginl laptop dan tablet, mata sering cepet terasa kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul banget mbak. Apalagi kalau kerja mengemudi jauh atau mantengin gadget

      Delete
  16. Insto emang jadi obat tetes mata yang dicari dari dulu. Biasanya kalau keseringan didepan layar suka kering, dan akupun selalu sedia insto dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haa samaan, saya punya dua varian Insto, tergantung kebutuhan

      Delete
  17. Nggak enak banget kalau mata kering, aku pernah ngerasain mata kering sampai sensitif kalau ngeliat cahaya. Awalnya nggak tau kalau itu gejala mata kering sampai akhirnya konsul ke dokter dan diharuskan pakai tetes mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget kan mbak kalau indera berharga ini dalam bahaya, solusinya Insto Dry Eyes lah

      Delete
  18. Nah ini salah satu obat yg ada di kotak obat rumah kami, karena kami termasuk pengguna komputer/gadget yg lumayan aktif dan rentan terkena gejala mata kering..

    ReplyDelete
  19. Pas traveling, Insto Dry Eyes emang jadi solusi ampuh buat mengatasi problem mata kering, ya, Kak. Saya juga udah beli nih.

    ReplyDelete
  20. Aku jg ada Insto dry eye. Cukup membantu banget buatku yg sering mengalami maya kering gata2 kelamaan menatap layar gadget.

    ReplyDelete
  21. ini tiap hari aku pake banget, kalau ga pake mata ga bakal kuat menghadapi segala cobaan dan ujian hidup :'D

    ReplyDelete
  22. Insto andalan memang untuk selalu ada dan sedia, biar gangguan mata kering bisa lekas diatasi gak pake drama ya kak

    ReplyDelete
  23. Sebagai kreator digital yang banyak menggunakan gawai, insto jadi salah satu produk yang wajib dimiliki. Jaga-jaga saat mata kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, biar mata kita yang berharga ini tetap sehat harus ada Insto Dry Eyes

      Delete
  24. Wajib banget pakai Insto kak apalagi kalau mata sering kering jika kena debu atau lain-lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngga segera diatasi dengan Insto Dry Eyes bisa berabe kan

      Delete
  25. Mata kering karena terlalu lama terpapar gadget paling sering kualami Kak. Memang jika ada hal seperti ini, harus segera diberikan pengobatan ya. Untuk gejala awal, menggunakan obat tetes seperti insto bisa jadi solusi yang pas. Dan tentu tak lupa mengistirahatkan mata sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes memang Insto Dry Eyes pilihan tepat mengatasi gejala mata kering

      Delete
  26. Gak perlu mahal-mahal buat bikin mata kita jadi lebih sehat. Kalau mata lagi kering bgt bisa langsung meluncur ke apotik beli Insto Dry Eyes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul Harga Insto Dry Eyes loh hanya 18 ribuan tapi ampuh untuk mengatasi gangguan mata kering

      Delete
  27. Sebagai orang yang pekerjaannya selalu berhadapan dengan layar dan gadget, gejala mata kering sering kali terjadi dan sangat mengganggu kenyamanan mata.

    solusinya selain beristirahat dan memijat mata dengan lembut, juga dengan meneteskan beberapa tetes insto yang ternyata sangat menyegarkan mata

    ReplyDelete
  28. Sebagai orang yang pekerjaannya selalu berhadapan dengan layar dan gadget, gejala mata kering sering kali terjadi dan sangat mengganggu kenyamanan mata.

    solusinya selain beristirahat dan memijat mata dengan lembut, juga dengan meneteskan beberapa tetes insto yang ternyata sangat menyegarkan mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus siapin Insto Dry Eyes selalu nih Kak, pekerjaannya rawan gangguan mata kering

      Delete
  29. ah pas banget ini untuk mamak yang doyan ngedrakor wkwkwk.. kadang mata jangan dipaksa juga sih ya melek depan layar kelamaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooo apalagi kalau nge-drakornya maraton ya kaan, Insto Dry Eyes siap menjalankan peran mengatasi gangguan mata kering

      Delete
  30. wah memang perlu banget insto ini untuk aku yang sehari2 mantengin gadget melulu, makasih infonya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak TD Blogger dan Konten Kreator yang rajin dan juga kerjaan sebagai guru yang sering mantengin laptop, harus sedia Insto Dry Eyes deh

      Delete
  31. Mata kering ini ngeganggu banget, terutama buat lansia yang produksi air matanya memang kurang.
    Jadi kudu rutin ditetesin tiap hari agar nyaman untuk melihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak , usia emang nggak bisa bohong. Mata juga sering gangguan , Insto Dry Eyes siapin selalu deh

      Delete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.