catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Kado Istimewa yang Pernah Kuterima

           Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata “kado” atau “hadiah”. Tentu sebuah pemberian dari pihak lain dan menimbulkan rasa senang atau kebahagiaan. Meskipun tidak menimbulkan rasa senang berlebihan setidaknya sebuah kado atau hadiah tidak menimbulkan kesedihan atau perasaan susah. "Pemberian" yang tidak menimbulkan kebahagiaan kurang tepat jika disebut kado tetapi mungkin lebih tepat disebut hukuman, setuju? 

sumber : Pixabay

     Lalu seperti apa kriteria kado yang sekiranya menimbulkan rasa senang atau menjadi kenangan tak terlupakan bagi penerimanya? Menurut saya sebuah kado akan terasa istimewa jika dan hanya jika (ah macam rumus matematika saja):
1. Diberikan pada saat istimewa
Kado atau hadiah yang berkesan biasanya diberikan di saat yang istimewa pula. Hadiah ulang tahun, kado ketika meraih prestasi tertentu, kado pernikahan, hadiah ulang tahun pernikahan atau momen-momen istimewa lainnya
sumber : Pixabay

2. Berupa sesuatu yang sedang dibutuhkan
Pernah jingkrak-jingkrak gara-gara sedang butuh sesuatu lalu ada seseorang memberikannya sebagai hadiah? Misalnya lagi butuh rumah atau mobil kok tiba-tiba ada kerabat menghadiahkannya sebagai kado ulang tahun pernikahan yang pertama (hahaha rezeki nomplok banget dah)
sumber: Pixabay

3. Sesuai hobi dan aktivitas
Hobi menyulam eh dapat kiriman kado seperangkat alat menyulam terbaru lengkap dengan kain dan benangnya. Hobi hiking kok pas ulang tahun dapat kado sepatu hiking plus ransel yang model dan warnanya sesuai keinginan. Jadi berkesan banget sepanjang hidup bukan? Senang fotografi lalu mendapatkan kado kamera atau asesorisnya.
4. Bermanfaat
Bukannya tidak menghargai hadiah, tetapi pernah nggak punya pengalaman menerima kado yang mubadzir? alias tak kunjung digunakan hingga bertahun-tahun lamanya? Kado yang berkesan tentunya adalah kado yang bermanfaat dan mampu memacu semangat untuk berkarya. Hal ini erat sekali kaitannya dengan poin 3 yaitu memilih kado sesuai hobi dan aktivitas. Sayang banget kalau memberikan kado mahal tetapi si penerimanya kurang bisa memanfaatkannya. Seperti contohnya memberikan kado coffee maker pada seseorang yang alergi atau harus mengurangi minum kopi, duh enggak banget ya. 
5. Simple tetapi memiliki makna yang dalam
Sebuah kado yang berkesan tak harus sesuatu yang mahal. Bisa saja kado seharga beberapa ratus ribu rupiah lebih berkesan dari sebuah mobil mewah (ah yang bener :p). Bisa! Apalagi jika si penerima kado memiliki empati dan simpati yang tinggi dan kado tersebut diperoleh sang pemberi dengan cara susah payah. Pernah menerima kado yang dikenang sepanjang masa karena si pemberi kado terpaksa melakukan pekerjaan ekstra demi membeli kado tersebut dan tak lama kemudian sang pemberi kado meninggal dunia? (Duh, nggak perlu sedrama itu deh tetapi coba ambil hikmahnya). Saya pernah menerima kado, sesuatu yang sederhana dari almarhum Papa tetapi membuat saya terkesan hingga saat ini dan menjadikannya sebagai kenangan yang sangat berharga.

