catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Pilih-Pilih Paket Hemat Internet Indosat


Jika zaman dahulu kebutuhan pokok hanya berkisar sandang, pangan, papan maka di era digital bisa jadi kebutuhan pokok bertambah dengan kebutuhan akses operator seluler atau internet yang optimal.
Kebetulan saya biasa menggunakan paket Unlimited Indosat untuk layanan internet. Baik untuk smartphone maupun untuk keperluan internet laptop dengan jalan tethering via hot spot. Tapi sebulan atau dua bulan belakangan ini harga paket internet unlimited Indosat naik terus, kebijakannya juga berubah. Kebijakan terbaru, unlimitednya tidak murni unlimited alias tidak murni “tidak terbatas” tetapi kini “dibatasi pemakaian kuota” Jadi contohnya untuk Unlimited 3GB + 15 GB Apps, jika pemakaian Apps (yang free) telah mencapai 15 GB maka kecepatan akses internet akan berubah menjadi Pulsa Safe dengan kecepatan 128 Kbps saja. Artinya, kalau sudah you tube-an dan aplikasi sehari-hari (Facebook, Twitter, Line, FB Messenger, Grab, Gojek) mencapai 15GB, kecepatan akses internet dipastikan menurun. 
Saya sudah pernah coba Pulsa Safe seperti apa sodara, dan ternyata mampu lebih mendekatkan diri kepada Sang Kuasa karena harus sering istighfar sambil mengelus dada karena lolanya.

Btw, aplikasi sehari-hari itu yang mana aja sih. Ya aplikasi yang lazim digunakan, non instagram dan you tube.
Ini informasi di aplikasi My Im3 untuk paket 1Gb

Duh, jadi gimana dong enaknya, agar saat menentukan paket internet tidak bakal kecewa. Untuk memilih paket internet sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh saya bisa memberikan tiga jenis paket internet Indosat yang pernah saya coba sebelumnya:

1.   Unlimited Indosat
Ada beberapa pilihan untuk Unlimited Indosat:
Unl 500MB dan 1GB Apps Aplikasi (berlaku dua hari)
Unl 1GB dan 2 GB Apps Aplikasi (berlaku 7 hari)
Unl 1GB dan 4.5 GB Apps Aplikasi (berlaku 30 hari)
Unl 2GB dan 7.5 GB Apps Aplikasi (berlaku 30 hari)
Unl 3 GB dan 15 GB Apps Aplikasi (berlaku 30 hari)
Unl 7 GB dan 20 GB Apps Aplikasi (berlaku 30 hari)
Unl 10GB dan 25 GB Apps Aplikasi (berlaku 30 hari)
Unl Jumbo dan  38 GB Apps , 100 min telpon dan 100 SMS ke operator lain
Paket-paket unlimited ini selain kuota utama yang tertera, masing-masing paket biasanya memberikan bonus kuota yang berlaku selama seminggu. Untuk memilih paket yang tepat jangan lupa diteliti dulu, Apps yang gratis itu termasuk apa saja, karena ada yang Instagramnya tidak gratis. Seperti Unl 3 GB, 2 dan 1 GB yang Instagramnya memakan kuota. Saya biasa pakai Unl 7 GB dan 20 GB Apps Aplikasi (berlaku 30 hari) saat saya menulis artikel ini harganya 80 ribu langsung di Aplikasi MyIm3. Biasanya di counter atau E-commerce harganya lebih murah sekitar dua ribu an.
Paket Unl 7 GB dan 20 GB Apps Aplikasi (berlaku 30 hari) ini cukup memenuhi kebutuhan internet saya sebagai pemilik konter PPOB, penulis freelance dan blogger yang butuh akses internet untuk laptop, influencer yang wajib upload konten di Instagram, nyetatus di FB atau nge-tweet di twitter. 

7GB kuota utama dan 4 GB kuota bonus yang berlaku selama 7 hari sudah memadai untuk menyelesaikan semua pekerjaan saya yang berkaitan dengan internet. Unlimited untuk aplikasinya sangat membantu menghemat kuota. Tapi kalau keseringan nonton you tube atau upload konten instagram harus nrimo dengan Pulsa Safe yang menguras kesabaran.




Bagi yang tidak terlalu tergantung internet dan memanfaatkannya sekadar untuk berkomunikasi via media social atau chit chat mungkin bisa memilih Unl yang kuotanya lebih kecil. Karena kalau kuota bersisa kan sayang. Meski di Indosat berlaku kuota Roll Over, namun jika kebutuhan kuota internet stagnan segitu aja maka sisa kuotanya tetap menumpuk, sayang kan? Dibelinya pakai uang/pulsa loh.

2.   Freedom Internet
Ini paket terbaru di Indosat. Harganya juga sangat murah. Paket yang dijual adalah kuota utama dan jika kuota utama sudah habis, masih bisa akses internet dengan Pulsa Safe yang kecepatannya 64 Kbps. Tersedia mulai harga 15 ribu rupiah dan harus ada pulsa minimal 10 ribu di handphone untuk aktivasi. Pulsa ini tidak berkurang meski kita mengaktifkan paket Freedom.
Saya pernah mencoba memakai 15 GB seharga 50 Ribu rupiah. Dan dalam 10 hari saya menghabiskan jatah 15 GB itu sodara, setelah itu saya harus bersabar dengan Pulsa Safe yang…ya sudah saya ceritakan di atas. OMG, setelah itu saya kapok beli Freedom Internet karena tidak mencukupi kebutuhan saya. Bagi orang-orang yang tidak terlalu butuh internet di luar rumah, mungkin paket ini cukup bagus, karena harganya murah dan akses internetnya cukup cepat (selama kuota utama masih ada).

3.   Yellow
Ini paket ekonomis Indosat yang berlaku harian. Mulai dari 1 hingga 7 hari. Bagi yang telah memiliki jaringan internet Wi-Fi di rumah dan saat keluar rumah butuh akses internet di handphone bisa mempertimbangkan paket Yellow. Kecepatannya stabil dan harganya ekonomis, mulai dari 2500 (berlaku sehari) hingga 12 ribu rupiah (7 hari) Saya pernah beli paket Yellow 1 GB untuk 3 hari seharga lima ribu rupiah yang saya beli dengan pulsa di dalam handphone, hasilnya tidak mengecewakan.

Nah silahkan dipilih sesuai kebutuhan. Kalau saya untuk saat ini akhirnya mencoba setia dengan paket Unl 7 GB tapi berharap harganya stabil di kisarann 80 ribu maksimal, jangan naik lagi deh hehehe.



Share:

2 comments:

  1. Alhamdulillah... Tulisannya sangat bermanfaat sekali. Cocok untuk emak" yg sukanya berhemat. Makasih ya Bu:)

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.