catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Indahnya Ranu Gumbolo, Wonorejo

Libur sekolah kemana ya. Kasihan melihat anak-anak nggak kemana-mana meski sedang liburan. Meski toh mereka nggak minta rekreasi atau tamasya ke suatu tempat, kata mereka yang penting jajan dan makan😀

Iseng-iseng googling Jalur Lintas Selatan Tulungagung - Trenggalek - Pacitan yang sekilas pernah saya lihat di internet, kayaknya indah banget gitu pemandangan tepi pantainya. Pengen menyaksikannya sendiri tapi kapan ya, ndilalah kok keisengan lanjut mencari tempat wisata di sekitar Tulungagung dan ketemu Ranu Gumbolo. Yap betul Ranu Gumbolo, pakai "G"" bukan Kumbolo. Kalau Ranu Kumbolo itu di lereng Gunung Semeru di Lumajang. 

Test water, saya kirim message ke WAG keluarga yang anggotanya hanya kami berempat ini 😃 "Yuk ke Ranu Gumbolo" lalu suami reply: kapan, saya jawab sebelum libur sekolah berakhir. Karena pak suami ingin menyenangkan istri dan anak-anaknya, dia cuti mendadak dan cari mobil sewaan. Kok sewa mobil, ya kan emang kami ngga punya mobil, kalau ingin ke suatu tempat bareng-bareng yang susah dituju dengan angkutan umum ya harus sewa mobil. Biasanya sewa milik teman sendiri, enak ngga pakai ribet.

Maka tanggal 8 Juli 2023 berangkatlah kami berempat dari Sidoarjo. Berbekal nekad dan google map, start jam 6 pagi, sampailah di tujuan sekitar jam 10.20 WIB hanya sempat berhenti sebentar di salah satu SPBU di Kediri selama kurang lebih 15 menit.

Pemandangannya masyaallah indah. Danau berwarna kehijauan yang dikelilingi hutan pinus. Kabut melayang di perbukitan di seberang danau, kicau burung liar bersahutan, sesekali tampak kupu-kupu terbang di sekitar tempat kami duduk menyapa dengan riang.



Panorama secantik ini, harus ditebus dengan berapa rupiah untuk tiket masuknya? Tenaang, HTM per orang sangat bersahabat. Hanya 6 ribu rupiah weekdays, 8 ribu rupiah weekend, 15 ribu rupiah untuk camping dan 5 ribu rupiah untuk parkir mobil. Sayangnya ngga terlalu dekat dari Surabaya/Sidoarjo. Kalau bisa ditempuh dengan motor 20 menitan bisa-bisa tiap akhir pekan kami berwisata di sini hehehe.

Spot untuk berfoto bagus-bagus sih. Spot paling favorit pastinya di dekat danau seperti ini

Spot yang tak kalah menarik adalah duduk di bangku bambu yang disediakan pihak pengelola wanawisata Ranu Gumbolo, kesannya unik dan antik.

Sebenarnya kalau mau eksplore lebih jauh tentu banyak spot yang lebih menarik. Tapi kami datang saat hari dihiasi hujan di musim kemarau, jadilah buru-buru meninggalkan tempat. Sebab kontur tanah di Ranu Gumbolo naik turun khas perbukitan, licin dan becek saat tertimpa hujan.

Di beberapa titik jalan menuju lokasi juga membutuhkan ketrampilan ekstra untuk mengemudi, karena penuh lobang di sana sini. Hmmm apa lagi ya yang bisa diceritakan. Mungkin himbauan dari pihak pengelola ini perlu saya tekankan untuk dipatuhi.

Fasilitas di Ranu Gumbolo harusnya saya ulas juga ya, sayang saya kurang mengeksplore lokasi. Hanya saja saya lihat tersedia MCK, Mushola dari kejauhan sehingga nggak tahu persis bagaimana keadaannya. Jalan menuju danau juga lumayan mudah, karena sudah dilengkapi dengan beton yang memudahkan hiking tipis-tipis di sela pohon pinus. Namun untuk mendekati area danau memang harus menyusuri jalan tanah yang licin ketika hujan.

Oh ya, saat kami datang ada beberapa orang sedang mancing ikan. Suasana danau yang saat itu tidak terlalu ramai memang mendukung untuk berburu ikan. Andai hari tidak hujan mungkin kami menyusuri jalan setapak lebih jauh keliling lokasi untuk menemukan spot-spot keren buat wefie. 

Dan jika ada yang bertanya; rutenya bagaimana? Saya hanya bisa jawab: ikuti google map saja, insyaallah nggak nyasar. Meski harus melewati jalan yang sepiii seperti di tengah hutan, tidak terlalu lebar dan sesekali bertemu pencari rumput, insyaallah itulah jalan menuju Ranu Gumbolo , Desa Wonorejo, Pagerwojo, Tulungagung.


Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.