catatan seorang ibu, wanita, hamba sahaya yang ingin berbagi pikiran dengan dunia

Cek Masa Aktif Ponsel, Sekarang Juga!

Kira-kira apa yang teman pikirkan jika Profil Picture WA teman perempuan Anda tiba-tiba berubah menjadi sosok pria setengah baya, rambut semir kuning, bertelanjang dada dan bertato pula? Selidik punya selidik ternyata hall itu terjadi karena si teman telah kehilangan no WAnya. Gara-gara nomor ponsel yang digunakan sebagai nomor WA telah hangus masa aktifnya.

Kisah nyata ini terjadi pada teman saya. Cerita lengkapnya bisa dibaca di tulisan saya di Kompasiana Ogah kan mengalami seperti yang dialami teman saya? Maka silahkan cek masa aktif ponsel Anda sekarang juga.

Banyak hal yang menjadi penyebab masa aktif ponsel kita tiba-tiba hangus. Antara lain:

1. Keasyikan menggunakan WA

Seringkali orang lebih suka menggunakan WA daripada telpon biasa. Akibatnya masa aktif nomor ponsel tak terpantau. Apalagi jika operator seluler untuk akses internet dan operator yang digunakan untuk nomor WA berbeda. Misalnya untuk nomor WA menggunakan nomor ponsel operator merah, tetapi akses internet sehari-hari menggunakan operator kuning. Atau seseorang memiliki dua nomor ponsel dari operator yang sama. Tetapi akses internetnya hanya menggunakan satu nomor saja, termasuk untuk mengakses WA yang malah menggunakan nomor ponsel lain.

Akhirnya lupa cek masa aktif, hanguslah kalau terlambat mengisi masa aktif



2. Terlalu banyak nomor ponsel

Saya contohnya. Harus memantau lima nomor ponsel. Dua milik saya (untuk akses internet dan nomor WA). Satu untuk PPOB. Dua milik anak-anak yang digunakan untuk WA. Sedangkan nomornya jarang dipakai sebab si sulung di pondok, dan si bungsu pakai internet tethering dari ponsel saya. Kalau nggak rajin cek masa aktif bisa hangus tuh lima nomor

3. Paket internet tidak otomatis memperpanjang masa aktif

Keenakan pilih paket internet tapi lupa kalau sebagian besar operator mengenakan peraturan bahwa pembelian paket internet tidak secara otomatis memperpanjang masa aktif.

Bagaimana menghindari terjadinya nomor ponsel hangus. Berikut adalah beberapa tips untuk mengamankan masa aktif ponsel:

1. Pasang reminder

Cek masa aktif ponsel Anda, lalu pasang alarm kapan harus diisi ulang. Bisa dicatat di fitur reminder pada ponsel atau dicatat degnan kalender yang ditandai.

2. Donload aplikasi

Setiap operator memiliki aplikasi khusus misalnya MyTelkomsel, My Im3 dll. Dalam aplikasi ini tertera masa aktif nomor ponsel Anda. Setiap kali memeriksa sisa kuota di aplikasi ini, otomatis juga bisa melihat masa aktif nomor ponsel kita.



3. Gunakan segera setelah diisi ulang

Bagi yang memiliki nomor kartu As Telkomsel pasti sudah paham jika kartu As akan secara otomatis perpanjang masa aktif selama sebulan jika kartu tersebut tercatat ada pemakaian. Misalnya setelah diisi lima ribu, segera gunakan untuk SMS atau telpon. Masa aktif ponsel rata-rata bertambah sesuai nominal isi pulsanya. Isi 5 ribu akan menambah masa aktif 7 hari-an. Tapi untuk kartu As masa aktif kartu bisa bertambah berdasarkan pemakaian.

4. Isi pulsa, baru pilih paket internet bundling SMS dan Telpon

Jika memungkinkan kurangi penggunaan paket internet saja. Memang biasanya lebih murah, tetapi perlu diingat jika sebagian besar paket kuota internet tidaklah memperpanjang masa aktif ponsel kita. Paling aman ponsel yang dipakai untuk akses internet diisi secara rutin, baru diset pembelian paket internet (kadang bisa bundling dengan free SMS dan telpon sesuai plafon/budget tertentu)

5. Isi pulsa secara berkala dari tukar poin survey online

Ini sih memang aktivitas saya. Ikut survey online lalu poinnya dikumpulkan untuk tukar pulsa. Meski hasilnya 10 ribu atau 25 ribu, tetapi membantu memperpanjang masa aktif ponsel setiap kali pulsa diterima. Tetapi menukarkan poinnya jangan terlalu dekat dengan berakhirnya masa aktif ponsel, sebab proses penukaran tersebut biasanya memakan waktu 1 minggu hingga 2 minggu hingga pulsa mendarat di ponsel kita.



Kira-kira tips mana yang paling sesuai dengan kebiasaan teman-teman? 

Share:

No comments:

Post a Comment

BloggerHub

Warung Blogger

KSB

komunitas sahabat blogger

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan
Powered by Blogger.

About Me

My photo
Ibu dua putra. Penulis lepas/ freelance writer (job review dan artikel/ konten website). Menerima tawaran job review produk/jasa dan menulis konten. Bisa dihubungi di dwi.aprily@gmail.com atau dwi.aprily@yahoo.co.id Twitter @dwiaprily FB : Dwi Aprilytanti Handayani IG: @dwi.aprily

Total Pageviews

Antologi Ramadhan 2015

Best Reviewer "Mommylicious_ID"

Blog Archive

Labels

Translate

Popular Posts

Ning Blogger Surabaya

Ning Blogger Surabaya

Labels

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.