catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Penyebab Sholat Tidak Khusyu

"Eh sudah berapa rokaat ini ya? dua atau tiga?" Bingung menentukan jumlah rokaat karena Betapa sering kita tidak khusyu' dalam sholat. Sebenarnya apa sih penyebab sholat tidak khusyu'?

Istilah khusyu' kita kenal dalam Al Quran:

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya” 

(QS Al-Mu’minuun: 1-2)”

Perkara khusyu' juga disinggung oleh Rasulullah dalam salah satu hadits:


Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah berdoa: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan”
Penyebab Sholat Tidak Khusyu

Artinya, khusyu' tidak hanya khusus untuk penilaian sholat sebab Rasulullah memohon kepada Allah agar terhindar dari hati yang tidak khusyu'. Jadi apa sebenarnya makna khusyu' tersebut? 

Imam Ibnul Qayyim berkata: “Para ulama sepakat (mengatakan) bahwa khusyu’ tempatnya dalam hati dan buahnya (tandanya terlihat) pada anggota badan” 
Sehingga dapat disimpulkan bahwa khusyu' itu berkaitan dengan hati. 
Ditinjau dari segi bahasa, khusyu' berasal dari kata as-sukuun yang artinya diam,  tenang. Dan dikaitkan dengan at-tadzallul yaitu merendahkan diri. Sifat khusyu' ini bersumber dari dalam hati dan pengaruhnya terpancar pada perilaku anggota badan manusia. Tidak grusa-grusu, tuma'ninah, mantap dan yakin, lemah lembut. 
Maka jika hati seseorang khusyu', kepala, panca indera dan wajah serta semua anggota tubuhnya ikut khusyu' ketika beribadah di hadapan Allah. 
Penyebab Sholat Tidak Khusyu

Untuk mengenali penyebab sholat tidak khusyu' ada baiknya memahami cara, tips bagaimana agar bisa sholat dengan khusyu'.
Imam Ghazali dalam kitab Ihya' Ulumuddin mengulas tentang enam perkara sebagai upaya agar khusyu' dalam sholat. 

Yaitu: 

1.Menghadirkan hati
Kehadiran hati ialah mengosongkan hati dari hal-hal yang tidak perlu. Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa tujuan kita sholat adalah menghadap dan berkomunikasi dengan Allah. 

2. Tafahhum
Tafahhum adalah memahami bacaan Al Quran dan bacaan sholat. 

3. Takzim
Adalah rasa hormat dan terpusat kepada Allah. Menghadap atasan atau klien penting saja kita hormat, fokus saat berkomunikasi masa' kepada Allah, Rajanya manusia nggak hormat sih? 

4. Haibah
Haibah adalah rasa takut. Muncul karena rasa takzim dan kecintaan kita kepada Allah. Jika disebut nama Allah ada getar rasa luar biasa, takut jika membuatNya murka, menggigil dan berdebar-debar dada, itulah haibah. 

5. Roja'
Adalah rasa penuh harap. Sebagai makhluk kita berharap doa, ibadah dan permohonan kita dikabulkan Allah. Roja' muncul sebagai bentuk kesadaran kita akan sifat-sifat Allah yang Maha Pengasih Penyayang Dermawan dan Maha Kaya. Roja' bisa hadir jika kita memahami makna  bacaan sholat (syukur-syukur dengan makna tasawuf dari gerakan sholat) 

6. Haya'
Adalah malu. Ketika sholat, kita menghadap Allah dengan membawa segunung rasa malu atas kualitas dan ibadah kita. Sholat minimalis, infaq kembang kempis, berbuat kebaikan Senin-Kamis. Hadirkan rasa malu ketika berniat sholat agar sungguh-sungguh menghadapnya dengan harapan mendapatkan ampunan. Bisa jadi meski amalan lain minimalis tetapi kualitas sholat kita bisa memberikan hadiah manis di akhirat nanti. 

Maka kenali apa kira-kira penyebab sholat tidak khusyu pada diri kita. Bisa saja karena sejak awal kita tidak menghadirkan hati ketika hendak mendirikan sholat. Sholat sekadar menunaikan kewajiban saja. Mungkin kita jarang dan tidak tertarik untuk memahami makna bacaan sholat dan dzikir, yang penting hafal saja (padahal makna bacaan sholat dan dzikir itu indah dan daleem sekali) Sholat dan dzikir tak membekas di hati mungkin karena kita kurang takzim sehingga tak muncul rasa haibah kepada Allah, astaghfirullah jika ini penyebabnya sungguh sangat disayangkan. Kurang takzim di hadapan Allah bisa jadi karena selama ini dosa-dosa kita terlalu menumpuk dan menjadi kerak dalam hati. Bisa juga sholat tidak khusyu' karena tak ada rasa malu. Selalu berpikir bahwa ibadah kita fine-fine aja. Terlalu percaya diri sehingga terjerumus dalam tinggi hati dan ujub. Naudzubillah.
Penyebab Sholat Tidak Khusyu

Khusyu' dalam sholat, doa dan dzikir memang tidak mudah, tetapi sebagai muslim dan mukmin kita wajib mengupayakannya. Jika pikiran mulai bercabang segeralah untuk ingat kembali bahwa kita sedang menghadap Sang Maha Kuasa. Begitu seterusnya, terus berlatih untuk menyempurnakan sholat kita.

Semoga amal ibadah kita diterimaNya dan menjadikan kita semua sebagai pribadi yang lebih baik di mata Allah dan membawa kebaikan bagi manusia. Aamiin allahumma aamiin 

Daftar Pustaka:
1. Repubilka
2. muslim.or.id

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.