    Tetapi kali ini saya ingin berbagi kisah tentang sesuatu yang lain, bukan tentang kado dari almarhum Papa. Kado dari Papa saya lebih suka menyimpannya untuk kenangan pribadi. Namun ada kado terbaik yang pernah saya terima sepanjang hidup saya. Kado yang saya maksud adalah hadiah dari lomba blog Pegadaian #RoadShow2016 yang diadakan oleh PT. Pegadaian bekerja sama dengan PT. Excite Indonesia. 
Ah itu kan hadiah lomba blog? Tapi sah-sah saja kan jika saya mengklaimnya sebagai kado, kado teristimewa pula bagi saya karena alasan-alasan tertentu. Karena meski saya mendapatkannya setelah berjuang, hadiah tersebut benar-benar istimewa bagi saya. 


Emas seberat 5 gram tersebut menimbulkan kesan mendalam. Mengapa? Sebab:
1. Kado tersebut hadir di saat saya sangat membutuhkannya. Butuh uang? Tentu saja manusia butuh uang untuk memenuhi hidupnya. Tetapi kehadiran kemilau emas hadiah lomba ini lebih berperan pada pemicu semangat saya dalam berkarya. Ketika saya merasa nyaris putus asa karena sederet lomba dan kuis yang saya ikuti semua berakhir dengan kegagalan, hadirnya kemilau emas 5 gram ini menjadi seperti oase di gurun pasir. Ketika membaca pengumuman lomba saya sempatkan bersujud syukur dengan berlinang air mata. Hati dipenuhi rasa haru, betapa Allah akhirnya mengabulkan doa saya setelah sekian lama yang mendambakan hujan di tengah kemarau panjang.
2. Bermanfaat
Emas 5 gram, manfaatnya tentu besar sekali kawan. Mengingat biaya pendidikan semakin tinggi. Apalagi anak sulung saya yang kini melanjutkan pendidikan di pondok pesantren membutuhkan biaya lebih besar dan memaksa kami lebih rajin menabung, kehadiran emas 5 gram adalah suatu investasi yang sangat berharga. Namun manfaat yang paling besar adalah kemilaunya menghadirkan rasa syukur yang lebih besar kepada Sang Pemilik Kehidupan. Maka nikmat Tuhan yang mana yang kamu dustakan?

3. Memiliki kisah penuh hikmah
Kado bagi kemenangan saya kali ini berbeda dengan kemenangan-kemenangan lomba yang lainnya. Tulisan saya yang berhasil mencuri hati juri kali ini adalah kisah tentang kesulitan finansial yang pernah kami hadapi dan bagaimana cara kami menyikapi. Dalam artikel saya ini saya mengisahkan tentang kalung hadiah dari suami saat saya melahirkan anak pertama dua belas tahun lalu. Kalung hadiah yang keluar masuk pegadaian sebagai salah satu solusi menghadapi kesulitan finansial ini alhamdulillah menghasilkan hadiah baru, hadiah dari PT. Excite Indonesia dan PT. Pegadaian sebagai pemenang lomba blog juara satu.

    Tidak berlebihan rasanya jika saya menyebut emas 5 gram dari PT. Excite Indonesia dan PT. Pegadaian ini sebagai kado terindah dan terbaik dalam hidup saya. Bukan hanya ditinjau dari segi “harga”nya di dunia namun mampu menggugah sisi spiritual saya lebih dalam agar tak mendustakan nikmat Tuhan, tak mempertanyakan keadilanNya dalam membagikan rezeki dan kebahagiaan. 

    
Ini sekelumit kisah tentang hadiah yang bagi saya sangat berkesan, plus tips memilih hadiah yang tepat bagi sosok istimewa yang berhak menerimanya. Apa cerita anda tentang kado paling indah yang pernah anda dapatkan?

Share:

6 comments:

  1. lumayan, mb dwi. 5 gram kalo dirupiahin banyak :D

    ReplyDelete
  2. nah bagus ini, kado istimewa adalah kado yang kelak bisa "dijual" jika diperlukan, heheheehehe...

    ah jadi ingat kado kecil super istimewa dari anak-anakku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kan bener to emak gahar, kado istimewa itu sesuatu yang sangat "berharga" :p

      Delete
  3. Wah keren dapet Emas, selamat ya Mbak :-)

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.