catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Galau Memilih Reksa Dana Saham Atau Campuran? Kenali Dulu Kisi-Kisinya

Tahun ajaran baru sudah kian dekat. Biaya-biaya yang harus dikeluarkan wajib disiapkan cepat atau lambat. Masa-masa puyeng orang tua dengan penghasilan tak seberapa seringkali diakhiri penyesalan sambil bergumam mengapa tidak berinvestasi sejak lama?

Jika sudah begini jadi seperti diingatkan, sudah berinvestasi belum bulan ini?


Mengapa Sih Kita Perlu Berinvestasi?

17 Maret 2019 lalu kami, para blogger Surabaya sekitarnya hadir di kelas belajar investasi Reksa Dana #KopdarInvestarianMAMI #InvestarianSUB4. Nggak terasa sudah sampai pada kelas terakhir. KopdarInvestarianMAMI dibagi dalam 4 kelas. Jika di Kopdar #InvestarianSUB3 dan sebelumnya kami belajar tentang dasar-dasar berinvestasi Reksa Dana serta kisi-kisi Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap, kali ini materinya up grade dong, mengenai Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran.

Sebelum kelas dimulai, seperti Kopdar Investarian sebelumnya acara diawali dengan quiz yang merefresh kembali pentingnya berinvestasi sejak dini. Kira-kira kenapa sih kita perlu berinvestasi? Dan investasi itu idealnya bisa dipanen kapan?
Mengapa perlu investasi? sebab:
1. Kebutuhan hidup terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia, berkembangnya keluarga
Biaya untuk keluarga satu dengan dua anak jelas berbeda. Kebutuhan biaya hidup pasti tidak sama
2. Adanya inflasi
Salah satu cara meredam kejamnya inflasi adalah dengan berinvestasi. Nabung aja gak cukup, apalagi jika saldo tabungan tidak bertambah dan tergerus biaya administrasi bulanan
3. Ketidakpastian masa depan
Tak ada yang tahu hingga kapan kita bisa bekerja, mencari nafkah secara produktif. Menerima penghasilan berupa gaji,  komisi pekerjaan atau keuntungan berbisnis. Investasi yang aman, likuid dan berkembang secara signifikan adalah cara menjawab ketidakpastian tanpa rasa khawatir berlebihan.

Jadi, kapan investasi bisa dipanen? Nah ini pertanyaan yang menjebak saat quiz. Separuh dari peserta terjebak dengan menjawab: untuk keperluan masa depan. Sebagian lagi menjawab dengan benar: untuk kebutuhan jangka pendek dan masa depan. Dan tidak ada yang menjawab untuk kebutuhan jangka pendek.
Jangan salah, investasi bisa saja ditujukan untuk kebutuhan jangka pendek. Nggak perlu menunggu untuk berpuluh-puluh tahun. Namun untuk memilih investasi apa yang harus ditanam perlu mempertimbangkan kira-kira investasi tersebut diharapkan bisa dicairkan kapan dan untuk keperluan apa. Misalnya memutuskan investasi emas. Jika dicairkan dalam waktu tak kurang dari satu tahun, bisa saja menelan kerugian sebab harga emas sangat fluktuatif dan dikenakan biaya-biaya lain, misalnya biaya produksi untuk emas batangan atau biaya pemakaian untuk perhiasan. Tetapi jika ditinjau dalam kurun waktu minimal lima tahun barulah terasa peningkatan harga sekaligus keuntungan yang diterima. 

Demikian pula halnya dengan investasi Reksa Dana. Jika galau mau pilih jenis Reksa Dana apa yang mau dibeli. Kenali dulu kisi-kisinya dan pertimbangkan kapan investasi tersebut ingin dicairkan. Harapannya, hasil investasinya akan mencapai seperti yang diinginkan.

