“Curation involves researching, selecting, organizing, and presenting items or information in an engaging way.
It requires creativity, attention to detail, and a keen understanding of your audience”
Caption
yang tertulis di salah satu unggahan akun instagram LavidaIndonesia sangat
sarat makna. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih
berarti: kurasi melibatkan penelitian, pemilihan, pengorganisasian dan
penyajian item atau informasi dengan cara yang menarik.
Mengapa caption unggahan instagram Lavida Indonesia harus ditulis dalam bahasa Inggris, apa karena gaya-gayaan? Tentu tidak, bukan sekadar stylish atau sok Inggris, Lavida Indonesia harus menggunakan bahasa internasional dalam branding, sebab UMKM ini merupakan salah satu UMKM binaan BRI yang go internasional sebagai hasil dari Digitalisasi BRI.
Bersama BRI Membangun Ekonomi, Dokpri |
Digitalisasi BRI, Layanan BRI untuk Masyarakat
di Zaman Digital
Zaman berkembang pesat. Digitalisasi
menjadi sebuah kebutuhan berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk
perbankan salah satunya. Digitalisasi perbankan bisa diartikan sebagai suatu
upaya atau proses agar nasabah atau konsumen bisa melakukan apapun dari situs
resmi, mobile-banking maupun ATM bank, termasuk jika ingin melakukan
perdagangan elektronik /e-commerce.
BRIMo, Digitalisasi BRI, Dokpri |
Digitalisasi BRI salah satunya diwujudkan dalam aplikasi BRImo yaitu financial superapp yang memberikan kesempatan dan
kemudahan bagi para nasabah agar dapat melakukan berbagai transaksi lewat satu
aplikasi. Melalui BRImo, nasabah dapat melakukan transaksi via transfer bank
baik sesama BRI maupun ke bank lain, top up dana ke e-wallet, top up dana
BRIZZI, berbagai transaksi pembayaran tagihan, pembelian token dan pulsa maupun
transaksi menggunakan BRI Virtual Account, hingga pembayaran dengan QRIS.
Berbagai Notifikasi Penting di BRImo. Dokpri |
BRImo memberikan berbagai informasi
penting dan menarik. Nasabah BRI hendaknya rajin membaca pemberitahuan yang
muncul di BRImo, himbauan penting agar terhindar dari kejahatan siber hingga
berbagai promo dapat ditemui di sini.
Pada tahun 2022
volume transaksi finansial melalui BRImo mencapai 2,669 T atau tumbuh dua kali
lipat dibandingkan pada tahun 2021. Memanfaatkan BRImo sebagai bagian dari
Digitalisasi BRI memberikan berbagai keuntungan, antara lain:
1. Efisiensi waktu
Pembayaran tagihan utilitas seperti
tagihan seluler, PDAM, PLN, penyedia internet dan sebagainya bisa dilakukan
secara online melalui BRImo, sehingga tak perlu keluar rumah untuk antri di
loket pembayaran.
2. Banjir promo
BRImo seringkali menawarkan berbagai
promo menarik. Baik itu yang bekerja sama dengan merchant tertentu melalui
penawaran diskon, maupun promo dari internal BRI berupa cashback untuk
pembelian item tertentu.
3. Dapat diakses dimana saja dan kapan
saja.
Mau duduk manis atau sambil rebahan,
BRImo bebas diakses dimana saja dan kapan saja selama 24 jam.
4. Mendorong geliat UMKM
Kemudahan bertransaksi secara digital
memberikan dampak positif bagi UMKM yang sedang berkembang. Berbagai promo
menggunakan QRIS meningkatkan daya beli pelanggan. Pembayaran ke supplier atau
penerimaan pembayaran dari klien menggunakan mobile atau internet banking
memudahkan gerak laju UMKM. Dunia dalam satu genggaman, itulah digitalisasi
perbankan.
Digitalisasi BRI Menyokong UMKM Indonesia
Berpuluh-puluh tahun lamanya BRI dikenal sebagai bank plat merah yang merakyat. Kantor cabangnya berdiri hingga ke seluruh pelosok negeri, di desa-desa kecil di seluruh nusantara. Kesan BRI dekat dengan rakyat dan UMKM telah tercipta sejak puluhan tahun lamanya.
