catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Ketika Si Kecil Menderita Cacar Air

'"Ma...kok tanganku keluar kayak gini ya" anak bungsu saya yang semalam mengeluh pusing dan badannya demam menjulurkan kedua lengan. Tampak ruam-ruam merah yang mengandung air.
Duh cacar air.

Kebayang betapa tersiksanya. Karena dulu waktu saya masih duduk di bangku SD pernah merasakan, Kemudian beranda FB saya, selain kabar-kabar negara yang kian menyesakkan dada, beberapa melontarkan curhat mengabarkan jika dirinya atau anaknya menderita cacar air. Lalu sebagian netizen berebut memberikan saran pengobatan.


Saya jadi tertarik untuk membuat rangkuman tentang serba-serbi cacar air.
1. Apakah cacar air mengenal musim alias penyakit musiman?
Sebenarnya disebut cacar air disebut sebagai penyakit musiman juga kurang tepat. Tetapi penyakit ini biasa mewabah di musim kemarau dan pancaroba. Penyakit yang disebabkan virus ini mudah sekali menular. Sehingga jika seseorang terjangkit cacar air, kemudian menular maka penularan tersebut bisa terjadi dengan cepat dan di ruang lingkup yang cukup luas.

2. Apa benar menderita cacar air diharuskan libur mandi agar lekas sehat kembali?
waduh, kalau selama menderita cacar air nggak mandi, bisa-bisa cacar airnya sembuh eh ganti panu hehee. Saya baca di artikel kesehatan, ternyata tidak ada larangan mandi bagi penderita cacar air. Anak saya juga mandi minimal dua kali sehari dan ia merasa nyaman  mandi dengan air suam-suam kuku.

3. Apa benar cacar air tidak ada obatnya.
Seperti penyakit yang disebabkan virus, cacar air memang tidak ada obat penyembuh yang luar biasa. Tetapi dokter biasanya meresepkan Acyclovir tablet maupun salep yang fungsinya untuk mengobati luka akibat infeksi yang disebabkan oleh virus.

4. Berapa lama cacar air sembuh?
Dari pengalaman, anak saya di hari ketiga sejak munculnya ruam cacar air, kondisinya sudah membaik. Ruam makin mengering, tidak lagi menderita panas dan pening. Menurut pustaka, cacar air biasanya berlangsung antara seminggu hingga dua minggu. Sedang masa inkubasinya antara 7-21 hari. Meski mengering, mungkin sebagian bekas luka cacar akan menimbulkan bekas, tetapi berdasarkan pengalaman, luka tersebut akan pudar dengan bergantinya sel kulit.

Bagaimana caranya agar bisa segera sembuh dari cacar air? Anak bungsu saya kemarin hanya mengonsumsi Acyclovir tablet dan vitamin dari dokter, serign berganti pakaian agar tidurnya nyaman, untuk mengurangi rasa gatal saya taburkan bedak talk yang mengandung asam salisilat, selang seling dengan mengoleskansalep. Jadi saat salep sudah mengering, saya taburi bagian tubuhnya yang terkena cacar dengan bedak salisilat. 

Semoga sedikit share pengalaman ketika si kecil menderita cacar air ini bisa bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.