Reksa Dana Saham

Apa sih saham itu? saham bisa diartikan sebagai surat berharga yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Saham berbeda dengan obligasi. Obligasi adalah surat hutang. Saham adalah penyertaan modal dalam perjanjian yang terikat dalam dua pihak atau lebih. Seorang investor yang memiliki saham dalam suatu jenis usaha punya andil dalam memilih jajaran direksi atau hal-hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Sedangkan pemilik obligasi tidak punya hak dalam mencampuri bisnis dan hanya menunggu piutang beserta pembagian hasil usahanya (bunga) dikembalikan sesuai perjanjian yang disepakati.

Reksa Dana Saham adalah jenis Reksa Dana yang minimal 80 persen unitnya ditanamkan di pasar saham. Fluktuasi alias risikonya tinggi. Tapi gainnya pasti jauh lebih besar. High Risk High Return.

Investasi saham bisa dilakukan sendiri tetapi harus ingat:
1. Coba-coba pilih saham dengan ilmu pas-pasan, kira-kira paham benar atau gambling doang?
2. Modalnya cukup besar
Beli saham 1 lot, perusahaan bonafid, butuh berapa duit coba
3.Rajin memantau pergerakam sahamnya setiap saat
Ya kali kagak ada kerjaan lain selain memantau harga saham.

Sedangkan jika memilih bantuan manajer investasi Reksa Dana, keuntungannya adalah sebagai berikut:
1. Instrumen saham disaring sesuai strategi investasi
Tugas manajer investasi adalah memastikan investasi yang dipercayakan kepadanya ditanamkan pada perusahaan yang aman, bukan abal-abal atau menjelang bangkrut
2. Modalnya terjangkau
Masih ingat kan kalau investasi di Reksa Dana bisa dimulai dari 10 ribu rupiah saja? (Tetapi khusus Reksa Dana Saham minimal modalnya 100 ribu rupiah, masih tetep ringan lah daripada jutaan kalau beli saham sendirian)
3. Pergerakan saham dipantau dan dapat dialihkan jika kinerja tidak sesuai
Ini salah satu tugas manajer investasi. Harus rajin memantau pergerakan bursa efek, emiten saham, laporan keuangan perusahaan tempat manajer investasi menanam saham.

Mengingat pergerakan saham tingkat fluktuatifnya cukup tinggi, disarankan memilih Reksa Dana Saham jika hasilnya ditujukan untuk rencana jangka panjang. Misalnya biaya sekolah anak-anak 10-15 tahun yang akan datang. Minimal 8 tahun lah, agar tidak sport jantung dan panik jika tiba-tiba harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Unit penyertaan sedang turun.

Perlu diingat bahwa naik turunnya harga saham itu dipengaruhi oleh: kondisi pasar saham secara global, kinerja perusahaan dan tergantung permintaan pasara. Jika kinerja perusahaan makin melejit maka harga saham ikutan naik. Pasar merespon saham perusahaan tertentu dengan animo luar biasa, harga saham akan terkerek secara otomatis.

Reksa Dana Campuran
Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang merupakan gabungan dari Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana saham.

Reksa Dana Campuran punya ciri khas;
1. Komposisi beragam
Komposisi Reksa Dana Campuran sudah ditetapkan di awal, tidak bisa diubah semau manajer investasi. Misalnya MAMI memiliki Manulife Dana Campuran II, prosentase Reksa Dana Sahamnya 30 persen dan sisanya Reksa Dana Pasar Uang 30 persen, Reksa Dana Pendapatan Tetap 40 persen. Maka komposisi ini tidak bisa berubah misalnya menjadi 20:40:40 meski pada suatu waktu harga saham perusahaan yang ditanami modal menunjukkan gejala penurunan. Manajer investasi hanya bisa mengalihkan saham tersebut pada perusahaan lain yang lebih sehat.
2. Bersifat Moderat
Pprosentase yang reksa dana sahamnya lebih besar harusnya dipetik hasilnya jangka panjang. Jika prosentase Reksa Dana pasar uang lebih besar maka risikonya lebih rendah
3. Investasi jangka menengah 5-7 tahun
4. Investasi minimal 100 ribu

Pak Legowo, Presiden Direktur MAMI memberikan tips memilih jenis Reksa Dana yang ideal:
1. Tentukan kapan hasil investasi tersebut diharapkan bisa dipetik dan 
2.    Investor di MAMI bisa kok meracik investasi ala Reksa Dana Campuran dengan cara sendiri. Yaitu dengan cara membeli unit Reksa Dana berdasarkan jenisnya, apakah Saham atau Pendapatan Tetap atau Pasar Uang sesuai komposisi yang diinginkan.

