catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Pengalaman Menukarkan Kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di BRI Syariah


Berawal dari postingan Instagram BRI Syariah yang menginformasikan bahwa penukaran kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), maka mau tak mau saya harus meluangkan waktu menukarkan kartu ATM lama dengan kartu ATM berlogo GPN. 
Gerbang Pembayaran Nasional

Kabar mengenai keharusan mengganti kartu ATM sebenarnya sudah saya dengar sejak tahun lalu.Tapi saat itu saya tahunya hanya mengganti kartu ATM lama dengan kartu ATM yang dilengkapi chip.
Baru setelah seliweran membaca media sosial dari beberapa bank, saya mendapat informasi tambahan tentang adanya logo GPN pada kartu ATM baru yang disarankan. Apa sih GPN itu? Dilansir dari detikfinance.com GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank. 
GPN memudahkan konsumen jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant. Jadi, semua bank ini  terintegrasi, satu mesin EDC bisa digunakan untuk berbagai jenis kartu ATM dari berbagai bank. Kalau biasanya kita kelimpungan mencari EDC dari bank yang rekeningnya kita miliki, setelah punya kartu ATM GPN tak perlu kebingungan lagi karena sistem bank yang terintegrasi memungkinkan untuk digunakan menarik uang dari bank lain.
Gerbang Pembayaran Nasional

Dilansir dari keterangan tertulis Bank Indonesia pada 31 Juli 2018, keuntungan menggunakan kartu ATM (kartu debit) Gerbang Pembayaran Nasional selain kemudahan mencari EDC adalah:

1. Lebih fleksibel dan jangkauannya luas

Masyarakat dapat mengunakan kartu debit atau ATM berlogo
GPN untuk melakukan transaksi di berbagai kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

2. Faktor keamanan.
Tempo hari marak pemberitaan mengenai skimming di berbagai bank. Nasabah tidak merasa melakukan penarikan dana tapi uang di rekening berkurang. Konon hal ini terjadi karena mesin-mesin ATM tertentu dipasangi alat skimmer oleh komplotan penjahat. Alat skimer adalah alat yang mampu menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun ATM/debit secara ilegal. Jadi skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban.
Menggunakan kartu ATM berlogo GPN ini membantu memberikan perlindungan berlapis sehingga masyarakat dapat bertransaksi dengan lebih aman dan nyaman. Kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

3. Menekan biaya Merchant Discount Rate
Merchant Discount Rate adalah fee yang akan diminta oleh bank untuk setiap transaksi yang menggunakan EDC milik bank tersebut. MDR berkisar antara 1-3% dari total transaksi tergantung dari kebijakan bank tersebut. Dengan kartu debit berlogo GPN masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

4. Mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT)
Kini GNTT seakin gencar disosialisasikan. Dengan kartu ATM/debit berlogo GPN yang bisa digunakan di berbagai mesin EDC, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terintegrasi.

5. Lebih hemat
Biaya administrasi bulanan pada rekening bank jadi lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

Gerbang Pembayaran Nasional

Nah tanggal 16 November 2018 kemarin saya menukarkan kartu ATM BRI Syariah yang lama dengan kartu GPN di kantor Cabang BRI Syariah terdekat. Jadi tidak perlu datang ke kantor tempat membuka rekening. Tidak ada biaya pula. Yang perlu dibawa saat menukarkan kartu ATM dengan ATM berlogo GPN adalah:
1. Kartu ATM lama
2. Buku rekening bank
3. Kartu identitas yang masih berlaku
Gerbang Pembayaran Nasional

Prosesnya mudah dan cepat. Datang, ambil nomor antrian di CS, tunggu nomor dipanggil, isi formulir, sepuluh menit kemudian kartu GPN sudah bisa kita terima. Tinggal isi tanda terima yang disodorkan CS. Karena saya sekalian jalan ke bank maka sekalian juga minta ganti buku tabungan. Jadi prosesnya sekitar 15 menit saja.
Gerbang Pembayaran Nasional
Normalnya kartu ATM bisa langsung digunakan (atau minimal 15 menit setelah kartu ATM lama dinon-aktifkan CS). Tapi waktu itu katanya ada gangguan teknis sehingga CS menyarankan untuk menunggu hingga jam 17.00 untuk menggunakan kartu tersebut. Alhamdulillah saya baru berkesempatan mencoba menggunakan kartu tersebut - meski sekadar mengganti PIN- keesokan harinya dan terbukti  lancar.
Ternyata menurut BI, kartu berlogo GPN membawa banyak manfaat ya. Jadi tak ada salahnya untuk segera menukarkan kartu ATM lama dengan kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional.



Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.