UMKM binaan BRI Cabang Krian di acara Bazaar BRI, Dokpri |
Pedagang pasar tradisional, petani, peternak, pegiat
UMKM/Home Industry paham bahwa jika kesulitan modal maka solusinya adalah
mendapatkan kredit ringan dari BRI melalui Kredit Usaha Rakyat BRI baik itu KUR
Kecil maupun KUR Mikro tanpa harus memberikan agunan sebagai jaminan pinjaman
maksimal 100 juta rupiah.
Tidaklah berlebihan jika BRI diakui sebagai pahlawan UMKM Indonesia. Terbukti sepanjang usianya yang 127 tahun pada tahun 2023, BRI mengutamakan UMKM sebagai partner bisnis. Seiring kemajuan zaman, branding BRI sebagai bank mitra UMKM tetap melekat, bedanya BRI tak hanya mengucurkan modal pinjaman namun juga membantu UMKM binaan untuk berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman bersama support dari digitalisasi BRI, memasarkan produknya menembus dunia internasional.
Efek positif digitalisasi BRI sangat dirasakan terutama di masa pasca pandemi. Di masa pembatasan demi menghalau penularan virus corona, segala aktivitas tatap muka dibatasi, bahkan termasuk di dalamnya aktivitas bisnis dan jual beli. Di masa pandemi corona hampir setiap bidang usaha terdampak dan gulung tikar. Namun di tengah perekonomian yang nyaris runtuh, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertahan menahan gempuran krisis dan tetap mampu menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.
Data yang dirilis Bank Indonesia di situs resminya mencatat bahwa selama masa pandemi jumlah transaksi e-commerce meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan periode sebelumnya. Tercatat terjadi kenaikan dari 80 juta transaksi di tahun 2019 menjadi 140 juta transaksi di bulan Agustus 2022.
Peningkatan yang signifikan ini menunjukkan bahwa transaksi berbasis teknologi digital menjadi trend yang terus merajai dunia bisnis secara global. Di balik pembatasan dan kesulitan saat masa pandemi, bisa dikatakan UMKM menemukan masa kejayaannya. Ketika sendi-sendi kehidupan lebih bergantung pada dunia digital akibat pembatasan aktivitas tatap muka, bisnis UMKM mampu memanfaatkan momen yang tepat untuk bertahan mengatasi krisis perekonomian. Dunia digital menjadi katalis perputaran bisnis bagi produk-produk UMKM untuk dipasarkan secara global.
Bersama Digitalisasi BRI Lavida Indonesia Mendunia, Sumber : tangkapan layar IG Lavidaindonesia |
Memanfaatkan trend dunia digital, BRI
mensupport UMKM-UMKM binaannya untuk go internasional. Salah satu upaya BRI
memperkenalkan UMKM binaan ke dunia global adalah dengan mengadakan
expo BRILianpreneur.
BRILianpreneur merupakan acara tahunan
yang mempertemukan calon buyer potensial dari manca negara dengan penggiat UMKM
digelar sejak tahun 2019. Pandemi corona yang sempat menghantui dunia bisnis
dengan berbagai dampak dari pembatasan pertemuan tatap muka tidak menghalangi
diselenggarakannya BRILianpreneur. Pada tanggal 9-16 Desember 2021
BRILianpreneur digelar dalam format digital dan berhasil mencatat transaksi
hingga 8,1 M rupiah. Capaian ini cukup fantastis dibandingkan transaksi pada
BRILianpreneur tahun 2019 sebesar 1,1 M m dan pada 2020 sebesar 3,1 M
rupiah.
