catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Interaksi Vertikal dan Horisontal Manusia


Usai subuh suatu hari, saya terkesan dengan lukisan alam yang terbentang di langit yang mulai merona. Membentuk garis-garis horisontal di cakrawala. Pengen mengabadikan sendiri dengan kamera Hp seperti biasa tetapi waktu pagi adalah saat sibuk-sibuknya emak rumahan seperti saya. Walhasil si bungsu jadi andalan. Qodarullah, mungkin ia sudah paham bakal diminta emaknya motret lukisan langit seperti saat memotret awan berbentuk kapas kecil-kecil alias Cumulus tertimpa sinar mentari yang baru terbit temp hari. Maka sebelum keluar perintah eeh dia sudah melakukan isi hati si emak.
Bagus kan?

Garis-garis horisontal di cakrawala ini bagi saya adalah pengingat bahwa kelak yang dihisab bukan hanya kualitas dan kuantitas interaksi kita dengan Sang Pencipta, tetapi juga dengan lingkungan di sekitar dan sesama manusia.

Apa jadinya jika kita menyakiti perasaan, berkomentar tentang sesuatu yang tak berkenan di qalbu seseorang yang akan diingatnya sepanjang masa. Padahal kita lupa, tak merasa bahwa kita telah melukai hati bahkan tak sempat meminta maaf kepadanya?

Jungkir balik sholat wajib tepat waktu ditambah sunnah-sunnah, rajin tilawah dan menghafalkan Al Quran, tetapi sedekah infaq zakat dan qurban susaaahnya karena eman-eman, bukan karena nggak punya duit simpanan.
Sebaliknya, rajin membantu sesama, ringan tangan dan nggak kehitung kalau bersedekah. Tetapi ibadah sesuai syariat diabaikan begitu saja. Sayang sekali bukan?

Begitulah, Islam mengingatkan bahwa manusia hidup berinteraksi secara vertikal dan horisontal. Ada interaksi dengan Sang Pencipta, tetapi tak boleh abaikan interaksi dengan lingkungan dan sesama manusia.
Semoga kita tak pernah lupa.....

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.