catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Sensasi Berkendara Bersama Mobilio

            MPV sedang naik daun di dunia otomotif Indonesia. Hampir semua pabrikan otomotif memiliki produk MPV unggulan. Masing-masing bersaing menawarkan fitur dan harga yang terjangkau bagi konsumen di segala segmen. Honda, pabrikan otomotif tak kalah dengan Toyota dan pabrikan lain untuk bermain di kelas MPV.
                Salah satu MPV andalan Honda adalah Mobilio. Tak tanggung-tanggung Honda merilis lima model Mobilio. Mobilio S, Mobilio E dan Mobilio E CVT memiliki dimensi yang sama yaitu 4,386m x 1,683m x 1,603m (panjang x lebar x tinggi) sedangkan Mobilio RS dan Mobilio RS CVT memiliki dimensi 4.398mm x 1.683mm x 1.603mm dengan fitur standar berupa bodi rangka yang telah mengaplikasikan teknologi mobil SUV saat ini yaitu GCON ACE. Fitur tersebut mampu meredam efek benturan sehingga mencegah terjadinya kerusakan parah ketika terjadi crash. Semua tipe Mobilio dilengkapi dengan Side Impact Beam, Pedestrian Protection dan Dual Front SRS Airbags.
Sumber gambar https://www.honda-indonesia.com

Beberapa fitur standar kelima jenis Mobilio juga sama seperti sistem kemudi Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS), ban berukuran 185 / 65 R15, front lamp menggunakan Halogen Headlight, adanya fitur power window, cup holder, power outlet, fitur auto door lock by speed dan ECO indicator. Namun ada beberapa perbedaan di antara masing-masing modelnya.
Sumber gambar https://www.honda-indonesia.com

Seperti apakah fitur-fitur yang terdapat di kelima jenis model Mobilio tersebut? Berikut ulasan singkatnya:
1.    Mobilio S
Mobilio S adalah tipe Mobilio paling standar dibandingkan keempat model lainnya. Sama seperti tipe Mobilio lain, mesinnya menggunakan mesin terbaru yaitu Honda-iVTEC SOCH yang mampu memuat 1.5 L yang memiliki 16 katup di dalamnya. Sistem suplai bahan bakarnya menggunakan teknologi PGM-F1 sehingga pembakaran bahan bakar terjadi lebih efisien dan menghasilkan pembakaran sempurna. Sistem suspensinya menggunakan MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang yang membantu meredam goncangan sehingga mengendarainya terasa nyaman. Perbedaan menonjol yang membedakan Mobilio S dengan Mobilio lain adalah interior dan sistem keamanannya. Mobilio S sebagai type standar memiliki fitur audio standar  Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA +USB Port + Aux Input +Made for Ipod/Iphone. Dan Sistem keamanan yang kurang lengkap dibanding Mobilio lainnya. Mobilio S tidak dilengkapi rear ventilation AC dan fog lamp dan menjadi salah satu kekurangan dibandingkan Moblio tipe lain di atasnya. Mobilio S dipatok dengan harga 189.5 juta rupiah

2.    Mobilio E
Secara garis besar Mobilio E memiliki banyak kemiripan dengan Mobilio S.
Perbedaan utamanya terletak pada warna interior dan roda. Warna interior Mobilio S dominan hitam sedangkan Mobilio S berwarna ivory. Mobilio S menggunakan velg Trim Wheel 15" x 5 1/2 J sedangkan Mobilio E menggunakan velg Alloy Wheel 15". Dibandingkan Mobilio S yang standar Mobilio E tergolong lengkap. Fitur unggulannya adalah adanya kunci kontak dilengkapi dengan keyless entry dan security alarm. Audionya memiliki kemiripan dengan Mobilio S yaitu menggunakan Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA +USB Port + Aux Input +Made for Ipod/Iphone. Mobilio E dijual dengan harga 210 juta rupiah.

3.    Mobilio E CVT
Mobilio E CVT merupakan varian menengah Mobilio. Desain interior dan eksteriornya lebih mendekati tipe high class dibandingkan tipe standard.
Fitur unggulannya adalah adanya kunci kontak dilengkapi dengan keyless entry dan security alarm. Fitur unggulannya adalah adanya kunci kontak dilengkapi dengan keyless entry dan security alarm. Meski tergolong tipe menengah Mobilio E CVT telah dilengkapi audio steering switch. Dan yang tak kalah istimewa adalah sistem audio yang dilengkapi 6.2" Touch Screen Display AM/FM Single Disc CD DVD MP3/WMA + USB Port + Made for iPod/iPhone serta sistem camera parking pada fitur keselamatan. Mobilio E CVT dibandrol dengan harga 221 juta rupiah.

4.    Mobilio RS
Mobilio RS adalah Mobilio yang tergolong high class. Fitur unggulannya adalah 6.8" Touch Screen Display AM/FM Single Disc CD DVD MP3/WMA + USB Port + Made for iPod/iPhone + Bluetooth Connection for iPhone, automatic AC (digital + auto AC) yang membuat nyaman penumpang dan pengemudi, parking sensor berupa kamera dan fitur keamanan yang komplit (key type, immobilizer dan alarm system). Mobilio RS tampil menawan dengan warna interior hitam dan oranye yang elegan. Mobil anggun ini dijual dengan harga 233 juta rupiah.

5.    Mobilio RS CVT
Mobilio RS CVT adalah tipe Moblio paling canggih dan termahal. Tipe Mobilio ini paling sporty dibandingkan Mobilio lainnya. Berkendara bersama Mobilio RS CVT makin nyaman dengan adanya fitur 6.8" Touch Screen Display AM/FM Single Disc CD DVD MP3/WMA + USB Port + Made for iPod/iPhone + Bluetooth Connection for iPhone. Mobilio RS CVT memiliki fitur paling lengkap dibanding tipe lainnya. Fitur keselamatan VSA (Vehicle Stability Assist) dan Hill Start Assist hanya dapat ditemui di Mobilio RS CVT dan tidak terdapat pada Mobilio tipe lain. Tidak mengherankan jika Mobilio RS CVT dijual dengan harga 243,5 juta rupiah.

Pecinta otomotif yang fanatik dengan merek Honda tentu tidak akan melewatkan kesempatan memiliki mobil baru dari salah satu jenis Mobilio yang ditawarkan. Tinggal mengukur kemampuan kantong dan disesuaikan dengan kebutuhan berkendara di setiap kesempatan.



Share:

2 comments:

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.