BRILianpreneur berhasil mendorong sekitar 500 UMKM binaan BRI untuk menembus pasar luar negeri. UMKM-UMKM ini bergerak di bidang Fashion & Wastra, Food & Beverage, Home Decor & Craft, Accessories & Beauty, hingga Healthcare/Wellness dan Digital Technology (Startup)
Setiap tahunnya catatan transaksi BRILianpreneur menunjukkan trend
kenaikan yang cukup signifikan. Pada 14 - 15 November 2022 bersamaan dengan
diselenggarakannya pertemuan G20, BRILianpreneur digelar di The Apurva
Kempinski, Bali dan berhasil mencatat transaksi hingga 1,2 T rupiah. Produk yang
berpartisipasi dalam expo dapat disaksikan secara virtual melalui dunia digital
di brilianpreneur-2022.web.app
Lavida Indonesia merupakan salah satu UMKM binaan BRI yang beruntung berhasil memasarkan produknya hingga ke luar negeri. Beberapa kali Lavida Indonesia juga mengadakan expo di mana negara dengan bantuan BRI. UMKM yang bergerak di bidang Home Decor & Craft berhasil memperkenalkan berbagai produk kerajinan karya UMKM Indonesia mulai dari peralatan makan, hiasan meja dan dinding, hingga aneka kerajinan batik di dunia internasional dan secara rutin memasarkannya ke manca negara.
Kenalan Sama Sabrina Yuk!
Sumbangsih BRI Untuk Indonesia melalui
digitalisasi BRI tidak berhenti sampai di sini. Mengimbangi animo masyarakat terhadap
kinerja super apps BRImo yang terus menunjukkan trend positif, BRI bertekad
memperkuat dan meningkatkan kemampuan digitalisasi BRI.
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M Nugraha menyatakan bahwa BRI telah memperkuat pengolahan big data dan pemanfaatan kecerdasan buatan AI sebagai langkah BRI menjawab tantangan zaman. Hal ini juga diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM dengan mengirimkan talenta-talenta digitalnya untuk menimba ilmu di universitas ternama di manca negara melalui program beasiswa serta sertifikasi profesional di berbagai bidang teknologi informasi. Diharapkan dengan penguatan IT operating model BRI mampu meningkatkan kinerja dibarengi transformasi sesuai blueprint transformasi BRvolution 2.0
Sabrina, asisten virtual BRI berteknologi AI, sumber : BRI |
Salah satu terobosan BRI di dunia digital perbankan adalah Sabrina, asisten virtual berteknologi AI yang memudahkan nasabah mendapatkan layanan perbankan sesuai kebutuhan. Sabrina merupakan chatbot yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan dan dirancang untuk dapat berinteraksi layaknya bercakap-cakap dengan manusia. Cara berinteraksi dengan Sabrina cukup mudah. Kirim chat ke 0812-12-14017 untuk mengakses beragam fitur penting seperti cek saldo dan mutasi rekening BRI. Jangan lupa untuk register menu Chat Banking pada BRImo.
Sapa Sabrina Yuk. Dokpri |
Melalui percakapan dengan Sabrina nasabah BRI bisa bertanya tentang simulasi KPR dan BRIguna, status tiket pengaduan BRI, lokasi agen BRILink, lokasi ATM/CRM atau kantor cabang BRI terdekat.
Klik salah satu untuk memilih. Dokpri |
Bahkan Sabrina juga membantu nasabah BRI dalam keseharian misalnya
menemukan restoran terdekat melalui chat dengan mengetikkan kata kunci
"lapar" atau menemukan supermarket dengan chat menggunakan kata kunci
"belanja" kemudian kirim lokasi terkini (shareloc) Berinteraksi
dengan Sabrina kian seru ketika asisten virtual BRI ini menginformasikan
berbagai promo menarik yang sangat menguntungkan nasabah.
Ada yang mau traktir? Dokpri |
Pilihan Sabrina Banyaaak. Dokpri |
Ingin seberuntung Lavida Indonesia yang mendunia atau kenalan dengan Sabrina dan memanfaatkan berbagai bantuannya? Menjadi nasabah BRI adalah jawabnya, bersama BRI membangun negeri.
Daftar Pustaka
1. bri.co.id
2. brilianpreneur.com
3. CNBC
4. iNews
Waah..BRI memang keren ya... Eh aku baru tahu nih ttg Sabrina. Penasaran, mau akses juga ah.. Terima kasih sharing infonya ya..
ReplyDelete