Bagaimana, sudah dapat gambaran kira-kira pilih Reksa Dana Saham atau Campuran? Jika sudah menetapkan pilihan dan ingin mulai berenang di kolam yang tantangannya lebih besar, saatnya switch ke jenis Reksa Dana yang lebih menantang.

Tipe Transaksi Reksa Dana (MAMI)

Sudah yakin mau switch unit Reksa Dana? Etapi sebelumnya kenali tiga transaksi Reksa Dana di klikmami.com terlebih dahulu. Transaksi tersebut adalah pembelian, pencairan dan pengalihan (switch)
Untuk memilih transaksi, cukup di klik di pilihan transaksi dan ikuti step by stepnya.

Switch Unit Reksa Dana
Setelah mengikuti kelas Kopdar Investarian saya tergerak untuk mencoba setiap transaksi. Pencairan ntar aja deh, switch dulu dong.
Dan caranya sangat mudah. 
1. Klik pilihan Alihkan Reksa Dana
2. Klik "alihkan dari" pada panel Pilih Reksa Dana yang akan dialihkan
3. Klik "alihkan ke" pada panel Pilih Reksa Dana tujuan pengalihan.

4. Tunggu konfirmasi yang akan dikirimkan ke Hp kita. Atau kita bisa mendapat konfirmasi melalui layar website MAMI


Karena saya kelas pemula, maka saya memilih mengalihkan sebagian unit Reksa Dana Pasar Uang saya ke Pendapatan Tetap. Belum berani ah kalau mencoba RD Campuran atau Saham.
Tapi lihat laporan kok belum masuk ke report yah proses pengalihan unit Reksa Dana saya. Ah tanya LANI saja. 

Ternyata proses pengalihan diproses pada hari yang sama (jika transaksi dilakukan sebelum pukul 13.00 WIB) namun laporannya baru bisa dibaca investor keesokan harinya. 

Respon LANI cepet banget loh. Saya bisa sekalian bertanya tentang biaya yang mungkin timbul karena proses switching:



Dan bonusnya saya dikirimi tabel tentang Deffered Sales Charge

Makin transparan saja pilihan investasi kita di Reksa Dana kan teman? Monggo silahkan dipilih-pilih mau beli yang mana. Eh iya, kalau memutuskan ingin membeli unit Reksa Dana melalui MAMI ada empat pilihan pembayaran yaitu Virtual Account, Transfer Bank (biaya tergantung bank) , Indomaret (biaya 3000 per transaksi pembelian dengan batasan maksimal 5 juta per hari ) atau Transfer BCA yang ditandai dengan 3 kode unik. 
Kira-kira sudah ada gambaran ingin investasi Reksa Dana apa dan dipanen kapan? caranya mudah kok klik https://www.klikmami.com/Reksadana/Disclaimer/RegistrationDisclaimer?refcode=RFdJQVBJU1k=

Investasi Reksa Dana itu seru. Beli, amati perkembangannya dan nikmati.

Share:

3 comments:

  1. Enak ya mba kalau bisa switching dari satu jenis ke jenis reksadana lainnya..

    ReplyDelete
  2. Uwowww mbaaa, keren banget lengkap penjelasannya :D

    Saya belum pernah tanya-tanya LANI nih, keren ya, cepat dan responsif banget.

    Sesekali saya mau konsultasi deh, tertarik mau invest saham.
    Pakai yang syariah biar lebih tenang :D

    ReplyDelete
  3. enak ya jaman sekarang investasi bisa via online. Lebih memudahkan untuk team mager kayak saya. Males banget klo harus pake ngurus ini itu ke sekuritas.

    ReplyDelete

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.