catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Jika Tak Punya Model Gamis Terbaru

Saat menjelang Ramadhan dan Lebaran, model gamis terbaru, menjadi satu item yang paling dinanti mayoritas wanita Indonesia. Sayangnya saya bukan termasuk yang mayoritas. Kenapa? Karena saya tidak pernah menganggarkan baju baru setiap Ramadhan atau Lebaran.

Bagi saya lebaran tak harus selalu memakai baju baru. Beda dengan masa kecil dulu. Bayangan mengenakan baju baru saat lebaran selalu menjadi momen yang dinanti. Lalu berfoto bersama keluarga besar yang juga sama-sama mengenakan baju baru. Zaman saya kecil dulu belum ada mode sarimbit atau seragam sekeluarga. Jadi baju barunya pun menurut selera masing-masing.

Seiring bertambahnya usia esensi Ramadhan dan Idul Fitri di pandangan saya pun berubah. Tak melulu tentang baju baru. Tetapi tentang "ganti baju". Apakah berpuasa Ramadhan sebulan penuh mampu membuat kita berganti baju ketaqwaan. Menjadi pribadi yang lebih taat menegakkan syariat, lebih bermanfaat bagi sesama umat? Atau tak ada perubahan berarti dan menjadi insan merugi sebab puasa Ramadhan sebulan penuh belum mampu membawa diri menjadi fitri.

Dulu, di masa kecilku sedih rasanya jika tak mengenakan baju baru saat suara bedug ditabuh mengiringi takbir bertalu-talu. Sekarang saya sudah terbiasa jika tak setiap tahun punya gamis model terbaru. Bahkan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir saya hanya membeli dua baju. Dulu saya menanti ajakan Papa almarhum untuk ke toko baju saat THR beliau sudah turun. Kini saya malah mengajarkan kepada kedua jagoanku secara perlahan agar tidak membiasakan menanti baju baru agar sifat konsumtif tidak menurun.

Meneladani Rasulullah, yang dalam suatu riwayat diceritakan sebagai sosok yang sangat sederhana. Baju pun hanya punya dua. Apalah gunanya setumpuk baju di lemari, jika tak mampu menghadirkan rasa syukur dan bahagia di hati.

Meski tak punya gamis model terbaru, sebagai wanita percaya diri kita masih bisa bergaya, wahai temanku. Tipsnya hanya memadu madankan gamis yang kita punya dengan khimar, jilbab, berqo berbeda warna. Paling aman punya koleksi gamis warna hitam, bisa dipadu padan dengan jilbab, khimar aneka warna. Qodarullah saya juga sudah lima tahun saya tidak pernah beli jilbab karena sering dapat hadiah kuis, pemberian teman atau suvenir kenalan pulang umroh.

Dan yang lebih "berkesan" adalah jika gamis dan khimar sama-sama pemberian teman hehehe.

 Jadi tak usah bersedih jika tak punya gamis model terbaru sebab bahagia timbul dari rasa syukur yang ada di hatimu.
Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.